2
put. @revcloution
Jadi inget opa gue sendiri pun pernah ngekosin cewek jadi-jadian (kuyang) dirumahnya. Opa gue baru sadar doi kuyang soalnya tiap hari pake vneck, liatin kakak kedua gue sama nyokap gue yg lagi hamil anak ketiga nyampe ngiler gitu, sampe rumah utama di gantungin bawang sama garem.
put. @revcloution
Eh, orang rumah pada gak tahan, oma gue, sodara nyokap dan nyokap sendiri takut. Jadi akhirnya diusir deh sama opa. Kata opa "cari aja tumbal lain asal jangan cucu sama anak saya". Demn. Opa gue jahat uga.
put. @revcloution
Gak nyampe sebulan ngekosnya, tiap hari nyariin kakak gue. "Awy mana ya opa?" Selalu nyariin kakak gue. Btw ini di Manado sih, namanya bukan kuyang, tapi Parakang atau Pok-pok.
put. @revcloution
Story of kuyang. Karena banyak yang request untuk cerita, akhirnya gue mencoba mengingat kejadian orang sekitar gue yang bersangkutan dengan kuyang. Percaya atau engga, terserah kalian, karena gak semua wilayah ada makhluk ini. [Thread] pic.twitter.com/0y2AnyDy6V
Expand pic
Expand pic
put. @revcloution
First of all, buat yang gak tau kuyang, nih ada sedikit penjelasannya dari wikipedia. Nah, gak semua wilayah itu ada kuyang. Setau gue makhluk ini terkenal di dua pulau, Kalimantan sama Sulawesi, karena juga kebanyakan temen-temen gue yang tau soal kuyang tuh banyakan dari dua - pic.twitter.com/TU2yb1ytr5
Expand pic
put. @revcloution
- pulau barusan. Sebutan lain kuyang itu parakang, tapi kata temen gue, kalo parakang itu kebanyakan nenek-nenek gitu. Nah, ada lagi satu jenis, namanya pok-pok, kalau yang ini versi laki-laki juga ada katanya, dan kenapa dinamain pok-pok? Karena kalau dia ada, dia ngeluarin -
put. @revcloution
- suara kaya lagi ngecup. Kedengarannya kaya pok-pok. Gue mau ketawa sih soal ini, habisnya kiyowo banget namanya. Gak deng. Nah, kali ini, gue mau cerita tiga versi dari makhluk diatas. Yang kebetulan, semua makhluk yang disebutin itu pernah gangguin sekitar gue.
put. @revcloution
Netizen bertanya, "Kok lo gak digangguin sih?" Ya iya, gue hamil juga belum, punya anak juga engga. 😭 Gue cerita dari mana ya. Oh iya, soal yang menginginkan ada bukti, mohon maaf jaman dulu gak secanggih sekarang, dan tadi udah nanya sama salah satu temen, nihil. pic.twitter.com/3WMl71BAK0
Expand pic
put. @revcloution
Kalau kepo, cari aja di youtube. Banyak kok videonya. Gue mulai cerita pertama aja ya. Cerita temen sd gue, jadi temen sd gue kan tinggalnya di daerah pantai, yang disitu tuh ditempatin sama kebanyakan dari daerah Sulawesi orang-orangnya. Nah, jadi ada nenek-nenek, suka jualan -
put. @revcloution
- kue tradisional keliling, tapi anehnya dia tuh kayak suka tertarik sama ibu-ibu hamil gitu, tiap hari dateng kerumahnya, kaya rumah yang lain itu dilewatin aja, dan beberapa orang disana curiga. Oh iya, dia juga pake kerudung gitu dileher. Kenapa? Soalnya buat nutupin bekas -
put. @revcloution
- luka dilehernya. Bukan bekas luka sih, ya bekas dia ngelepasin lehernya dari badannya. Makin curiga lagi semenjak nenek itu kayak suka banget nyari tau soal ibu hamil ini, nah kata temen gue juga nenek-nenek ini kaya udah dicurigain di daerah tempat tinggalnya, nenek ini -
put. @revcloution
- gak tinggal di daerah pantai, tapi dia tinggal diseberang, di daerah pasar gitu. Nenek ini kalau malam suka gak keliatan katanya, maksudnya suka gak ada dirumah, suka ya ngilang aja gitu, dan ustadz disana juga ngerasa nenek ini auranya gak baik. Akhirnya berunding lah orang-
put. @revcloution
- orang yang curiga ini, mau nangkep si nenek kuyang ini. Cuman, acara penangkapannya gak sesuai rencana, kenapa? Eh, temen gue sama perkumpulan anak racingnya lewat sana, ngeliat ada kepala terbang. 😂 Akhirnya, di telpon lah bapaknya, dan berbondong-bondong nyari si kuyang.
