7
The Investor @maximvs09
ok.. Pelajaran ekonomi simple buat para netizen.. kebetulan ada yg RT akun gerung ini. kalo debat ama dia, gak ada yg menang. Katanya "ekonomi itu logika." sampe sini dia benar. "tak perlu penjelasan" disini dia SOTOY. " pic.twitter.com/SHLYpnsDIG
Expand pic
The Investor @maximvs09
The economics is the mother of all social science. Pakem belajar ekonomi dimulai dr kata kata itu. Ilmu ekonomi adalah ibu nya dr segala ilmu sosial. Karena fenomena sosial semuanya berujung pada harga.
The Investor @maximvs09
Kita diskusi ttg apa aja, semuanya akan berakhir: berapa harga yg hrs dibayar? diganti? Kita lahir aja udh kena praktek ekonomi. Kelahiran kita sdh mencatat berapa harga utk persalinan, susu dll. Jadi, mutlak ekonomi ada dimana mana.
The Investor @maximvs09
Dalam ekonomi ada dua jurusan besarnya. Mikro dan makro ekonomi. Mikro itu simpelnya ada laha interaksi antar dua pelaku ekonomi. Konsumen dan produsen dlm skala individu. Makro: akumulasi pelaku ekonomi. Banyak konsumen dan banyak produsen.
The Investor @maximvs09
Dalam mikro, singkat aja, ada namanya teori Harga. ada Hukum permintaan: Jika harga barang naik (P), jumlah barang yg diminta menurun (Q). Hukum penawaran: Jika harga barang naik (P), jumlah barang yg ditawarkan meningkat (Q).
The Investor @maximvs09
Penjelasan logisnya: Kalo harga barang naik, pembeli akan mengurangi jumlah barang yg dibeli krn daya belinya akan berkurang. Uang yg kita belanjakan terbatas. ini semua pasti udh dialami semua orang. TIDAK logis jika kita justeru kita makin banyak beli barang saat harga naik.
The Investor @maximvs09
Kalo harga naik, penjual barang akan mencoba jual lebih banyak dgn harapan dapat untung lebih banyak. Itu logis. Manusiawi. Sapa yg berani bantah ini? Kemauan konsumen dan produsen ini kan bertolak belakang. Akhirnya, muncullah titik equilibrium
The Investor @maximvs09
Titik dimana harga dan jumlah barang yg diminta dan dibeli disepakati. terjadilah transaksi, Ini logis kan? Penjelasannya Simpel. Peristiwa ekonomi terjadi jika ada kesepakatan,
The Investor @maximvs09
Kemudian gerung singgung soal intervensi. Nah ini, disini dia sengaja plintir soal intervensi pemerintah. Dia paham benar intervensi politik itu ada. Tp kesannya mengaburkan ekonomi itu jd ilmu hancur krn intervensi. simak lanjutannya.
The Investor @maximvs09
tadi ada dua pelaku ekonomi. Produsen dan konsumen Dalam ekonomi makro, ada lagi pelaku lain. Pemerintah, eksportir dan importir. Rumus nya Y: C+I+G+(X-M) C= Konsumen I=Pengusaha G=pemrintah X=eksportir M=Importir.
The Investor @maximvs09
Mereka ini berinteraksi secara ekonomi (mengkonsumsi barang/jasa, menambah investasi utk hasilkan barang/jasa, belanja pemerintah, eskpor dan impor). Dijumlah semuanya. Itulah Gross domestic brutto. Disini pemerintah berfungsi sbg penggerak ekonomi.
The Investor @maximvs09
Pemeintah selain sbg penggerak ekonomi, pemrintah jg bisa mengatur jalannya perekonomian lwt KEBIJAKAN. Fiskal, Moneter atau perdagangan. Fiskal terkait dgn APBN (penerimaan dan belanja, ambil utang). Tarif UMKM turun, Pph import naik, PPN, bayar subsidi dll).
The Investor @maximvs09
Kebijakan fiskal dipegang oleh presiden, dilaksankan oleh menteri keuangan. Kebijakan Moneter terkait dgn suku bunga bank, inflasi, kurs, pengelolaan cadangan devisa, intinya menjamin jlh uang beredar). dilakukan oleh BI secar independen.
The Investor @maximvs09
Kebijakan perdagangan ini menyangkut kebijakan ttg ekspor, jenis barangnya, tarif bea masuk, bea keluar, mana barang yg boleh diimpor. ini kebijakannya dilakukan instansi terkait. Di seluruh dunia, pemerintah punya keistimewaan 'INTERVENSI".
The Investor @maximvs09
Ekonomi dlm prakteknya hrs ada intervensi utk memastikan roda perekonomian berjalan. Konsumen dan produsen tdk saling sikut. Diatur investasi yg menguntungkan rakyat banyak. Jika pemerintah diam aja, ekonomi akan kacau karena tidak ada wasit yg menengahi soal harga barang/jasa.
The Investor @maximvs09
Produsen bisa dgn semena mena jual barang (susu) misalnya dgn harga tinggi, vaksin, buku, lap top dll. pemrintah hrs turun tangan. Caranya dgn kebijakan pajak. ada barang yg pajak nya murah, ada yg tinggi. Mobil itu pajaknya tinggi lho. beda dgn gadget.
The Investor @maximvs09
Pemerintah jg hrs mengatur harga soal BBM, listrik (khusu Ina) dlm kasus ini. Kalo diserahkan pada jlh penawarn dan permintaan, wah pembeli gk akan berdaya. berapa pun harganya akan tetap dibeli, Tapi sebagian orang gk akan sanggup. Itu bukti intervensi.
The Investor @maximvs09
Jadi, intervensi itu adlah perlu utk memastikan logika ekonomi berjalan. Tanpa intervensi, tidak ada namanya transaksi dalam kondisi normal tanpa paksaan, tidak ada kesepakatan, tidak ada ekonomi. Tanpa intervensi, SURVIVAL of THE FITTEST yang ada. Yang kuat yang menang.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.