2
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Jadi hari ini naik KRL untuk yang ke tidak terhitung lagi cuk. Terus masuk ke gerbong khusus wanita. Fyi, dulunya pas baru-baru awal ada gerbong wanita, gue paling males deh tuh masuk situ. Semua orang disana barbar dan suka gak sadar diri. Baiknya juga milih2.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Dan yang suka “lupa diri” tuh *mayoritas* perempuan atau wanita berhijab #nooffense tapi emang bergitu kenyatannya. Walaupun ya yang namanya udah di KRL mau bentukan gimana juga bisa lupa diri. Tapi justru sering banget nemuin yang tertutup.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Tapi akhirnya mulai membiasakan diri bertahan di kerasnya perjalanan di gerbong wanita karena pernah beberapa kali menghadapi hal yang membuat tidak nyaman. Dan memutuskan buat naik gerbong campuran kalau bareng temen aja. Atau lagi sepi. (Yang sangat jarang terjadi ya qaqa2)
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Sering banget nemu kasus2 seperti: 1. Ibu2 membawa anaknya dikasih duduk tapi ngode pengennya satu keluarga yang duduk. 2. Orang yang main hape atau pura2 tidur padahal ada orang yang lebih membutuhkan. -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
3. Ibu ibu sama temennya yang terlihat sehat dapet celah duduk kosong buat sendiri tapi maunya dimuatin buat se-rt 4. Orang yang kalau ngomong sama temennya dengan volume tang satu gerbong bisa dengar 5. Orang yang suka duduk ngangkang 6. Orang yang naruh barang di kursi
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
7. Orang yang makan dan buang sampah sembarangan. 8. Orang yang diri depan pintu kereta karena takut susah keluar. 9. Orang yang naruh barang dikursi buat “take” tempat buat temennya. Dan semacamnya lah ya
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Pernah suatu kali lagi duduk, terus ada ibu ibu hamil dan ibu ibu bawa balita. Keadaan kereta lagi padet tp ga sesek. Ku diri dong. Terus sebelah pdhl mba mba lebih mud, eh gak mau lah diri. Liat ke arah ibu2 terus pura2 tidur. Mungkin mba itu lelah di pagi hari? Yap, masih pagi
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Pernah juga pagi hari sekitar 06.30 di stasiun Bogor. Di gerbong wanita, ada mba mba naro tas. Gue pikir cuma numpang sebentar mau dandan atau bijimana, ada orang mau duduk ga dikasih. Dia bilang “ada orangnya.” Gak lama temennya dateng “Duh lu naik apa sih lama bener?” -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Baru tau weh gue KRL secanggih itu, bisa pesen tempat buat temen atau keluarga. Biasanya taunya siapa cepat dia dapat. Atau gue yg norak?
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Pernah juga gue lagi sakit, muka pucet sepucet-pucetnya ngalahin keluarga Edward Cullen. Mau pulang dr Stasiun Karet ke Bogor. Kenapa gak naik yang lain? Macet loh jam pulang kerja. Bisa sampai lebih lama. Kepala pusing, suara sakit, badan demam. Pgn duduk biar ga terlalu kerasa
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Dicuekin petugas. Dicuekin bu ibu sama perempuan yang pada sehat. Ini gue bilang loh ke mereka permisi boleh minta geser atau duduk? Akhirnya cuma bisa pegangan aja nahan diri. Berdoa semoga tidaq pingsan -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Pernah juga pas kaki cidera dan masih diperban. Pulang menjelang sore sekitar jam 4an. Di gerbong wanita. Karena masih susah diri lama2, takut kedorong dan keinjak, akhirnya bilang sama petugas. Kata petugas “Ya kan yang mau duduk juga banyak” HEM! Ampe pgn ngomong -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
