Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Pendaftaran calon pegawai negri sipil kembali dibuka, masyarakat ingin mendaftar bahkan bagi yang belum berijazah
Humas Bengkalis @humasbengkalis
Berikut Daftar Jabatan, Kualifikasi Pendidikan Dan Jumlah Alokasi Formasi Seleksi CPNS dlvr.it/Ql6pgJ pic.twitter.com/Fx1WtcWxZs
 Expand pic
Seorang netizen menceritakan pengalaman kawannya setelah diterima menjadi calon pegawai yang ditempatkan di daerah bagian Aceh
pembaca thread @madeciyuu
Hmm.. melihat fenomena CPNS di sekitarku, yang ternyata lumayan heboh juga yang daftar. Aku mau cerita soal PNS, tapi ga ada maksud buat mengecilkan PNS atau bekerja sebagai PNS.
pembaca thread @madeciyuu
Memang PNS masih jadi pekerjaan primadona di kalangan masyarakat, apalagi kalo di daerah ya. Kaya contohnya ini, di Langsa, asal kerjanya PNS nilai sosialnya jadi meningkat. Asal honor pun kalo dia kerja di kantor besar juga udah keren.
pembaca thread @madeciyuu
Aku punya 1 kenalan, dia orang Bondowoso, Jatim. Diterima sebagai CPNS awal tahun ini (pengangkatan setelah berapa tahun aku lupa), kerja di Dinas pemerintah (yo mesti).
pembaca thread @madeciyuu
Penempatan pertama di Langsa, sebuah kota kecil di Aceh, yang doi asalnya dari Jawa Timur. Jauh lho ini. Aku yang cuma dari Jateng aja ngerasa jauh banget :(
pembaca thread @madeciyuu
Sama seperti aku juga, dia ngekos, cari tempat tinggal sendiri, dll. Tapi, dari segi yang didapat sama apa yang dia keluarkan itu ngga seimbang.
pembaca thread @madeciyuu
Seperti yang kita tahu, yang melamar CPNS banyaknya sampai ribuan orang tapi yang diterima ratusan bahkan hanya puluhan untuk 1 formasi. Untuk posisi itu juga ada yang sampai berebut.
pembaca thread @madeciyuu
Banyak tahapan tes yang harus dilalui untuk bisa dapat hasil “selamat anda diterima”. Yang tes ini, tes itu, dsb. Itu prosesnya. Hasilnya?
pembaca thread @madeciyuu
Kenalanku ini sebutannya masih capeg (calon pegawai), aku dulu juga awal masuk kerja namanya capeg, eh bukan ding, cakar (calon karyawan). Tapi intinya sama lah.
pembaca thread @madeciyuu
Tapi... gaji yang diterima dia hampir 4 kali lebih sedikit dari pendapatanku. Yang mana ‘dikirim’ sejauh itu dari domisilinya. :(
pembaca thread @madeciyuu
Ya namanya ngerantau, ngga ada sodara, ngga ada keluarga kan jadi ngapa ngapain sendiri. Pengeluarannya juga lebih banyak drpd kita tinggal di rumah. Belum lagi buat tiket pulang ke domisili.
pembaca thread @madeciyuu
Aku ngga tau sistem penerimaan pegawai dan pengangkatannya PNS tu gimana, karena aku juga cerita dari kenalanku ini aja. Tapi semoga siapapun yang mendapati (((polemik))) kerja yang sama, semangat ya!
pembaca thread @madeciyuu
Oh iya, tapi mungkin ngga semua CPNS bakal kaya gitu. Ada temen kantor, masuknya seangkatan sama aku, dia resign dari perusahaan ini dan rela bayar pinalti karena diterima di salah satu Kementerian di Pusat. Berarti, mungkin aja jadi PNS yang di Kementerian itu lebih enak kan?
pembaca thread @madeciyuu
Buat siapapun yang mau ikutan daftar CPNS, entah atas tuntutan ortu atau keinginan diri sendiri, semangat ya! Lakukan yang terbaik. Ceritaku tadi hanya contoh 2 dari ribuan CPNS sebelumnya. Nasib orang juga beda-beda.
pembaca thread @madeciyuu
Juga buat yang udah daftar pns, udah tes ini itu tapi belum diterima, gapapaaaa. Masih banyak lahan luas yang mungkin lebih baik daripada jadi PNS. Hehehe (^^,)v
Login and hide ads.