2
URL Medium 403 Answering Jakarta: My step to move on – Edbert Gani – Medium We, consciously, give the conservatives a chance to be a prominent player in our electoral democracy.
Edbert Gani @edbertgani
For those who seek an answer, this is a small piece from my own research about Jakarta. Spread the love, spread the knowledge. “Answering Jakarta: My step to move on” by Edbert Gani medium.com/@edbert.gani/a…
glenn marsalim @glennmars
“Answering Jakarta: My step to move on” by Edbert Gani medium.com/@edbert.gani/a…
glenn marsalim @glennmars
“Having all these matters, the big question still remains: did Ahok lose because of religious sentiment? It is a straightforward question, but apparently is also so hard to explain, scientifically.”
Why So Serious? @SydSalesman
narsumnya urban poor representatives: sejarawan, ahli tata kota, aktipis, pemilik kontrakan di bantaran sungai, tukang palak di pasar2 & taman2 kota & proyektor pedagang kekisminan. twitter.com/Outstandjing/s…
stopper @THaripriambodo
Hingga saat ini, mayoritas Ahok Die Harder berpikir Ahok kalah krn sentimen agama. Penelitian akademik ini buktikan bahwa Kekalahan Ahok krn dilupakannya the Poor people. Boleh tak setujui, silakan ajukan penelitian lain. twitter.com/Outstandjing/s…
febriana firdaus @febrofirdaus
Penelitian yang sangat bagus sekali, saya sudah baca. Kekalahan Ahok bukan semata soal kebangkitan kaum konservatif tapi juga masalah keberpihakan Ahok terhadap kelompok miskin kota, kan dari dulu gw sudah bilang, malah dituduh anti Ahok 🤷🏻‍♀️ twitter.com/edbertgani/sta…
febriana firdaus @febrofirdaus
@penyejuk_hati_ @Dandhy_Laksono Dua peneliti mengatakan hal yang mirip, silakan dijawab dengan penelitian saja atau tulisan jangan dengan twit newmandala.org/jakarta-inequa… masak dua peneliti yang gak saling kenal tersesat di kasus yang sama. Kayaknya pendukungnya aja emang belum mau terima masukan.
Elisa @elisa_jkt
@febrofirdaus @penyejuk_hati_ @Dandhy_Laksono Kok kalau argumennya ‘bantaran kali’ kenapa gak gusur parkiran gedung KLHK ya, misalnya ... Kampung Akuarium juga tidak seluruhnya di bantaran kali, kok digusur rata semua.
Esjewe Perkotaan @Outstandjing
Ahok kalah bukan hanya karena sentimen agama, tapi juga sikapnya terhadap kaum miskin kota Kesimpulan desertasi @edbertgani medium.com/@edbert.gani/a…
Ismail Al Anshori @thedufresne
“Sikap terhadap miskin kota” tsb dikonstruksi & disebarkan dgn sengaja oleh pihak lawan. Contoh: saat itu tiba2 bnyk info disebarkan bhw Ahok akan menggusur kampung2 miskin/kumuh. Pdhl Ahok ga pernah menggusur warga karena kampung miskin/kumuh, tp krn tinggal di bantaran kali. twitter.com/outstandjing/s…
Ismail Al Anshori @thedufresne
Knp kalimat “Sikap terhadap miskin kota” ini problematik? Di periode Jokowi-Ahok, program2 utk kelas bawah itu banyak bgt. Jauh lbh besar dibanding sebelumnya. Contoh: KJP (beasiswa pendidikan): jaman Foke cuma Rp20 M, Ahok sampe Rp3,5 T. KJS (PBI BPJS): bs cover 3,5 jt org.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Jadi, silakan saja menyimpulkan bahwa Ahok kalah karena ngga peduli warga miskin. Tapi kalo “data” yg dipake adlh itu krn Ahok menggusur kampung miskin & kumuh, mungkin si peneliti sudah termakan oleh provokasi orang lain. Kalo lihat “data” realisasi program kan ngga begitu.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Gw tau kok masih banyak kekurangan Ahok utk warga miskin Jkt. Banyak banget kekurangan mah. Tp utk penelitian di institusi sekelas LSE, gw berharap bs lebih cermat dlm memotret kondisi di lapangan.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Salah satu kekurangan terbesar Ahok itu adalah spt seorang bapak yg keluarin duit banyak utk keperluan anaknya, tp jarang banget sediakan waktu utk ngobrol & ngajak main. Si anak ga pernah merasa kekurangan materi. Tp ngga pernah merasa dekat dgn ayahnya.
🄺🄴🄽 🄽🄳🄰🅁🅄 @kenndaru
Lebih tepat disebut "framing" tentang "sikap Ahok terhadap kaum miskin kota". Karena hanya menyorot satu aspek, dari sekian banyak interaksi kebijakan Ahok dgn kaum miskin di Jakarta. twitter.com/thedufresne/st…
Ismail Al Anshori @thedufresne
@kenndaru Yes. Mbok yao mereka itu jalan2 ke RPTRA, terutama yg dibangun thn 2017. RPTRA itu bs jd representasi visi Ahok dlm community building. Segala macem teori & konsep development coba diterapkan di situ scr kontinyu.
🄺🄴🄽 🄽🄳🄰🅁🅄 @kenndaru
@thedufresne Ketika satu kelompok sudah punya vested interest, mereka akan melihat satu persoalan lewat sedotan es doger. Tiap kali ada yang berusaha menyeimbangkan perspektif, mereka pun akan melekatkan cap2 negatif.
Ismail Al Anshori @thedufresne
@kenndaru Gw antara setuju & ga setuju. Saat kerja di Balkot, gw ketemu dgn temen2 yg bs tetap obyektif melihat ahok. Punya vested interest itu bukan jd alasan utk bias.
Ariane Utomo @ariane_utomo
@thedufresne @kenndaru Halo, menarik diskusinya. Sebelum lanjut menyimak, bolehkah saya bertanya, apakah kalian merasa menjadi bagian dari kaum miskin kota? Thank you :)
🄺🄴🄽 🄽🄳🄰🅁🅄 @kenndaru
@ariane_utomo @thedufresne Aku ngorganisir buruh di tahun 1990an dan ngorganisir nelayan di awal 2000-an. Sampai sekarang masih punya kedekatan organisasional dgn organisasi2 buruh dan KMK.
rdnino @rdnino
@Outstandjing @edbertgani Sebagai bawahannya, saya takjub betapa besar keinginannya memajukan warga jakarta secara keseluruhan baik yg miskin pun yg kaya. Bahkan pemerataan kesejahteraan bagi pegawai (yg lurus2) saja sgt meningkat Kesalahan kebijakan tentu ada, tp lbh kpd kekeliruan bukan kesengajaan.
Elianto Manik. @elmaniks
@Outstandjing @edbertgani @thedufresne utk ahok ke kaum urban poor dia lebih ke mendidik sih drpd memanjakan beda dgn kaum sebelah yg framing seakan2 ahok hanya "menggusur".
Load Remaining (33)
Login and hide ads.