5
Asakecil @asakecil
Pengen bikin thread berfaedah deh. Nih buat yg masih pada galau dan bingung bikin Online Shop, sa kasih sedikit saran. Kalo soal marketing saya kurang paham, nanti bisa dijawab sm swami/rekan saya yang ahli soal marketing. Bantu retweet jikalau berkenan, siapa tahu temanmu butuh.
Asakecil @asakecil
Disclaimer dulu ya tweeps, saya bukan pebisnis super sukses ya. Tips tips di bawah ini yang akan saya sampaikan sesuai dengan apa yang saya jalani selama 5 tahun terakhir di bisnis saya. Kalau ada yang mau nambahin boleh, tapi tunggu sampe thread selese ya biar gak rancu hehe.
Asakecil @asakecil
Bisnis Online Shop menurut saya terbagi dua. 1. Online Shop utk sampingan aja. 2. Online Shop yg diseriusin. Kalau kamu ada di no 1, berhenti di sini. Kamu bisa pilih bisnis Olshop dgn menjadi Reseller/Dropshipper. Kalau mau sampingan kan biasanya untung syukur gak untung yaudah.
Asakecil @asakecil
Kalau kamu ada di nomer 2, mau serius, mau punya dan membangun Brand lokalmu sendiri, silakan dibaca sampai habis semoga bermanfaat. 😊
Asakecil @asakecil
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, 'Apa yang mau dijual?'. Jawabannya sederhana, cari passionmu dulu, kamu tertarik di bidang apa? Kalau suka bat ama make up, coba jual make up atau bikin skin care sendiri. Suka bat sama fashion, silakan jual produk fashion. Simple kan.
Asakecil @asakecil
Kalau kalian suka Make Up, janganlah jual baju bola. Kamu harus paham betul mengenai produk yang kamu jual. Biar gampang juga riset pasarnya.
Asakecil @asakecil
Kalo udah nemu mau jual apa, hal kedua adalah tentukan target marketmu siapa. Apakah mereka remaja umur 14-19 tahun, atau ibu ibu pengajian, atau bahkan target marketmu #CrazyRichSurabayan.
Asakecil @asakecil
Hal ini bertujuan supaya, ketika kamu mempromosikan daganganmu (masuk ke marketing juga sih ini ya) gak salah sasaran. Misal kamu mau bikin produk premium untuk #CrazyRichSurabayan tapi nembaknya ke #CrazyPoorIndonesian, gak bisa, gak akan laku.
Asakecil @asakecil
Hal selanjutnya adalah menentukan nama Brand. Nama Brand ini adalah hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Jangan asal-asalan. Berikut beberapa tipsnya:
Asakecil @asakecil
Hindari nama dgn kata: House of bla bla, Rumah bla bla, apa Shop, dah terlalu pasaran. Kalau sudah nemu nama Brand, google nama calon brandmu itu kemudian lihat, apakah sudah ada yg pakai atau belum. Usahakan juga, nama Brandmu nyambung/merepresentasikan produk yg akan kamu jual.
Asakecil @asakecil
Kalau sudah ada yang pakai, cari lagi, ganti. Begitu juga di instagram, search username calon OlShopmu apakah sudah terpakai sama orang lain atau belum.
Asakecil @asakecil
Ini buat apa sih? Biar ketika suatu hari Brandmu sudah jalan, orang kalau nge- google nama Brandmu gak akan nyasar ke akun2 lain. Akan langsung menuju ke akun / web OlShopmu. Begicuuu.
Asakecil @asakecil
Selanjutnya adalah bagian dari branding: Bikin Logo dan perintilan desain untuk OlShopmu. Proses ini mending diserahkan ke orang yang berpengalaman. Bayar freelance desainer untuk bikinin logo dan perintilan desain utk OlShopmu. Kalau jago desain ya monggo bikin sendiri.
Asakecil @asakecil
Selanjutnya memikirkan produkmu, apakah produknya mau ngambil dari suplier atau mau produksi sendiri? Kalau mau ambil dari suplier, usahakan kamu bener2 meneliti produk itu apakah layak jual (kualitas desain , kualitas bahan, dsb).
Asakecil @asakecil
Tapi kalau ngambil produk dari suplier, akan lebih baik jika produknya tidak ada merk supliernya. Benar2 produk tanpa merk. Kalau ada merk suplier, sama aja, kamu jadi reseller dan membantu membesarkan brand dari supliermu. Kan niatnya mau gedein brand sendiri.
Asakecil @asakecil
Jika ingin produksi sendiri, harus mulai riset harga bahan, ongkos produksi (apakah itu dijahitin ke penjahit atau jahit sendiri) dll dll. JANGAN MALES RISET. Kalau males gausah jadi pebisnis. Bikin beberapa contoh produk dulu, foto, lalu pasarkan, bikin sistem Pre Order.
Asakecil @asakecil
Kalau bisa, buatlah produk yang masih belum banyak orang bikin. Misal nih misal, kamu bikin produk hijab khusus untuk orang2 big size, hijab untuk atlet tapi tetap fashionable, atau bikin produk tas anti gravitasi, atau bikin smartphone anti selingkuh kek.
Asakecil @asakecil
Jika produk kamu produksi sendiri, usahakan kamu pakai vendor (entah itu vendor jahit, vendor cetak, vendor dll). Karena resiko lebih minim daripada kamu harus beli mesin-mesin di awal bangun OlShop.
Asakecil @asakecil
Usahakan produkmu itu gak pasaran. Kalau mau bikin baju juga bikin baju yang unik. Kasih pembeda produkmu dari orang lain. Kalau produkmu sama, kamu bakal kalah sama OlShop yang produknya sama kek produkmu dan udah lebih dulu gede.
Asakecil @asakecil
Ada tips juga nich untuk menentukan harga jual. Banyak hal yang harus diperhatikan tapi sering kali luput dari hitungan pemilik OlShop: pic.twitter.com/zMs146P3aF
Expand pic
Expand pic
Asakecil @asakecil
Yup, bensin, tenaga, pulsa, itu juga HARUS dihitung dan dimasukkam dalam modal. Jangan cuma kira-kira laba tiap produkmu itu berapa rupiah. Hitung sedetail-detailnya modal yang dikeluarkan dalam satu produk.
Asakecil @asakecil
Untuk pemasaran, sekali lagi saya bukan ahlinya. Kalau brand saya berkembangnya dari instagram, pemasaran dulu seringnya pake Endorse selebgram. Tapi sekarang, endorse selebgram sudah gak begitu signifikan hasilnya gara2 alogaritma Instagram yang udah berubah.
Asakecil @asakecil
Kalaupun harus endorse, usahakan kamu pilih selebgram yang merepresentasikan produkmu. Jangan endorse Awkarin kalau produkmu produk Hijab, hijab Syar'i atau mukena. Jangan endorse Yonglex kalau produkmu produk untuk ibu hamil. Man, gak nyambung.
Asakecil @asakecil
Oh iya, inget ya, tujuan utama endorse itu untuk meningkatkan penjualan, bukan nyari followers. Dapet followers banyak itu bonus. Laku banyak, itu tujuan utama. Banyak OlShop yang salah kaprah mengenai endorse. Yang penting followers gue banyak.
Asakecil @asakecil
Kalian juga harus perhatikan ongkos endrose dan harga produk kalian. Jangan endorse selebgram sampe 3 juta / selebgram tapi produkmu harganya seribuan. Kamu perlu 3000 transaksi untuk balik modal. Yang pasti pasti dan masuk akal ajalah.
Load Remaining (45)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.