“Ini gue masuk ke disabilitas gak sih?” Akhirnya cuma bisa ngotot dan ngegas “Ya kan kaki saya lagi gini pak. Mau tanggung jawab kalau kenapa2 ya silahkan. Orang mintanya jg baik2” Dengan meringis (untung ditemenin teman) akhirnya dapet duduk oleh mba mba yg mau turun.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Kegencet? Sering banget. Oh lebih lucunya lagi, sering banget ketemu mba mba atau ibu ibu ama temennya. Liat kursi kosong buat seorang dipake jadi 2-3org dgn bilang “masih cukup kok” “geser dong”. Sampai yg udah pd duduk lama kegusur atau duduk menyempil demi mereka. Sering bgt
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Mon maaf kalau mau duduk semua mau nyaman, kenapa ga pake kendaraan pribadi aja ya? Giliran nanti ada org yg lebih butuh, orang2 macem gini gak mau ngasih duduk. Dan ironinya, mon maap ga menyalahkan agama, tapi MAYORITAS berhijab. Ya ampyun
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Buat yang naik kereta dari tanah abang ke bogor juga gak aneh deh kayaknya kalau di gerbong wanita pas sore atau jam pulang menemukan ibu2 bawa belanjaan segede alaihungambreng terus duduknya ngangkang, jadi kayak celah buat dua didudukin sama saru orang. -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Pdhl banyak yg mau bantu buat naro barangnya diatas. Kan barang kita ga ikut bayar tiket nih buibuk. Paling geregetan kalau ada orang diri deket pintu keluar KRL, tapi gak geser pas pintu kebuka. Giliran ke dorong malah marah2. Pdhl kl mau turun gampang, kok ga mesti begitu.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Sama pernah beberapa kali menemukan orang makan permen atau pakai tisu dibuang gitu aja di dalam gerbong KRL. Gak mau sok suci dengan bilang jgn makan di kereta. Selama gak ganggu sekitar gapapa. Dan jaga sampahnya. Inget sampahmu ya kewajibanmu -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Jgn mentang2 karena kita bayar tiket, terus ngerasa kayak dewa. Petugas yang tugasnya bersihin gerbong KRL ga cuma buat bersihin sampah kamu. Tolong bgt ini mah jgn kayak anak kecil. Istilahnya yang buang hajat aja mesti dicebokin gitu.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Last but not least, kejadian yg pgn gue ceritain adalah ada buibuk sm temennya yg ukurannya (maaf) agak besar. Nemu celah duduk disamping buat seorang tapi pgnnya 22nya bisa duduk, semua geser dan mba yg satu ngeliatin ke arah paha gue duduk kayak “geser lg dong.” -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Gue juga bukan perempuan yang kurus. Dan saat itu gue udah mencapai batas, cuma ada celah kecil bgt, dan ibu itu minta gue geser smp mentok. Akhirnya gue bilang “mau geser kayak gimana lg bu?” Dan dijawab “namanya jg TEMPAT UMUM, mba. Mohon maaf. Pertama, gue duluan yg duduk.
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Beberapa stasiun sebelum ibu2 itu. Kedua, gua udah geser mentok ya. Gue kan juga ga kurus kering kerontang, ya jgn berharap lebih lah. Ketiga, yg mau duduk satu lg itu badannya memang sangat tidak kecil. (Ngerti kan maksudnya) Ibu2nya malah kesel gitu. Salah saya? -c-
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Dengan berdalih tempat umum, bisa ngotot sampe segitunya. Harusnya orang2 seperti itu sadar kali ya, namanya TEMPAT UMUM. Gak bisa kalau kamu sama teman2mu se-rt harus duduk semua deketan. Ada org lain yg lebih dulu atau ada org lain yg lebih berhak
Rizka Noveranti @Rizkanvrti
Oh dan sekali lagi. Saya muslim tapi gak menyaramatakan dalam kasus ini. Hanya saja 90% kejadian yg saya lihat dan alami, ibu2 atau mba2 yg seperti itu ya kebanyakan berhijab. Sebelum protes stop dulu nih. Logikanya wajar, wong Indonesia negara mayoritas muslim kan?
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.