Alasan dari Polisi di Balik Foto Viral tiga Oknum Polisi Polda DIY Berpose Menginjak Bangkai Ikan Hiu Terdampar di Pantai Bantul yang yang Tuai Kritikan

Menurut Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan tiga polisi itu disebut bukan sengaja berpose.
0

Foto tiga oknum polisi Polda DIY berpose menginjak bangkai ikan hiu yang terdampar di Pantai Parangkusumo, Kabupaten Bantul viral dan menuai kritikan dari banyak orang.

Tubirfess @tubirfess

#2beer tadi dapat foto ini dari instagram. Ikannya memang sudah mati, tapi ya tidak di naiki untuk berpose begini juga. Heran. pic.twitter.com/N1rrFTlHHP

28/08/2018 15:05:10 WIB
Expand pic
Hello, Renny! @RennyFernandez

Bu @susipudjiastuti ini pak polisinya gimana nih kok begini banget? 🙈 pic.twitter.com/vHL5F7CDbz

27/08/2018 14:58:27 WIB
Expand pic
FF @nrg07

Ikan hiu paus ini sudah mati terdampar, tetapi sangat disayangkan bagi anggota polisi tsb untuk melakukan tindakan ini. Menurut info yang kami dapatkan anggota ybs saat ini dalam proses pemeriksaan oleh Unit Provos Dit Polair Polda DIY. twitter.com/rennyfernandez…

27/08/2018 21:50:09 WIB
Widas 🐊 @WidasSatyo

@tubirfess Gak gini jg pak tolong. Apalagi anda aparat yg mestinya jd contoh buat masyarakat.

28/08/2018 15:07:47 WIB
seel @seoniehyun

@tubirfess pak, kalo ngasih contoh tuh yg baik

28/08/2018 15:22:36 WIB
var @andromecda

@tubirfess @susipudjiastuti @DivHumas_Polri Mohon dilihat, ini sangat memalukan aparat negara dan sangat kejam terhadap hewan meskipun hewan tersebut sudah mati.

28/08/2018 15:16:27 WIB
Ama the pressed. @desembernyet

@tubirfess Itu bangke ikan anjir bukan batu karang yang bisa dipijaki lalu berpose diatasnya. Murka

28/08/2018 15:15:53 WIB

Permintaan maaf dari Polda Jogja

𝐏𝐨𝐥𝐝𝐚 𝐃.𝐈. 𝐘𝐨𝐠𝐲𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 @PoldaJogja

Proses penguburan Hiu Tutul mati di Pantai Parangkusumo dilakukan Senin 27 Agustus 2018 sore. Ditpolair Polda DIY harus mendatangkan escavator untuk membuat lubang besar. Untuk membuat lubang yang besar sendiri dibutuhkan waktu hampir satu jam. pic.twitter.com/2WbzzJN83w

27/08/2018 22:34:59 WIB
𝐏𝐨𝐥𝐝𝐚 𝐃.𝐈. 𝐘𝐨𝐠𝐲𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 @PoldaJogja

Peristiwa yang tentu langka ini menyita perhatian masyarakat dan pengunjung pantai. Penguburan hiu tutul mati ini sendiri diawasi langsung oleh Ditpolair Polda DIY dan SAR Linmas Bantul.

27/08/2018 22:35:01 WIB
𝐏𝐨𝐥𝐝𝐚 𝐃.𝐈. 𝐘𝐨𝐠𝐲𝐚𝐤𝐚𝐫𝐭𝐚 @PoldaJogja

Terkait kejadian tiga Anggota kami yang tertangkap kamera sempat menaiki ikan hiu tutul mati tersebut, kami memohon maaf. Tidak ada maksud tertentu atas peristiwa tersebut.

27/08/2018 22:35:01 WIB
Adib Fadli @Adibfadli

@PoldaJogja Tolong berikan info updatenya, apa sanksi utk 3 oknum tsb? Hal konyol kyk gini ga bs dibiarinlah. Asian games masih berlangsung, mata International trtuju ke seluruh penjuru Indonesia termasuk ke Jogja!! Bikin malu aja!!

28/08/2018 10:13:36 WIB
A1 P.A.S @A16_stn

@PoldaJogja miris lah,.. yg patutnya dicontoh begini aja begini... 😨😨

28/08/2018 14:38:51 WIB

Alasan Polisi Berpose Injak Bangkai Hiu di Bantul

Tiga polisi itu disebut bukan sengaja berpose.

"Hasil pemeriksaan sementara oleh Propam, tiga anggota itu sebetulnya mau mengikat ikan hiu agar tidak terseret gelombang laut, jadi ada yang naik ke atas bangkai. Dan kebetulan saat naik itu ada yang memotret, foto yang viral itu bisa disebut cerita yang terpotong," kata Kapolres Bantul AKBP Sahat M Hasibuan

Keterangan itu diperoleh dari salah satu oknum polisi yang fotonya viral karena dianggap sengaja berpose menginjak bangkai hiu.

"Yang paling depan, itu anggota Polres Bantul, dinas di Polsek Kretek. Sudah diperiksa Propam, keterangan sementara dari yang bersangkutan seperti itu," jelasnya.

Saat ini, polisi yang menginjak bangkai hiu itu diperiksa Propam. Sahat menegaskan akan memberi sanksi jika ada motif atau unsur kesengajaan anggotanya menginjak bangkai hiu tersebut.

Di sisi lain, Sahat menyebutkan sebetulnya banyak polisi yang saat itu berada di lokasi terdamparnya hiu. Polisi mengamankan lokasi karena banyak orang yang datang untuk melihat secara langsung bangkai hiu yang informasinya sudah viral di media sosial.

Pengamanan dilakukan agar warga tidak terlalu berinteraksi dengan bangkai hiu, hingga pengamanan agar proses pemeriksaan bangkai hiu oleh petugas BKSDA dan dokter dari UGM bisa berjalan lancar.

"Jadi anggota mau mengikat, agar hiu tidak terseret gelombang karena mau diperiksa tim dokter hewan. Anggota mengamankan jalannya proses pemeriksaan bangkai hiu oleh tim dari BKSDA dan dokter dari UGM, juga membantu proses penguburan, kan itu dikubur pakai alat berat, kita bantu mencari alat beratnya, dan menjaga agar proses penguburan bisa berjalan lancar," imbuhnya.

URL detiknews Ini Alasan Polisi Berpose Injak Bangkai Hiu di Bantul Apa alasan 3 polisi menginjak bangkai hiu di Bantul dan berpose? 103
#MakeUsDream @raden_fahmi

@detikcom Talinya mana? Mosok mau pasang tali dg pasang action foto. Alasannya mengamankan dr masyarakat tapi difoto malah sebaliknya...polri memang hebat dlm melindungi anggotanya.

28/08/2018 14:37:00 WIB
®Rhiner.Jr @Rhiner97

@detikcom Masa gak tau ada yg photo.. Kok acung jempol klo gak tau

28/08/2018 14:16:09 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!