Created on App

“Menikah itu ga hanya menikahi istri, tapi mertuanya juga,” Obrolan Seru Netizen Soal Selisih Istri-Mertua Gara-gata Beda Prinsip Soal Mendidik Anak

Rumah tangga pasca punya anak.
3
Br @briankhrisna

Temen gue stress berat pasca menikah karena rumahnya dkt sama mertua. Tiap dia kerja, mertua yg pegang bayinya. Dan cara si mertua dalam mengurus bayi berbeda sama prinsipnya. Mau ngelawan gak bisa, tapi da itu anak dia sendiri. Menikah itu gak hanya menikahi ybs Tapi ortunya jg

28/09/2018 20:26:51 WIB
Br @briankhrisna

Pembicaraan dengan suami jatuhnya malah timpang, karena suaminya juga sayang ibunya. Alhasil istri disuruh sabar aja. Rusaklah sudah, sang istri merasa suami tidak mendukung istrinya. Belum ketika mertua menasihati dan berujung si istri sakit hati.

28/09/2018 20:28:00 WIB
Br @briankhrisna

Bahkan mau beli perabotan rumah aja, sang mertua ikut campur. Merasa punya hak karena yg dia nikahi itu anak si mertua & bayi itu cucunya. Ketika masak, mertua dateng, terus makanan abis buat mertua, suami pulang kerja gak kebagian makan. Belum lagi, mertua ngekritik makanannya

28/09/2018 20:29:35 WIB
Br @briankhrisna

Lagi masak, di 'papatahan', kenapa masukin garemnya terakhir lah, kenapa gak pake wajan yg gede sekalian lah, dsb. Terus anak dikasih makanan manis yg padahal si istri udah ngelarang anak itu dikasih makan manis. Ya, Nikah gak gampang bu, pak. Keluarganya jg menjadi keluargamu

28/09/2018 20:31:07 WIB
Br @briankhrisna

Apa jadinya, kamu udah kesal dan kesabaran sudah hampir habis sama mertua, tapi suami tetap nyuruh kamu sabar dan mengalah? Mau? Atau dibalik, suami udah cari uang, pulang kerja, masih direndahin sama mertua karena gajinya lebih kecil dari sang istri. Siap?

28/09/2018 20:32:10 WIB
Br @briankhrisna

Inget, mertua itu orang tua pasanganmu. Doi udah pasti dicintai dengan sangat dari semenjak pasanganmu lahir. Vice versa. Dia cinta bgt sama anaknya, meski anaknya udah nikah, dia tetap menganggap pasanganmu sbg anak kecil di matanya. Dan itu akan berujung ke sesuatu yg fatal.

28/09/2018 20:34:52 WIB
Br @briankhrisna

Ketika kamu terlihat nggak ngurus pasanganmu yg mana padahal itu biasa aja, kaya misal nyuruh nguras bak, ngepel, nyuci piring, atau bantu2. Mertua melihatnya kamu hanya bisa memerintah anaknya dengan egois Biar bagaimanapun, insting ibu-nya masih ada loh meski anaknya dah nikah

28/09/2018 20:34:53 WIB
Br @briankhrisna

Terus pas kamu minta dibela sama pasanganmu, pasanganmu malah diem aja karena merasa nggak ingin melawan orang tuanya. Matilah kau! Dipikir nikah perihal tidur halal doang apa yak

28/09/2018 20:36:01 WIB
Br @briankhrisna

dibilang suami/istri gak berguna lah. Ngebawa anaknya hidup susah lah. Diomongin di belakang lah. Penghasilan sederhana menurut suami istri ini, di mata mertua kadang menjadi kegelisahan. "Kok anak yg gue sayang hidupnya jadi susah sih. Tau gini nggak gue izinin nikah."

28/09/2018 20:37:57 WIB
Br @briankhrisna

"Anak gue waktu hidup sama gue makanan, pakaian, dan semuanya tercukupi. Dan dia juga hidup bahagia. Tapi sekarang pas udah dinikahi, malah diajak hidup melarat. Mending hidup sama gue lagi aja lah!" Orang tua mana yg mau melihat anaknya hidup susah? Ga ada kak. Ga ada.

28/09/2018 20:39:14 WIB
Br @briankhrisna

"Ah engga kok, ibu gue gak akan gitu." ya kan elunya sendiri belum nikah nyet. Nikah itu gak sembarangan. Jangan sampai orang ketiga di pernikahan adalah orang tuamu sendiri. Hati2.

