3
ʕ•̫͡•ʕsheyaayaehhaaayaasss @shincIair
seneng deh ternyata psikiater psikolog udah tersedia di bpjs huhu goodluck kalian semua💖 ilysm yall
. @butirgula
@rlthingy Ada. Aku pernah baca threadnya, banyak kok yang bahas itu.
Tempat Sambat @LudyChyntia
STEP-STEP BEROBAT KE PSIKOLOG / PSIKIATER PAKAI BPJS --------------- TREAD ------------------ Bismillah...
Tempat Sambat @LudyChyntia
Pertama, cek dulu.. apakah punya kartu BPJS atau tidak.. Jika punya, siapkan surat-surat yang diperlukan, yaitu fotokopi KTP, fotokopi Kartu Indonesia Sehat/BPJS, dan fotokopi kartu keluarga. #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kedua, cek dimana fasilitas kesehatan (faskes) pertama yang harus dituju. Biasanya ini tercantum di kartu KIS/BPJS punyamu, bisa berupa klinik atau puskesmas terdekat dari tempat tinggalmu. #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Ketiga, pergi ke faskes pertama yang ditunjuk dalam kartu kamu. Daftar ke petugasnya, dan tanyakan apa di puskesmas itu ada Poli Jiwa atau nggak. Ini penting, karena ga semua puskesmas punya dan bisa melayani pasien dengan gangguan kesehatan jiwa. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Terus, kenapa kita harus ke puskesmas kalo ternyata belum tentu ada Poli Jiwa? Karena prosedur BPJS mengharuskan kita untuk memeriksakan diri terlebih dulu ke puskesmas sebelum kemudian dirujuk ke RS setempat jika puskesmas ga bisa menangani kita. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kalo harus dirujuk ke RS, puskesmas akan memberikan surat rujukan ke kita. Tenang, semuanya gratis! #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Keempat, pulang. Iya, pulang. Jangan langsung ke RS ya, dipikir lagi apa kamu mau lanjut atau menyelesaikan sendiri sebelum bertemu profesional. Biasanya dokter di puskesmas menyarankan kita buat bicara masalah kita dengan keluarga dulu, dan diselesaikan di rumah. #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Tapi kalau kondisinya ga memungkinkan, tetep pulang. Kenapa? Karena pulang dari puskesmas kemungkinan sudah siang, dan antrian BPJS di RSUD itu… sering ga manusiawi. Besok aja ke RS-nya. Tenang, surat rujukan punya jangka waktu 3 bulan, jadi bisa dipikir2 dulu #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kelima, Berangkat pagi-pagi ke RS! Jangan lupa fotokopi yang banyak semua berkasmu, KTP, KIS/BPJS, KK, dan surat rujukan dari puskesmas. Soalnya setiap kontrol kamu akan butuh berkasmu. Berangkat pagi supaya nomer antrian nggak besar-besar. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Keenam, Daftarkan diri kamu di loket rawat jalan di RS tersebut (jangan sungkan buat tanya petugas di sana). Ambil nomor antrian dan ikuti semua prosedurnya. Gampang kok! Tapi harus sabar menunggu, karena yang pakai BPJS ga cuma kita sendiri. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Ketujuh, setelah dapat berkas yang dibutuhkan dari loket, pergi ke Poli Jiwa. Lagi-lagi, jangan malu tanya, daripada nanti tersesat. Setelah ketemu polinya, serahkan berkas kamu ke suster yang ada di sana, lalu mengantri. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kedelapan, setelah giliranmu datang, kamu akan ditanyai sama susternya. Apa yg kamu rasakan, kenapa datang, pertanyaan general tentang kondisi kamu. Jawab sejujur-jujurnya. Itu adalah bentuk assessmen awal sebelum kita ketemu sama dokter spesialis kejiwaan/psikiater #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kesembilan, kamu akan ketemu sama psikiater/psikologmu. Jangan takut/panik. Ceritakan semuanya, apa yg kamu rasakan, apa yang mengganggu, apa penyebabnya. Kamu mau nangis depan psikiaternya pun gpp, mereka pasti ngerti dan bakal jaga rahasia kamu. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Jawab semua pertanyaan psikiater/psikolog sejujurnya, meskipun itu membuat kamu terlihat lemah. Gapapa, itu penting supaya psikiaternya tau betul kondisi kamu dan bisa ngasih diagnosis yang akurat. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Mungkin kamu akan diberi semacam kuisioner atau tes psikolog. Jawab dan kerjakan saja dgn jujur. (Ada yg dapet kuisioner ttg anxiety dan depresi, ada yg dapet tes psikologi menggambar) Lalu kamu akan diberi resep (jika ke psikiater) yg harus ditebus di apotek RS. #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Untuk yg masih dlm pengawasan dan pembiayaan ortu, belum menikah, psikiater bakal tanya kamu datang seizin mereka atau ga. Jika datang tanpa seizin ortu, psikiater ga bisa ngasih obat anti-depresan, karena obat itu harus seizin ortu. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kalo kamu ga yakin bisa drop the bomb sendiri, psikiaternya akan menawarkan diri untuk menelpon ortumu. And well, Biarkan mereka yang cerita. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kesepuluh, tebus obatmu di apotek RS. Tenang, obat gratis kok! Dan, antrian pasien dgn gangguan kesehatan jiwa dipisah dari pasien lain. Perhatikan apa kata apoteker, kapan obat diminum, berapa dosisnya, apa harus dimakan sebelum/sesudah makan. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikiater
Tempat Sambat @LudyChyntia
Kesebelas, silakan pulang dan bawa obatmu. Minum sesuai jadwal. Jangan seenaknya berhenti minum obat krn ada akibat+efek samping Berhenti minum obat harus seizin psikiater. Kalo timbul gejala alergi/gejala suicidal thought/attempt, SEGERA HUBUNGI PSIKIATERMU. #bpjspolijiwa
Tempat Sambat @LudyChyntia
Keduabelas, saatnya kontrol! Lakukan proses pendaftaran di loket seperti saat pertama kali kamu datang ke RS, kembali ulangi semua stepnya, sampai kamu dinyatakan stabil. #bpjspolijiwa #bpjsuntukpsikolog #bpjsuntukpsikiater
Load Remaining (17)
Login and hide ads.