Dewa Ruci, Manuskrip Jawa yang Tersesat di Belanda

Adalah JCF von Muhlen sekretaris pribadi Pangeran Hendrik, suami Ratu Wilhelmina menyumbangkan sebuah hadiah indah kepada putri mereka, Juliana di tahun 1927.
dewa jawa Indonesia Ruci HISTORY berita belanda sejarah
1

Koran Sulindo – Adalah JCF von Muhlen sekretaris pribadi Pangeran Hendrik, suami Ratu Wilhelmina menyumbangkan sebuah hadiah indah kepada putri mereka, Juliana di tahun 1927.

Hadiah indah itu berupa sebuah manuskrip kuno dari Jawa yang menceritakan tentang kisah Dewa Ruci yang kini disimpan di Royal Collection di Den Haag.

Tentu saja, Dewa Ruci itu tak sengaja dibuat untuk Juliana. Manuskrip itu dibuat untuk putra mahkota Adipati Anom Hamangkunegara III, anak HB VII yang tiba-tiba meninggal mendadak tahun 21 Februari 1913.

Tak jelas bagaimana ceritanya naskah tenang Dewa Ruci ini bisa berada di tangan von Mühlen yang kemudian memberikannya kepada Putri Juliana.

Dewa Ruci adalah salah satu contoh naskah Jawa yang dilengkapi berbagai gambar penuh variasi dari mulai gambar hitam putih hingga gambar-gambar rumit yang dengan warna-warna beragam.

Terikat dengan sampul kulit cokelat dengan warna emas, naskah ditulis dalam bentuk macapat menggunakan bahasa Jawa tengahan yang memang lazim digunakan keraton-keraton di Jawa Tengah.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/dewa-ruci-manuskrip-jawa-yang-tersesat-di-belanda/

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.