0

😊 😊 😊 Baca ya GUYS ini My Chirpstory https://chirpstory.com/id/qathan1 👈 👈 👈 👈 💩💩💩💩

URL akurat.co 3 Gaya Hidup | Stop Sunat Anak Perempuan, Itu Salah Sa "Pastinya resiko infeksi tinggi, seperti dikebiri, kebayang gak?"..
qathan @qathan1
Khitan atau sunat adalah hal biasa dan sudah umum terjadi di Indonesia. Tetapi tahukah kamu proses sunat di Indonesia sedikit berbeda dari banyak negara lainnya?
qathan @qathan1
Beberapa negara maju, sunat dilakukan tidak jauh dari hari lahirnya sang bayi. Berbeda dengan Indonesia yang mayoritas melakukan sunat ketika menginjak usia Sekolah Dasar.
qathan @qathan1
Kemudian pada banyak negara ternyata perempuan tidak disunat lho, tapi di Indonesia mayoritas wanita disunat ketika baru saja dilahirkan.
qathan @qathan1
Penting Anda ketahui, ternyata melakukan sunat pada perempuan masuk dalam katagori kekerasan pada anak.
qathan @qathan1
“Siapa bilang sunat pada wanita itu membuat sehat? Ini karena terbiasa informasi turun temurun tanpa dicari tahu lagi kebenaranya. Informasi ini tidak benar yah, hanya mitos,” kata dr. Eni GustinaMPH, Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI.
qathan @qathan1
Dalam sebuah data Unicef, Eni mengatakan sunat pada perempuan menyumbangkan tingkat kekerasan pada anak yang dilakukan di Indonesia cukup tinggi.
qathan @qathan1
Menurutnya sunat pada perempuan hanyalah sebuah budaya yang sudah melekat sejak lama, tidak ada urusannya dengan masalah kesehatan yang buruk bila tidak disunat.
qathan @qathan1
“Sebenarnya sudah dilakukan kongres Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) untuk larangan para bidan untuk berhenti melakukan sunat pada perempuan." ujarnya.
qathan @qathan1
"Namun kenyataanya sampai saat ini masih ada saja yang melakukan dengan alasan orangtua yang meminta karena sudah tradisi atau adat dan sebagainya,” tambahnya.
qathan @qathan1
Hal yang bisa masuk dalam katagori kekerasan adalah karena sifatnya yang tidak memiliki manfaat, tetapi kemudian menyentuh organ yang seharusnya tidak boleh disentuh.
qathan @qathan1
Berbeda dengan sunat pada pria yang memang memiliki manfaat kesehatan.
qathan @qathan1
“Di pendidikan kesehatan itu sebenarnya tidak pernah diajarkan sunat pada perempuan." katanya.
qathan @qathan1
Ini gunanya membaca buku KIA, agar tau mana yang fakta dan dapat menangani secara tepat. Ini kan tentang organ yang sensitif ya, kemudian dilukai pastinya resiko infeksi tinggi. Seperti dikebiri, kebayang gak?,” tutupnya.

Workshop Advokasi Pemanfaatan Buku KIA

Buku KIA masih dianggap sebagai hal yang tidak penting oleh masyarakat. Oleh karena itu, Kemenkes memacu kesadaran masyarakat untuk mengisi buku ini.

Narila @narilamutia
Buku KIA di Indonesia dimulai dg adanya pilot project bersama JICA di Salatiga tahun 1993 dan akhirnya menjadi program nasional tahun 2004. Namun utilisasi dari buku KIA ini masih rendah di kalangan ibu hamil ataupun ibu balita. #BukuKIA #MCHHandbook twitter.com/kompascom/stat…
Narila @narilamutia
Buku ini diadaptasi dari Boshi Techo (buku KIA Jepang). Dulu Jepang berhasil menurunkan angka kematian ibu dan kematian bayi, salah satu tool pentingnya adalah penggunaan #BukuKIA. Sehingga kemudian byk negara yg juga ikut membuat buku KIA sesuai versi negaranya masing-masing.
Narila @narilamutia
Pengguna buku KIA ini tersebar di berbagai negara di Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika. Hasil penelitian meta-analysis menunjukkan manfaat buku KIA ini untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. #BukuKIA #MCHHandbook
Narila @narilamutia
Akan tetapi, penelitian di Indonesia tentang #BukuKIA ini menunjukkan bahwa ibu hamil dan ibu balita yg memilikinya justru jarang membaca isinya. Padahal banyak informasi bermanfaat didalamnya terkait Kesehatan Ibu dan Anak. #MCHHandbook
Narila @narilamutia
Akibatnya, peran #BukuKIA sebagai media promosi kesehatan belumlah maksimal untuk perbaikan kesehatan masyarakat, terutama kesehatan ibu dan anak. Ide untuk digitalisasi buku KIA mungkin bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan pemanfaatannya. #MCHHandbook
Narila @narilamutia
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah meningkatkan kesadaraan ibu bahwa #BukuKIA ini merupakan barang penting dan berharga. Selain sbg media promosi kesehatan, Buku KIA juga berperan sebagai home based health record bagi ibu hamil dan anak hingga balita
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.