1
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
[Bincang Santai] Selamat pagi Edulovers, kali ini #InspirasikiTA bakal sharing dengan seseorang yang keren Lo, yuk simak tanggalnya. Jangan kelewatan ya! #SinauTerus pic.twitter.com/Ng1eecNp7q
Expand pic
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Siap-siap ya Edulovers, jam 19.00 wib nanti kita mulai bincang Santai bersama narasumber kita mas @eko_mustofa1 . Penasaran? Jangan kemana-mana ya, tungguin kita #InspirasikiTA
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Selamat malam Edulovers, kembali lagi di acara Bincang Santai #InspirasikiTA bersama narasumber kita kak @eko_mustofa1 yang akan berbagi pengalaman bersama kita semua 😁 Ada yang sudah kenal? Nah kalau yang belum kenal, admin kenalkan dulu ya Edulovers
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Narasumber kita kali ini namanya kak Eko Mustofa. Beliau adalah salah satu mahasiswa di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Beliau ini mahasiswa berprestasi dibidang robotik Lo.
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Salah satunya adalah peraih MEDALION for EXCELLENCE World Skills Competition, Bidang Mobile Robotics di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada tahun 2017. Nah, untuk lebih lanjut yuk kita mulai interaksi dengan kak @eko_mustofa1 #InspirasikiTA
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
1. Selamat malam kak @eko_mustofa1. Apa kabar? Kegiatan saat ini apa ya kak kalau boleh tau?
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 1. Alhamdulillah kabar baik, semoga teman-teman semua juga dalam kondisi yg baik. Kalo kesibukan sekarang sih lagi ngerjain tugas akhir aja di kampus 😁doakan semoga selesai tepat waktu ya 😃 Aamiin….. (end) #InspirasikiTA #SinauTerus
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Amiin.. oh iya, kak @eko_mustofa1 kan jurusan teknik mekatronika. 2. Nah bisa di jelaskan dong kak awalnya knpa tertarik di bidang itu dan jelaskan sedikit tentang bidang itu seperti apa? #InspirasikiTA #SinauTerus
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2a. Awalnya sih aku juga nggak tau apa itu mekatronika, aku yakin juga temen2 disini banyak yg masih awam dengan apa itu Teknik Mekatronika karena istilahnya yang masih jarang dipakek di kalangan umum dan memang nggak banyak kampus yang punya program studi ini.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2b. Lha terus kok bisa tertarik masuk kesini ?? dulu pertama kali tau pas waktu ada sosialisasi perguruan tinggi di SMK, oh ya aku dulu alumni SMKN 3 Boyolangu 😊 hehe… dulu dikasih tau kalo Teknik Mekatronika itu identik dengan yg namanya Robotika, ilmu buat bikin robot.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2c. Diajari ilmu untuk membuat robot . Nah dari situ aku mulai tertarik karena memang dari kecil suka liat tayangan televisi yg ada robot-robotannya dan juga ternyata program studi Mekatronika ini linier dengan jurusan saya waktu SMK dulu yaitu Teknik Pemesinan.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2d. Nah jadi dari situ akhirnya berusaha buat bisa masuk Teknik Mekatronika di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ini. 😉
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2e. Kalau teknik mekatronika itu apa sih? jadi teknik mekatronika itu program studi yang mempelajari beberapa disiplin ilmu sekaligus, agak ribet memang bayangin aja disini yang dipelajari itu Teknik Mesin, Elektronika, Otomasi Industri, ditambah Pemrogaman... Mantap kan😊
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 2f. Nah jadi gitu Teknik Mekatronika itu, tujuan akhirnya memang membentuk mahasiswa yang mampu bersaing dalam bidang inovasi teknologi industri yang semakin maju saat ini. (end) #InspirasikiTA #SinauTerus
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Wah, jadi nambah pengetahuan nih mengenai apa itu teknik mekatronika. 😁 3. Kalau menurut kak @eko_mustofa1 bagaimana sih penerapan robotik di kehidupan nyata?
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 3a. Kalo penerapan robot saat ini udah banyak sekali ya apalagi sekarang kita udah masuk era Revolusi Industri 4.0 yang segala sesuatu udah IoT (Internet of Things) ya apa2 semua udah pakek internet gitu kan. Robot itu dibuat untuk membantu pekerjaan manusia.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 3b. Penerapannya sudah banyak sekali lho saat ini, baik itu di Industri/Pabrik, bidang kesehatan, edukasi, dan pelayan publik sekarang sudah banyak menerapkan robot sebagai alat bantunya karena diyakini lebih efektif untuk digunakan dalam bidang tersebut.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 3c. Contohnya nih di Pabrik saat ini untuk mengangkat dan memindah barang material yg berat sudah menggunakan "Mobile Robot" dan bahkan sudah dijalankan secara otomatis lho, jadi kita tinggal ngawasi aja. hehe 😊Tujuannya selain efektif, juga mengedepankan keselamatan manusianya.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 3d. Kalo misalnya temen2 masih penasaran bisa liat aja di Youtube banyak kok dan keren2 robot sekarang. Bahkan nih ada juga lho robot yang bisa bersih2 lantai rumah secara otomatis, tinggal pencet aja udah jalan sendiri 😊 mantap kan.... kerjaan jadi ringan dan cepat.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 3e. Jadi gitu sih sedikit penerapan robot di kehidupan nyata yang memang tujuan utamanya itu untuk memudahkan pekerjaan manusia itu sendiri. (end) #InspirasikiTA #SinauBareng
Edukasi Tulungagung @edukasiTA
Wah, banyak juga ya manfaat penerapan robotik dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam hal efisiensi 😁. 4. Oh iya kak @eko_mustofa1, untuk kompetisi robotik itu sendiri bagaimana ya kak? Kemudian bagaimana persiapannya untuk kompetisi tersebut? #InspirasikiTA #SinauTerus
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 4a. Kalo kompetisi robotnya sih itu buat yg namanya "Mobile Robotics" itu robot yang punya kemampuan mobilitas , jadi robotnya itu bisa jalan2 pindah tempat gitu intinya, bukan robot handphone lo ya walaupun kata2nya ada MOBILE nya 😁... sering ada yg salah paham soalnya....
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 4b. Jadi kemarin itu yang di Malaysia robot yang dibuat harus mampu menyelesaikan misi di Industri kayak misalkan nih robotnya harus bisa nyari barang sendiri di penyimpanannya, membedakan warna sama bentuknya kemudian didistribusikan ke kostumer gitu misalnya....
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 4c. Terus yg tingkat dunia di Abu Dhabi, UAE, robotnya punya misi buat mencari anak2 yang terpisah dari orang tuanya di taman bermain, dia ngenalin wajah anaknya terus dikembalikan ke orang tuanya. Cuma karena masih kompetisi, bukan orang asli yang dipakek, cuma alat peraga aja.
Eko Mustofa @eko_mustofa1
@edukasiTA 4d. Persiapannya sendiri ada pelatnasnya kok kebetulan lokasinya di PENS Surabaya sendiri, untuk tiap lombanya itu sekitar 8 bulan Pelatnasnya. Jadi selama pelatnas itu robotnya dibuat dan diuji sampek berhasil menyelsaikan misinya. (end) #InspirasikiTA #SinauBareng
Load Remaining (21)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.