0

Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh, mengeluarkan surat imbauan dan larangan bagi pemilik usaha warung kopi, cafe, dan restoran. Dalam surat itu berisi aturan standardisasi bagi pemilik warung dalam menjalankan usahanya sesuai syariat Islam.

Dalam surat yang ditandatangani Bupati Bireueun Saufainnur tertanggal 30 Agustus 2018 itu, berisi sebanyak 14 point tentang imbauan dan larangan bagi pemilik warung kopi dalam menjalankan usaha mereka.

Dalam imbau itu, terdapat dua poin tentang pemerintah melarang kepada pemilik warung kopi, cafe maupun restoran laki-laki dan perempuan untuk duduk di satu meja yang bukan mahramnya. Kemudian dilarang bagi pemilik warung menerima pelanggan perempuan di atas 21.00 WIB, kecuali bersama mahramnya.

Raisa Kamila @raikala
tell me again that we're okay with this version sharia law in aceh pic.twitter.com/z1eVd4f2Ak
Expand pic
Zuhairlianza I.H @anzaharahap
Selingkuh ya selingkuh aja, kalau mau zinah ya zinah aja. Gausah bawa-bawa kebiasaan. Ya kalau bawa-bawa fatwa sulit :))
Zuhairlianza I.H @anzaharahap
Yang bikin fatwa, belum pernah ngopi sama orang yang disayang terus cerita panjang lebar, isi ceritanya gapeduli. Yang penting ngeliat muka dia lagi cerita, itu senang.
Zuhairlianza I.H @anzaharahap
Oh iya, aku menyatakan cinta kepada istriku aja di coffee shop lokal. Omerta :)
🦄 @kikindah_
@imanbr Duh yg harus meeting sama client, ribet nih. Harus beda meja atau nyebrang provinsi dulu biar enak ngobrolnya. 😂
D'dheealine @Dhealine3
@imanbr @abdulkhaydir Astaghfirullah benar itu ajarannya...nggak boleh non muhrim berdua2an..bukan aturan bupati atau siapa emang ada di alquran..kalian kalo tidak suka jangan komentar sadis begini...diam saja... astaghfirullah..😭
Ga Jadi @paamittt
@raikala @hardewiputri Hai, mbak. Itu hanya satu Kabupaten. Jadi ya ga otomatis langsung berlaku untuk seluruh Aceh. Itu hanya untuk Kabupaten Bireuen. *Semoga saya ga memancing keributan. Hanya menjelaskan.
Raisa Kamila @raikala
@ilhamsept @hardewiputri Hai, trims penjelasannya. Betul, cuma diterapkan di Bireuen. Tp peraturan serupa jg pernah diterapkan di Banda dan Lhoks, tp akhirnya gagal. Poin saya adalah, amat disayangkan peraturan semacam ini terus2an dibuat di Aceh. Btw, Bireuen itu kampung saya dan saya tinggal di Banda.
Ga Jadi @paamittt
@raikala @hardewiputri Sy bahkan ga tau kalo peraturan serupa jg pernah diberlakukan di Banda. Tahun berapa ya itu, kak ? Sy juga kurang suka dengan peraturannya, tapi stlh melihat banyak yg menganggap itu di seluruh Aceh makanya saya beri penjelasan.
Rama @arif_ardhan
@raikala Ini ada qanun nya ga sih mba? Setau saya kalo di aceh untuk aturan seperti ini diatur di qanun. Infonya menarik soalnya nih mba
Raisa Kamila @raikala
@arif_ardhan qanun jinayah gak mengatur larangan ngopi mas
Rama @arif_ardhan
@raikala Berarti harusnya surat himbauan tersebut ga ada aturan dasarnya dong ya mba?
Nenan @nenangenani
@raikala Kalo satu meja ga boleh, tapi kalo mejanya dua gapapa 😁 Diluar imajinasiku, laki-laki dan perempuan makan di tempat umum, bisa mengarah ke fitnah. Ya, masak semudah itu memproduksi fitnah?
Raisa Kamila @raikala
@nenangenani hahaha tadi ada temen yg bilang gitu jg. selain perlu nyediain lebih byk kursi, harus nyediain lebih byk meja jadinya wqwq
Nenan @nenangenani
@raikala 20 dari sekarang ada seorang anak bertanya pada bapaknya : "Yah, kenapa ayah menikah dengan ibu?" "Kepergok ngopi satu meja, nak"
Kinanti WP @kinantiwp
@raikala @teppy87 Jadi gimana kalau warungnya sejenis warteg yg meja dan kursinya panjang cuma satu biji? 🙈 Oh, mungkin di Aceh nggak ada warteg.
Kinanti WP @kinantiwp
@raikala @teppy87 Luckily. Oh, but I think poor them. Warteg kan murah dan enak. Hahahaha...
Mayzura Ghassani @mayzurawr
@raikala opiniku agak beda sih.. karena mnrtku aturan tsb gak bs dinyinyiri jg krn tujuannya menghindari fitnah. kalau gak sesuai dgn kebiasaan kita di tmpt lain, bkn berarti itu salah. #justsaying
Raisa Kamila @raikala
@mayzurawr btw ini kampung saya kok mbak. dan sejak jaman nenek saya, aturan kayak gini ya wilayahnya keluarga, bukan pemkab. harusnya pemkab mikirin hal yg lebih mendesak dan serius, misalnya, proyek RS regional yg tertunda di Bireuen.
Mayzura Ghassani @mayzurawr
@raikala oh gituu.. kalau mslh prioritas sy setuju. soalnya yg sy liat di repliesnya byk yg jd nyinyir ke kebijakannya krn dianggap aneh, sdgkan mnurut sy emg kebijakannya gak biasa, tp gak salah juga. makasih ya mbak, tabik.
Raisa Kamila @raikala
@mayzurawr lah memang aneh kok mbak, banyak jg di aceh yg protes dan gak suka sama aturan macam ini. tp ya memang lebih mudah diam dan membiarkan hehehehe
Load Remaining (23)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.