11
Login and hide ads.
Arthur Muhammad @negabod
hari ini aku kirim mebel ke Israel. bukan bermaksud pamer terkait bisnis/usaha ya, tapi ingin menunjukkan bahwa semua orang pasti bisa. percaya gak, modal bisnisku ini Rp0,- pic.twitter.com/NEQSTVjCov
 Expand pic
Arthur Muhammad @negabod
Rp0,- ini bukan berarti gak pake modal. modal disini yang kumaksud adalah dana untuk pengadaan bahan dll. aku gak mengeluarkan dana untuk belanja bahan baku, maupun pinjam bank. boleh percaya atau tidak, aku gak memiliki hutang pd bank.
Arthur Muhammad @negabod
sebelum memulai usaha, kebetulan sudah memiliki gadget (laptop & hempon); ini juga namanya modal, namun bukan modal produksi. melalui gadget tsb, semua pasti tau apa yang kulakukan selanjutnya, kan?! marketing. pemasaran. terutama mempromosikan diri.
Arthur Muhammad @negabod
punya nyali dan kepercayaan diri? enggak! apa yang bisa aku jual? barang orang. semua barang tementemen aku fotoin; patung, relief, furniture, kain tenun, semua! karena aku sadar, aku gak bisa berkreasi dan berkerajinan. kemampuanku adalah pemasaran.
Arthur Muhammad @negabod
dulu awal rintis boleh dibilang semua produk dari #Jepara kujajakan, kutawarkan. semacam sales gitulaaa sales sarungan. karena memasarkannya pake sarung dirumah. its really, seriusan! tapi sales secara virtual. aku foto, buat katalog, sebar via email.
Arthur Muhammad @negabod
konsep yang selalu kupegang sejak mendapatkan ilmu di kuliahan; STP. Segmenting, Targeting dan Positioning kita gak bakal menemukan segmen pasar yang tepat sebelum mencoba mempelajari kemampuan diri sendiri, dan agregat/respon pasar tentunya.
Arthur Muhammad @negabod
makanya semua jenis produk kutawarkan, baik melalui ecommerce lokal (d/h tokobagus, kaskus, bukalapak, olx) maupun yg bertaraf internasional (alibaba, ebay).
Arthur Muhammad @negabod
ingat, untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat, jangan hanya terpaku pada kampuan menawarkan (pemasaran) produk (kualitas & kuantitas) saja. tapi kemampuan diri dalam memanage sekaligus menjaga kepercayaan itu penting. twitter.com/negabod/status…
Arthur Muhammad @negabod
dari sekian produk, pasar akan 'mengerucut' sesuai seleksi alam. jadi kalo boleh dibilang usaha mebel ini adalah hasil seleksi alam. bisa saja kalo pasarku gak menginginkan mebel, saat ini mungkin aku memasarkan produk lain.
Arthur Muhammad @negabod
setelah mendapatkan segmen pembeli (pasar), selanjutnya adalah menentukan target pasar (dalam negeri / luar negeri). 4 tahun ini fokus pemasaranku di luar negeri, meski ttp menerima pesanan dr dalam negeri.
Arthur Muhammad @negabod
kenapa menetapkan target pasar ke luar negeri? buyer gak banyak yg bawel 😂 jujur saja, melayani pembeli di Indonesia itu repotnya 3X pembeli luar. ini bukan mengeluh ya, tp siapapun penjual (termasuk sales rokok sekalipun) pasti bakal males jika terkait nego harga. sadis bowk!! pic.twitter.com/QzG4bGLPVv
 Expand pic
Arthur Muhammad @negabod
untuk bisnis, aku gak pernah mau untung dikit. ini poin utama. makanya setiap pembeli lokal mendapatkan harga penawaranku, kebanyakan mereka mundur. adapun untung banyak disini g sepenuhnya kunikmatin kok. karena aku pengen ikut berpartisipasi #BayarPajak dan berdonasi (sosial).
