3
Login and hide ads.
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:30:44 WIB
PALUNG MARIANA bagian terdalam samudra — a thread
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:33:58 WIB
Sebelumnya, aku mau bilang dulu. Ini pertama kalinya aku bikin thread, jadi maaf kalau misal bahasanya belibet Aku bukan anak kelautan. Aku cuma suka dan tertarik aja sama Palung Mariana ini. So, cmiiw ya~
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:34:56 WIB
Pertama, Palung Mariana itu apaan sih?
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:36:25 WIB
Palung Mariana diketahui sebagai bagian paling dalam samudra atau titik terdalam bumi. Letaknya ada di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana, dekatnya Jepang sama Filiphina
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:38:05 WIB
Palung ini dalamnya sekitar 10.911 meter atau 36.000 kaki. Bandingkan sama Gunung Everest yang tingginya 8,8 KM. Kebayangkan kalo gunungnya dibalik terus dicelupin ke sana udah pasti bakal ketutup air semua alias tenggelam
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:41:19 WIB
Belum banyak orang yang mengeksplorasi palung ini secara menyeluruh Kenapa? Karena teknologi kita masih terbatas. Kebanyakan orang ke sana mungkin cuma sekedar keliling, motret hewan dan batuan, atau ambil sampel batu sama lumpur
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:43:47 WIB
Di dalam Palung Mariana, tekanan airnya bisa sampai 8 ton. Suhu air juga menurun drastis, bisa sampai 0° celcius atau lebih. Dasar palung ini gelap banget karena cahaya matahari cuma bisa nembus air sampai kedalaman 3.300 kaki Kira-kira ini gambarannya pic.twitter.com/yWmVHaoozc
 Expand pic
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:46:32 WIB
Dalam kondisi laut kayak gitu, bukan berarti nggak ada makhluk hidup. Di sana banyak udang sama makhluk laut yang bentuknya aneh-aneh. Nggak ada yang tau apa di sana juga ada megalodon Ini salah satu contoh udangnya. Eh ini udang kan ya? pic.twitter.com/e4gx1NIA9Z
 Expand pic
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:47:22 WIB
Terus gimana awal mulanya palung ini ditemukan dan ditetapkan sebagai bagian laut terdalam?
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:51:55 WIB
Awalnya gini. Jadi dulu, sebelum dikenal teknologi sonar, orang kalau mau ngukur kedalaman laut pakai tali. Nah pada tahun 1872, Challenger Chris (ini nama ekspedisi kayaknya) dari British melakukan ekspedisi buat ngukur dalamnya samudra
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:52:42 WIB
Caranya, tali yang mereka bawa dijatuhkan sampai menyentuh lantai samudra. Setiap beberapa mil mereka menjatuhkan tali dan terus begitu. Ribet emang, tapi nggak ada lagi cara lain pada masa itu
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:54:10 WIB
Suatu ketika, para kru Challenger Chris sampai di bagian barat Samudra Pasifik, tepatnya di sekitar daerah Palung Mariana. Mereka seperti biasa mulai ngejatuhin tali. Dijatuhin terus talinya sampai mau habis
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:56:25 WIB
Terus mereka jadi bingung sendiri, kenapa kok nggak nyentuh-nyentuh dasar ya? Why is that? Apakah di dalam sana ada lubang segede dan sedalam kawah? Alhasil sampai puluhan tahun hal ini masih jadi misteri
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:58:13 WIB
Baru pada tahun 1900-an mulai dikenal teknologi sonar. Sonar ini awalnya dipakai buat perang kapal selam. Sampai akhirnya muncul inovasi dari beberapa peneliti, gimana kalau sonarnya dipakai untuk mengukur kedalaman laut? Bukannya itu bakal lebih efektif daripada pakai tali?
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 15:59:26 WIB
And then, pada 1950-an, British mulai ekspedisi lagi ke Palung Mariana. Para Angkatan Laut yang diutus ini pakai kapal yang namanya Challenger II dan titik terdalam Palung Mariana saat itu diberi nama Challenger Deep
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:01:39 WIB
Mereka pakai sonar. Cara kerjanya, sonar ini diarahkan ke laut terus tiap kena benda, sonar ini bakal memantul. Akhirnya mereka nemuin fakta kalau Palung Mariana ternyata bukan kawah, tetapi kayak parit yang bentuknya bergunung-gunung gitu
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:03:27 WIB
Dan seolah nggak mau kalah dari Britania, Amerika pun berangkat juga ke Palung Mariana. Kapal selam yang waktu itu dipakai Amerika namanya Trieste. Hasilnya, mereka menemukan kalau Palung Mariana dalamnya 10.923 meter
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:06:05 WIB
Kemudian banyak peneliti negara lain yang penasaran juga dong sama Palung Mariana ini. Hasil penelitian mereka soal kedalamannya juga beda-beda. Sampai akhirnya hasil penelitian paling akurat didapat Jepang
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:07:08 WIB
Jepang wakyu itu pakai kapal selam tanpa awak, semacam robot gitu kali ya aku juga nggak paham. Hasilnya, kedalaman Palung Mariana adalah 10.911 meter
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:08:33 WIB
Terus gimana ceritanya sampai bisa terbentuk palung sedalam itu?
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:13:31 WIB
Palung Mariana ini terbentuk dari subduksi Gampangnya subduksi itu peristiwa ketika ada dua lempeng saling tubruk habis itu salah satu lempengnya nyelip di bawah Di Palung Mariana ini, yang saling tubruk adalah lempeng samudra Pasifik sama lempeng Filipina
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:15:12 WIB
Dan karena lempeng samudra lebih berat, jadi lempeng Filipina ini naik ke atasnya lempeng Pasifik sementara lempeng Pasifik sendiri nyelip di bawah Bayangin aja kayak roti lapis tumpuk dua, yang bawah itu lempeng Pasifik yang atas lempeng Filipina
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:16:52 WIB
Nah masalahnya, kalau ada subduksi alias tubrukan lempeng kayak gitu pasti bakal diikuti bencana alam gede, seperti gunung meletus, gempa bumi dahsyat, atau bahkan tsunami Tapi di Palung Mariana nggak pernah ada kejadian kayak gitu Terus subduksinya gimana?
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:19:18 WIB
Jadi di Palung Mariana itu ada bukit bawah laut yang panjang banget. Bukit ini erupsi alias meletus. Yang dikeluarin di sini bukan lava kayak gunung berapi, tapi lumpur
Chiki @fleurlyx 23/09/2018 16:22:03 WIB
Kalian tau kan ya tekstur lumpur itu gimana, halus-halus lembut gitu. Alhasil waktu lempengnya saling tubruk, tubrukannya nggak seberapa keras karena ada lumpur ini tadi. Lumpurnya di sini ibarat oli, melicinkan Jadi nggak ada gempa bumi besar atau tsunami deh
Load Remaining (3)

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.