put. @revcloution
Mereka ini gak nyari kepala yang terbang tadi. Karena percuma. "Loh, kenapa???" Ya.. Kunci dari semuanya itu badannya dia, jadi semua orang nyari dimana badannya dia lepasin. Itu orang-orang pada bawa parang, sapu lidi, garem, dan lain-lain.
put. @revcloution
Biasanya kan emang kuyang kalau ngelepasin badannya dibelakang pintu ya, akhirnya di cari lah itu badannya dibelakang belakang pintu di daerah tempat tinggalnya, eh gak dapet. Dirumahnya pun gak ada. Ternyata, dia ngelepasin badannya di rumah kosong gitu, di daerah tanjakan -
put. @revcloution
- yang ditutupin pohon-pohon kaya hutan gitu. Akhirnya dibacain lah sama ustadz, terus pukulin pake sapu lidi badannya, buat apa? Biar si kuyang kesakitan, terus gak bisa balik ke badannya kalau badannya hancur, tapi dia juga sekaligus nyari badannya itu.
put. @revcloution
Nah, kan ditungguin ya sama warga, karena katanya kalau sampe pagi dia gak balik juga ke badannya, pesugihannya gagal, dan ya gitu lah gak bakal bisa balik lagi. Eh, akhirnya muncul lah itu makhluk, terus kaya minta ampun gitu, minta dibalikin ke badannya.
put. @revcloution
Kayak gak bakal lagi ngelakuin hal itu, katanya. Entah warga kasian atau apa, akhirnya dibalikin lah, katanya dia ngelakuin itu ya biar awet muda gitu. Padahal udah nenek-nenek. 😭 Sekarang, nenek itu udah balik ke kota asalnya, Manado. Iya, kota asal gue. Memalukan. 😭
put. @revcloution
Ini terus tau-taunya plot twist, si nenek kuyang ini yang pernah ngekos di rumah opa gue. 😭 ini ceritanya kalau mau tau, dikit doang sih tadi iseng cerita waktu keinget. twitter.com/revcloution/st…
put. @revcloution
Kuyang ini gak sebiasa yang kalian kira, maksud gue, gak cuma ngisap darah, atau minum darah bayi lahir atau ibu melahirkan, terus udah. Gak, ini tuh sampe bikin bayi didalam perut ibu hamil hilang atau keguguran karena pendarahan. Bahkan, ada yang makan bayi yang baru lahir,
put. @revcloution
- karena itu bakal makin memperkuat pesugihan mereka, bakal makin awet muda. Opa sama mama gue sendiri pun bilang, kalau yang ngekos itu cantiknya bukan main, tapi kalau udah ngeliatin perut nyokap sama kakak gue itu, mukanya jadi bloon kaya ngences gitu liurnya netes.
put. @revcloution
Makanya, kebanyakan ibu hamil di pulau yang gue sebut tadi itu pasti mereka kalau keluar rumah bawa bulu landak sama bawang putih atau merah ditusuk di bulu landak itu sama garem. Buat apa? Buat menangkal, buat menghindari dari kuyang atau jin yang suka juga sama ibu hamil.
put. @revcloution
Di kota-kota besar mah jarang kan ibu hamil kaya gitu? Disini mah jangan kaget, udah bukan hal tabu bahkan. Karena dulu pernah ada kejadian juga, kan dulu septiteng mah gak ada ya? Jadi ya wc nyemplung bawah sungai, apalagi didaerah pedaleman, banyak banget kejadian ibu hamil -
put. @revcloution
- lagi pipis atau bab malem-malem, pasti ada suara aneh-aneh dari bawah klosetnya, gak taunya kuyang udah stand by mau ngisap darahnya. Serem gak sih, guru smp gue pun juga cerita soal ini, soalnya guru gue ini juga pernah tinggal di pedalaman dan ngalamin banyak kejadian janggal
put. @revcloution
Nih, kalau masih kurang greget sama cerita gue soal kuyang. Bisa dibaca juga yang ini. beritadualima.blogspot.com/2017/03/heboh-… Kita lanjut ya? Lanjut ke cerita temen smp gue.
Load Remaining (53)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.