Larang Pria dan Wanita Nonmuhrim Semeja di Kedai Kopi , Surat Imbauan yang Dikelurkan Bupati Bireuen, Aceh Jadi Kontroversi

Dalam surat imbauan tersebut, ada 2 poin yang menjadi sorotan netizen
0

Pemerintah Kabupaten Bireuen, Aceh, mengeluarkan surat imbauan dan larangan bagi pemilik usaha warung kopi, cafe, dan restoran. Dalam surat itu berisi aturan standardisasi bagi pemilik warung dalam menjalankan usahanya sesuai syariat Islam.

Dalam surat yang ditandatangani Bupati Bireueun Saufainnur tertanggal 30 Agustus 2018 itu, berisi sebanyak 14 point tentang imbauan dan larangan bagi pemilik warung kopi dalam menjalankan usaha mereka.

Dalam imbau itu, terdapat dua poin tentang pemerintah melarang kepada pemilik warung kopi, cafe maupun restoran laki-laki dan perempuan untuk duduk di satu meja yang bukan mahramnya. Kemudian dilarang bagi pemilik warung menerima pelanggan perempuan di atas 21.00 WIB, kecuali bersama mahramnya.

Raisa Kamila @raikala

tell me again that we're okay with this version sharia law in aceh pic.twitter.com/z1eVd4f2Ak

04/09/2018 14:55:53 WIB
Expand pic
Zuhairlianza I.H @anzaharahap

Selingkuh ya selingkuh aja, kalau mau zinah ya zinah aja. Gausah bawa-bawa kebiasaan. Ya kalau bawa-bawa fatwa sulit :))

05/09/2018 07:53:50 WIB
Zuhairlianza I.H @anzaharahap

Yang bikin fatwa, belum pernah ngopi sama orang yang disayang terus cerita panjang lebar, isi ceritanya gapeduli. Yang penting ngeliat muka dia lagi cerita, itu senang.

05/09/2018 07:58:16 WIB
Zuhairlianza I.H @anzaharahap

Oh iya, aku menyatakan cinta kepada istriku aja di coffee shop lokal. Omerta :)

05/09/2018 07:59:13 WIB
🦄 @kikindah_

@imanbr Duh yg harus meeting sama client, ribet nih. Harus beda meja atau nyebrang provinsi dulu biar enak ngobrolnya. 😂

05/09/2018 07:27:45 WIB
D'dheealine @Dhealine3

@imanbr @abdulkhaydir Astaghfirullah benar itu ajarannya...nggak boleh non muhrim berdua2an..bukan aturan bupati atau siapa emang ada di alquran..kalian kalo tidak suka jangan komentar sadis begini...diam saja... astaghfirullah..😭

05/09/2018 08:42:58 WIB
Septian @paamittt

@raikala @hardewiputri Hai, mbak. Itu hanya satu Kabupaten. Jadi ya ga otomatis langsung berlaku untuk seluruh Aceh. Itu hanya untuk Kabupaten Bireuen. *Semoga saya ga memancing keributan. Hanya menjelaskan.

04/09/2018 17:40:22 WIB
Raisa Kamila @raikala

@ilhamsept @hardewiputri Hai, trims penjelasannya. Betul, cuma diterapkan di Bireuen. Tp peraturan serupa jg pernah diterapkan di Banda dan Lhoks, tp akhirnya gagal. Poin saya adalah, amat disayangkan peraturan semacam ini terus2an dibuat di Aceh. Btw, Bireuen itu kampung saya dan saya tinggal di Banda.

04/09/2018 19:53:11 WIB
Septian @paamittt

@raikala @hardewiputri Sy bahkan ga tau kalo peraturan serupa jg pernah diberlakukan di Banda. Tahun berapa ya itu, kak ? Sy juga kurang suka dengan peraturannya, tapi stlh melihat banyak yg menganggap itu di seluruh Aceh makanya saya beri penjelasan.

04/09/2018 20:21:54 WIB
Rama @arif_ardhan

@raikala Ini ada qanun nya ga sih mba? Setau saya kalo di aceh untuk aturan seperti ini diatur di qanun. Infonya menarik soalnya nih mba

04/09/2018 22:33:35 WIB
Raisa Kamila @raikala

@arif_ardhan qanun jinayah gak mengatur larangan ngopi mas

04/09/2018 22:39:03 WIB
Rama @arif_ardhan

@raikala Berarti harusnya surat himbauan tersebut ga ada aturan dasarnya dong ya mba?

04/09/2018 22:54:06 WIB
Nenan @nenangenani

@raikala Kalo satu meja ga boleh, tapi kalo mejanya dua gapapa 😁 Diluar imajinasiku, laki-laki dan perempuan makan di tempat umum, bisa mengarah ke fitnah. Ya, masak semudah itu memproduksi fitnah?

04/09/2018 21:12:33 WIB
Raisa Kamila @raikala

@nenangenani hahaha tadi ada temen yg bilang gitu jg. selain perlu nyediain lebih byk kursi, harus nyediain lebih byk meja jadinya wqwq

04/09/2018 21:17:15 WIB
Nenan @nenangenani

@raikala 20 dari sekarang ada seorang anak bertanya pada bapaknya : "Yah, kenapa ayah menikah dengan ibu?" "Kepergok ngopi satu meja, nak"

04/09/2018 21:22:55 WIB
Kinanti WP @kinantiwp

@raikala @teppy87 Jadi gimana kalau warungnya sejenis warteg yg meja dan kursinya panjang cuma satu biji? 🙈 Oh, mungkin di Aceh nggak ada warteg.

04/09/2018 16:43:36 WIB
Kinanti WP @kinantiwp

@raikala @teppy87 Luckily. Oh, but I think poor them. Warteg kan murah dan enak. Hahahaha...

04/09/2018 21:16:47 WIB
Mayzura Ghassani @raraghassani

@raikala opiniku agak beda sih.. karena mnrtku aturan tsb gak bs dinyinyiri jg krn tujuannya menghindari fitnah. kalau gak sesuai dgn kebiasaan kita di tmpt lain, bkn berarti itu salah. #justsaying

04/09/2018 17:11:24 WIB
Raisa Kamila @raikala

@mayzurawr btw ini kampung saya kok mbak. dan sejak jaman nenek saya, aturan kayak gini ya wilayahnya keluarga, bukan pemkab. harusnya pemkab mikirin hal yg lebih mendesak dan serius, misalnya, proyek RS regional yg tertunda di Bireuen.

04/09/2018 20:04:30 WIB
Mayzura Ghassani @raraghassani

@raikala oh gituu.. kalau mslh prioritas sy setuju. soalnya yg sy liat di repliesnya byk yg jd nyinyir ke kebijakannya krn dianggap aneh, sdgkan mnurut sy emg kebijakannya gak biasa, tp gak salah juga. makasih ya mbak, tabik.

04/09/2018 20:11:36 WIB
Raisa Kamila @raikala

@mayzurawr lah memang aneh kok mbak, banyak jg di aceh yg protes dan gak suka sama aturan macam ini. tp ya memang lebih mudah diam dan membiarkan hehehehe

04/09/2018 20:20:23 WIB
Load Remaining (23)

Comment

No comments yet. Write yours!