0
Zen RS @zenrs
Hampir semua pemangku sepakbola (dari negara, PSSI, BOPI s.d APPI) sebenarnya kikuk utk ambil keputusan dramatis. Mereka tersandera oleh kegagalan dalam bersikap jelas, tegas, dan tidak tebang pilih dlm kasus2 serupa di masa silam. Mereka kadung "cacat" dlm menegakkan standar. pic.twitter.com/y4mHfipGSE
Expand pic
Zen RS @zenrs
Itulah konteks omongan Mario Gomez. Dan dalam situasi serba "tersandera kegagalan bersikap jelas di masa silam", sulit utk ambil keputusan yg akan dinilai adil dan fair. Penghentian 2 pekan ini mesti ditindaklanjuti dg langkah2 riil krn pasti tidak cukup hanya dg sekadar nyetop.
iLham Mochnoer™ @ilham_mochnoer
@zenrs Persija-persebaya ~ suporter bentrok hingga match d cancel. Arema-persib ~ sporter rusuh smpe masuk lapang. Arema-persija ~ sporter nonton sampai luber hingga blkg gawang.
Zen RS @zenrs
Persib dan bobotoh dalam posisi tersudut, situasi yg secara alamiah akan memicu sikap defensif walau menyadari bahwa itu memang salah -- terutama krn pembunuhan suporter sebenarnya juga terjadi di banyak sekali tempat. Sedikit tim elit Indonesia yg suci dari problem ini.
Zen RS @zenrs
Ga yakin liga akan dihentikan, ga yakin para pemangku kepentingan berani ambil risiko. Ini realisme politiknya. Manfaatkan waktu 2 pekan dg ambil langkah2 konkrit. Persib kali ini yg lagi ketempuhan, dan mesti diterima, tapi yakinlah ini dosa kolektif seluruh pemangku sepakbola.
Raya @Rayarobb
@infosuporter @zenrs Manajemen penyelenggaraan n keamanan jg harus dibenahi.. tanpa itu percuma.. hr ini ada korban pengeroyokan, bsk bisa ada korban krn desek2an, dst... mengelola event yg penontonnya puluhan ribu itu butuh manajemen bener..
Zen RS @zenrs
Problem terbesar justru bukan di stadion. Korban terbanyak justru tidak di stadion. Di kalangan suporter itu ada istilah "jalur gaza": ini merentang dari Purwakarta, Cikampek, Cirebon, Dermayu, Bogor, Tangerang sampai Serang. Di sana berlaku hukum besi: everyday is matchday. twitter.com/Rayarobb/statu…
Hilman Fathurrohman @hilmaanfathurr
@zenrs Pengen tanya mas, pas kejadian bulan juli kemaren di jogja dgn kasus yg sama, apakah pssi menpora appi dan lain-lainnya tau kejadian tersebut? Ko pemangku sepakbola baru rame ketika kasusnya kejadian di bandung?
Acanx JOC @AcanxJ
@zenrs @infosuporter Bubarkan / Bekukan PSSI? Bukan solusi yg tepat, knp? Byk org yg cari nafkah di dlm nya, trs nanti jika di bentuk lg PSSI, yakin tdk ada rusuh lg? Bukannya PSSI pernah di bekukan tp apa hasil nya? Kekisruhan msh ada bukan? Saran menurut w adalah hukum mati atau penjara seumur hdp
Yopi Triadi Saefudin @yopitriads
@zenrs Beruntunglah kalian di wilayah bandung raya, priangan timur, serta sukabumi cianjur😁🤟
Raya @Rayarobb
@zenrs Setuju bang.Tp penonton hnya 1 faktor. Ibarat orang celaka di jln,bukan cm soal kelalaian pengendara, krn kerap kecelakaan itu bisa dicegah jika infrastuktur jalannya bener (marka, lampu, dll).Cb sering ntn di stadion domestik dg pnonton bnyk..btapa buruk mnjmnnya
Salah saya pak @minke_monkey
@zenrs Ti mulai provokasi verbal,dilempar batu sampai dibacok pernah terjadi hanya karena 2 kelompok papasan padahal tanding lawan klub lain,rasanya jarang di angkat di media mainstream,klau sekarang semua ribut merasa berduka,dari dulu kemana
Gilang @AndhikaGila_ng
@zenrs Ya benar, gesekan tidak cuma terjadi di stadion. "Jalur Gaza" itu bukan mitos, dikenal juga di daerah lain. Di Jogja pun juga ada istilah tersebut untuk daerah yg rawan bentrokan dua kubu suporter.
Zen RS @zenrs
Mau tahu salah 1 sumber kekikukan para pemangku sepakbola? Rangkap jabatan, rangkap posisi, rangkap kepentingan. Ketum PSSI: owner PSMS, Waketum PSSI: owner Arema, Sekjen PSSI: owner Persija, operator liga: owner Persib. Ini perkara yg bikin kecurigaan antar suporter makin laten.
Syam™ #MIFAN @SamsulH347
@zenrs Nah ini malah yg di luar pertandingan lebih banyak korban nya cuma ngga masuk media.
🅼🅾🅼🅼🆈 🌹 @_nyarse
@zenrs @AdminUsam dulu tuh "jalur gaza" ada disepanjang blok.m sampe fatmawati, sekarang udah pindah keluar kota ternyata.. *eh maap, ini mah jalur tawuran pelajar 😂
Galih Rhamdani™ @galihrhamda_ni
@zenrs Di Bandung mah adem ath moal aya melang hariwang. Ieu kami di Tangerang unggal poe aktivitas make motor Plat D ti saprak kamari kajadian eta unggal mawa motor asa teu tenang, rarasaan teh semua mata tertuju padamu tea gening ...
Angga PF @AnggaPutraF
@zenrs Makanya kalau cuma bilang, salahnya bobotoh ke jakarta atau salahnya jakmania ke bandung. Tandanya gak menghargai mereka yang di jalur gaza.
Zen RS @zenrs
Para suporter jangan juga denial bahwa bos2 klub mereka dg segala rangkap kepentingan ini adalah sumber kekikukan dan kecurigaan. Persib dirugikan: posisi Jokdi pasti diungkit. Persija dirugikan, posisi Glenn pasti dirisak. Tensi tidak pernah turun bahkan walau ga ada match.
Manguni Makasiow @Sanyari_Bumi
@zenrs Baru diusutnya sekarang sih ya karena terlanjur viral, video kebiadapan manusia sudah tersebar... Kejadian lalu ndhak terdokumentasi video, nggal viral, massa ga nuntut berlebih... Yah meski terlambat semoga solusi yang hadir dapat menghentikan pembunuhan atas nama rivalitas bola
mudahmasukangin @kiwcor3
@zenrs Pasca kejadian minggu kelam, mlm nya ada sweeping di purwakarta tepatnya di perempatan sadang..ngeri efek bola saljunya klo gda penangan yg sangat serius
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.