28/09/2018 20:42:15 WIB
Br @briankhrisna

@Fatmastrn Pilihan kak. Kenapa pertanyaannya ga, kenapa menikah? Atau kenapa punya anak?

29/09/2018 05:42:33 WIB
🌵 @ftmcactus

@briankhrisna Menitipkan anak ke mertua pilihan kurang tepat. Mertua semakin merasa punya power tersendiri. Lagian didikan orang tua dan nenek kan berbeda. Tanggung jawab orang tua terhadap anak bukan sekedar materi.

29/09/2018 05:52:46 WIB
Br @briankhrisna

@Fatmastrn Tapi pun dengan mengurus sendiri, orang tua juga bisa ikut campur selama rumah mereka dekat. Toh itu juga cucunya orang tua itu. Ini bukan masalah punya anak, siapa yg ngurus, kenapa kerja, tapi ketika menantu dan mertua beda memang tidak pas sedari awal.

29/09/2018 05:56:22 WIB
Aflappy @andinflappy15

@briankhrisna Kalo ttg yg ngasuh anak kaya gini, menurutku kalo emg ga sepaham, lebih baik pake nannys, mertua atau org tua hanya sbg pengawas aja, bkn yg ngasuhnya.

28/09/2018 21:43:18 WIB
Br @briankhrisna

@andinaandin Tetep kak, nannys juga segan kalau mertua udah nyuruh. Toh mertua juga orang tua yang bayar si nannys. Sulit memang

28/09/2018 22:12:43 WIB
Haaa? @Toom___________

@briankhrisna Tugas paling penting itu bukan bikin anak terus kerja.

29/09/2018 06:41:14 WIB
Br @briankhrisna

Terus dapet uang dari mana? Ya kalau pasangan udah kaya. Kalau ternyata sama2 kurang uang untuk beli peralatan anak yang sekarang harga popok aja bisa sampe 500rb sekali belanja? Listrik, air, makanan sehari2? Kita bisa pilih pasangan, tapi kita gak bisa pilih mertua. twitter.com/tomisetiawan0/…

29/09/2018 06:50:30 WIB
Br @briankhrisna

Semua ibu juga pengennya kalau dah punya anak ya full ngurus anak kali. Tapi ya hidup gak semudah yg direncanakan. Kalau mau salah2an, tinggal tanya aja sekalian, kenapa bikin anak? kenapa nikah?

29/09/2018 06:51:20 WIB
Fikri Adi @fikriadiy

@briankhrisna Coba liat nya sisi positif nya juga dong. Jangan negatif mulu yg di nilai. Kalo rumah deketan kalo ada masalah contoh *sakit* se engga nya mereka deket. Misalnyaaaa

29/09/2018 07:04:08 WIB
Br @briankhrisna

@fikriadiy Setuju sama mas fikri. Namun kadang pas anak sakit, mertua ngasih obat tradisional yang dipakai turun temurun di keluarganya (contoh: disuruh makan cacing) yang mana sulit diterima sama sang mantu yang ga mau anaknya dikasih obat sembarangan :))

29/09/2018 07:42:20 WIB
Arifa Dwi Rahmawati @arifadr

@briankhrisna Kuncinya tetep di suami nya. Kalo memang gak cucok harusnya suami yg mengkomunikasikan untuk jaga jarak terlebih dahulu. Masalah pengasuhan emang rata2 gak pas antara ibu dengan mertua. Kalo memang terpaksa yaa ibunya harus berani pake nanny ato bahkan resign buat ngurus sendiri

29/09/2018 07:56:06 WIB
Br @briankhrisna

@arifadr Betul, anugrah sekali jika mendapatkan suami yang mampu memisahkan mana hak istri dan mana hak mertua serta mampu tegas kepada keduanya apabila salah satunya sudah melewati batas

29/09/2018 07:58:06 WIB
Sisilia @SanitaSisilia

@briankhrisna @andinaandin Ini ga juga sih, ada beberapa nanny yang tauu kalo antara majikan sama mertuanya, ada gap jd biasanya si nanny ga musingin aturan "nenek" di iyain aja tapi ga d lakuin

29/09/2018 11:44:17 WIB
Load Remaining (4)

Comment

No comments yet. Write yours!