Resmi, Indonesia Kuasai Saham Mayoritas Freeport

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Freeport McMoRan Inc, dan PT Rio Tinto Indonesia menandatangani Sales Purchase Agreement (SPA) beserta perjanjian terkait lainnya, hari ini.
National Indonesia freeport Politik saham breakingnews berita
0

Koran Sulindo – PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Freeport McMoRan Inc, dan PT Rio Tinto Indonesia menandatangani Sales Purchase Agreement (SPA) beserta perjanjian terkait lainnya, hari ini. SPA ini adalah tindak lanjut dari Head of Agreement (HoA) yang diteken Inalum dan Freeport McMoRan Inc pada 12 Juli 2018 lalu.

Dengan penandatanganan SPA itu, 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) bakal resmi menjadi milik Inalum, yang sekaligus menjadi pemilik saham terbesar perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Penandatanganan akan dilaksanakan di Ruang Sarulla Kementerian ESDM Jalan Medan Merdeka Selatan No. 18 Jakarta, pada pukul 16.00 WIB ini.

Dalam perjanjian itu, sebesar 40 persen Participating Interest (PI) Rio Tinto sudah dikonversi menjadi saham PTFI. Inalum juga membeli saham milik Freeport McMoRan Inc untuk mendapat tambahan 5,4 persen saham. Ditambah saham milik pemerintah yang sudah di tangan selama ini, maka Inalum menguasai 51 persen saham PTFI.

“Jadi yang ditandatangani nanti bukan hanya SPA saja, tapi sekaligus perjanjian-perjanjian terkait. PI milik Rio Tinto sudah dikonversi menjadi saham,” kata sumber yang tidak mau disebut namanya, Rabu (26/9/2018) kemarin, seperti dikutip Reuters.

Setelah penandatanganan perjanjian ini, Kementerian ESDM akan menerbitkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk PTFI yang berlaku hingga 2031. Rencananya IUPK diberikan pada Jumat (28/9/2018) nanti.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/resmi-indonesia-kuasai-saham-mayoritas-freeport/

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.