8
Edbert Gani @edbertgani
Gue bukan orang dgn skill bahasa Inggris bagus. Waktu SMA aj sering remedial. Cuman, gue beruntung bisa lolos di tes pertama IELTS gue, tanpa les, dgn +/- satu bulan persiapan mandiri, dan mencukupi untuk masuk univ top. Gimana cara gue melaluinya? Ini ada sedikit sharing #thread
Edbert Gani @edbertgani
Sebelum ke tips, kenapa gue rasa ini penting? Karena banyak temen2 gue, bahkan sahabat, yg mentok untuk bisa masuk univ top karena tes IELTS (or TOEFL) mereka gak cukup, padahal punya kompetensi ilmu. Mereka jg udah keluar duit jutaan untuk tes berkali-kali, tapi mentok.
Edbert Gani @edbertgani
Jadi ini yang dulu gue laluin sampe akhirnya bisa berhasil: 1. Cari mentor dengan kapasitas mumpuni. Gue hubungin temen gue dengan nilai IELTS yang tinggi, terkenal jago bahasa Inggris, untuk bantuin gue. Biaya? karena sahabat ya biaya nol. Karena sahabat, jadi lebih personal
Edbert Gani @edbertgani
Karena sahabat gue udah pernah tes dan sukses, pengalaman dia menjawab itu krusial dalam mentoring gue. Taktik-taktik menjawab soal dari pengalaman dia ngebantu banget. Pertanyaan jg jd lebih fleksibel. Gak kayak di tempat les, mungkin?
Edbert Gani @edbertgani
2. Sadari kelemahan IELTS itu dinilai dari beberapa kriteria kayak reading, listening, writing, sama speaking. Lu sendiri yg paling tahu kekurangan lo. Bukan guru les lo. Gue dulu ngerasa paling perlu improve di writing. Jadi gue fokus belajar itu.
Edbert Gani @edbertgani
Gue minta sahabat gue ajarin trik menulis dalam rentang waktu dan kriteria sesuai ujian IELTS. Ada beberapa trik seperti perbanyak conjunction, dan variasi kata kerja yg ilmiah. Terus struktur menulis paragraf lebih penting sebelum pada substansi.
Edbert Gani @edbertgani
3. Dengerin musik, baca buku, nonton film Ini terdengar sepele tapi penting banget. Selama satu bulan persiapan gue paksa untuk setiap hari dengerin lagu-lagu Barat (yang rap kalo bisa). Baca buku-buku dengan bahasa Inggris atau minimal berita dgn bahasa Inggris.
Edbert Gani @edbertgani
Terus sering-sering nonton film di laptop tanpa subtitle. Paksa diri lo untuk terbiasa dengan bahasa Inggris di telinga lo biar otak bisa nangkep semakin banyak kosa kata. Ini jujur sangat membantu persiapan gue yang cenderung sangat singkat.
Edbert Gani @edbertgani
Membaca bahasa Inggris itu, baik novel, berita, atau karya ilmiah, penting banget karena bisa membuat perbendaharaan kata kita kaya. Keliatan kok orang yang jarang baca sama yang sering baca. Tes IELTS itu juga menguji seberapa banyak kosa kata kita.
Edbert Gani @edbertgani
4. Khusus writing: Sering menulis Dulu gue sangat terbantu karena memang sudah hobi menulis dari dulu. Jadi yg perlu gue kejar cuman tinggal membuatnya dalam bahasa inggris. Logika membuat essay seperti struktur yang rapi itu kunci awal.
Edbert Gani @edbertgani
Makanya jangan anggap remeh bikin skripsi di kampus atau tugas-tugas essay. Itu ngelatih kita membuat logika berpikir dalam sebuah karya tulis. Perlu dicatat juga kalo writing itu seringkali jadi 'jurang' temen-temen gue yang mau tes IELTS karena dianggap paling sulit.
Edbert Gani @edbertgani
5. Gak ada duit, tapi ada niat, ada waktu. Gue orangnya pelit (dan jg kismin), makanya gak mau bayar ngeles yg berjuta-juta. Sebagai gantinya gue relain melakukan hal-hal diatas secara mandiri. Gue mentoring sama sahabat gue setiap pulang kerja. Setiap pertemuan sekitar 2-3 jam
Edbert Gani @edbertgani
Toh belum tentu les lu yg jutaan itu guna. Karena belum tentu efisien sama cara belajar lu. Banyak bgt temen yg sampe ngeles di kampung Inggris cuman pas dites tetep kurang nilainya. Dengan mentoring gini gue cuman keluar duit untuk tes aja.
Edbert Gani @edbertgani
6. Gak usah malu latih Inggris lo Gue agak anti dengan ledekan Bahasa anak Jaksel ye. Bagusnya kalo mau latian coba ajak temen lo yg jago Inggris ngobrol pake bahasa Inggris. Coba latihan nulis pake Inggris, bahkan sekedar pas ngetwit. Gak usah malu. Gue dulu ngelakun itu
Edbert Gani @edbertgani
7. Jangan begadang sebelum tes Ini sepele, kayak tips anak SD mau UN. Tapi beneran serius. Tidur yang cukup. Tesnya pasti tegang, apalagi buat yg pertama kali. Makanya otak lu perlu dipersiapkan dengan baik. Inget, lu tuh tes bayar jutaan. Sayang duitnya. Kecuali lu tajir mampus.
Edbert Gani @edbertgani
Itu semua yg dulu gue laluin. Persiapan mulai September, tes Oktober, hasil keluar November, daftar kuliah Desember. Tes IELTS itu langkah awal untuk bisa masuk univ top di UK khususnya. Gue tipe orang yang persiapan IELTS dulu sebelum univ. Saran gue sih gitu ya. Cheers!

Cara lain belajar bahasa Inggris yang cepat dan tepat

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.