14
Adis @takdos
Gais, gue mau sharing tentang usaha gue bikin rumah. Karena ternyata, bikin rumah itu gak mahal-mahal amat! Apalagi buat millenials yang katanya gak akan bisa beli/ bikin rumah. Mari kita patahkan anggapan itu! Sharing gak neh?
Adis @takdos
Jadi, setahun yang lalu kan gue beli tanah yah di daerah Utara Bandung. Luasnya 230m persegi. Harganya 2,3juta/ meter. Total 529juta. Tanah ini tergantung kalian mau beli di mana yah. Banyak juga daerah yang harga tanahnya masih ratusan rebu/ meter.
Adis @takdos
Terus gue mulai kan searching, baca-baca, sama ngobrol2 tentang bangun rumah sama temen2 yg kerjaannya jadi developer. Dari cara bangun rumah konvensional, modular, sampai yang gue baru tau ada RISHA namanya.
Adis @takdos
Nah, pembangunan dengan menggunakan sistem RISHA ini unik, gais. Murah, cepet, anti gempa. FYI, ini gue dapet dari baca2 dan ngobrol sama temen2 developer yah, kalo ada yang ahli, boleh sharing juga di sini.
Adis @takdos
RISHA ini juga yang buatnya kementrian PU, jd katanya udah SNI. Mungkin sistem ini yg dipake buat bangun rumah2 di Lombok nnt. Pembangunan rumahnya jadi kayak lego gitu, komponennya udah fabrikasi, tinggal pasang2 aja. Komponen struktur nya cuma 3. 2 buat stuktur, 1 buat simpul.
Adis @takdos
komponen yang simple ini juga harganya murah, dan gampang buat dibangun. Karena itu juga, jadi biaya buat tukang, semen, tanah, dll-nya berkurang drastis dibanding ngebangun pake cara tradisional yang dicor-cor itu.
Adis @takdos
dari yang gue baca dan liat, RISHA ini cuma ngebantu untuk bikin struktur rumah. Yang berarti ngebantu menekan salah satu biaya yang paling gede dari pembuatan rumah. Nah untuk dindingnya kita bisa pilih, mau pake GRC doang biar murah, bata merah, bata ringan atau hebel.
Adis @takdos
Nah, mimpi gue kan bikin rumah kayak begini. Karena kelemahan RISHA itu strukturnya tebel2 dan kaku, jadi harusnya bisa yah, soalnya sturkturnya cuma kotak2 doang. pic.twitter.com/AJxI9ivxf5
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Adis @takdos
Nah, kalo kemarin bangun rumah kayak gini pake cara konvensional, gue diminta 4,5juta-6juta/ meter. Kalo yang gue pengin itu rumah 2 lantai dengan ukuran luas 120an, berarti kenanya 540 - 720juta. sama tanah dah 1M lebih :((( Pake RISHA, bangun rumahnya gak lebih dari 200juta.
Adis @takdos
Kalo rumah yang gue mau kan ala ala tuh yah. Kalo rumah sederhana mah, apalagi satu lantai, pembuatannya bisa ngabisin cuma puluhan juta doang. Bahkan ada yang di bawah 60 juta. Karena komponen struktur yg gue sebutin sebelumnya itu, harganya cuma 110rebuan/pcs.
Adis @takdos
Jadi, katakanlah kalian beli tanah 100 meter dengan harga dibawah 100juta. Banyak ini, cari dah di OLX, tapi lokasinya ya jauh dari kota. Terus, kalian bangun rumah pake sistem beginian, ya paling abis 200jutaan kurang.
Adis @takdos
Kelemahaan RISHA, sejauh yang gue baca itu strukturnya tebel dan kaku jadi susah buat dibentuk2 kayak rumah juragan2 kain di Cigondewah tuh yang kek Istana bulet2. Sistemnya knockdown, mungkin gak sekokoh bangunan yang dicor. Ya selama lu ga nabrak2in buldozer ke rumah sih aman.
Adis @takdos
Jadi, doakan wa oktober mau mulai bangun rumah. Kita patahkan anggapan kalo milenials gak bisa beli/ bangun rumah dari hasil kerja kerasnya sendiri! Kalo property semakin mahal, kita harus semakin pinter ngakalinnya!

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.