Arthur Muhammad @negabod
buyer luar tak pernah mempermasalahkan harga ketika aku menunjukkan dokumentasi donasi & struk #bayarpajak. ini serius!!! salah satu tips nih; kalo donasi, foto! sedekah, foto! ke kantor pajak, foto! laporan hingga bayar pajak, foto! bukan pamer, ini untuk negosiasi bisnismu.
Arthur Muhammad @negabod
bahkan ketika bertemu pejabat, apalagi sekelas menteri atau bahkan presiden, usahakan untuk berdokumentasi. selfie! itu bagian dari peluang tawar-menawar bisnis. TAPI ingat, jangan manfaatkan kedekatan kita dengan pejabat & public figure untuk kepentingan yang salah!
Arthur Muhammad @negabod
foto produkku & foto bersama menteri, gubernur @ganjarpranowo dan presiden @jokowi bisa dilihat di IG @kokeanfurniture. secara sederhana, kesediaan beliau berswafoto turut membantu usahaku. jadi kompensasi yg harus aku berikan adalah menjadi warga yg baik dg #taatpajak. pic.twitter.com/4KO0fL6K6O
 Expand pic
Arthur Muhammad @negabod
dan STP yang terahir adalah positioning. aku sedang mengejar posisi ini. positioning disini adalah brandmu sudah layak untuk dikejar buyer. kalo di MLM ada istilah passive income / autopilot, ya si positioning ini.
Arthur Muhammad @negabod
passive disini maksudnya aku gak lagi menyebar penawaran, buyer datang sendiri. autopilot maksudnya bukan progress jalan sendiri, tapi tanpa ada aku, bisnis bisa jalan melalui skema tim yg dapat diandalkan.
Arthur Muhammad @negabod
segini dulu ya. kalo mauan tanyatanya silahkan. terima kasih yang memberikan apresiasi pd trit ini. terimakasih sudah RT dan fav. semoga bermanfaat.
Arthur Muhammad @negabod
aku pengen nunjukin beberapa lapak jualanku, tapi agakagak lupa dimana saja. dan beberapa wis tak kukuti, karena beberapa sebab; 1. repot maintenance 2. domain berubah 3. sepi kunjungan 4. susah ubah template sesuai keinginan
Arthur Muhammad @negabod
ini yang masih ada di @kaskus; #PerjamuanKudus. semua sudah terjual. selengkapnya 👉 amp.kaskus.co.id/product/50a78d… pic.twitter.com/YxvH1f1pl1
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
Arthur Muhammad @negabod
ini semua bukan produkku. dan awal usahaku mulai dari sini. aku mendatangi rumah temen, iseng aja motret trus tak pajangin. syukur, respon positif. per relief aku ambil untung Rp100.000 s/d Rp300.000. kalo kustom, aku bisa ambil sampai Rp500.000 twitter.com/negabod/status…
Arthur Muhammad @negabod
btw baru ingat juga, aku pernah menawarkan pintu gapura & gebyok di @kaskus. tapi no respon, gak ada pembeli 🙈🙈🙈😂 lapaknya disini 👉 amp.kaskus.co.id/product/50af8d… pic.twitter.com/VNfdCsRnbV
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
Arthur Muhammad @negabod
hari ini kirim ke Israel, lusa kirim ke New Zeland. semoga trit ini bisa membantu memberikan semangat kepada temanteman semua. ingat, didalam keuntungan hasil usaha kita ada hak orang lain. bersedekahlah pada sesama, dan berkontribusilah kepada negara melalui #bayarpajak. pic.twitter.com/TfUT8GY509
 Expand pic
 Expand pic
Ihsan Rizki @IhsanRizki_48
@negabod Bang ijin screenshot yaa,sangat inspiratif 👍👍👍 Inilah yang dimaksud dengan pemanfaatan internet secara baik dan benar, ga sekedar buang kuota yg ga faedah apalagi nebar hoax
Load Remaining (1)
Login and hide ads.