1
ndik! @ddycw
Keterima kerja itu susah? Ah siapa bilang.
ndik! @ddycw
Buat w, yang memuluskan pencarian kerja itu skill dan network. Lulusan itu banyak, tapi apakah u semua suda mengasah skill dan memperluas network jauh sebelum sekarang?
ndik! @ddycw
Tiap hari googling, banyak ilmu baru, banyak pdf tentang berbagai insight baru. Tiap hari perbanyak network, seringin nongkrong berfaedah, join komunitas dll. Jangan prepare ini cuma karena u mau cari kerja. Do it with passion.
ndik! @ddycw
Kenapa gitu? Simpel, aku pernah interview seorang freshgrad dan yang udah pernah kerja dua tahun. Si freshgrad ini belum pernah kerja, tapi networking waktu magang bagus-bagus. Sering part-time job waktu kuliah, entah EO atau apapun itu.
ndik! @ddycw
Sementara si yang udah kerja dua tahun ini, kuliah ga ngapa-ngapain, pas kerja pun kegiatannya cuma kerja doang. Gak ada kegiatan lain di luar kerjaan. W sih milih yang freshgrad tapi etos mengasah skill dan networkingnya bagus.
ndik! @ddycw
Ketika u terbiasa berkomunikasi dengan orang lain, temen banyak, pasti banyak "ilmu hidup" yang u dapet. Ketika u kerja, sempetin belajar hal lain. Kerja di ahensi iklan konvensional, pelajari juga how digital ad works, pelajari algoritma, pelajari start-up. It is a plus point
ndik! @ddycw
Ketika w interview orang, si pencari kerja ini rata-rata hanya apply, tunggu hasil di rumah, and doing nothing. Hello, u bisa sambil take a course apa kek, atau ikutan free webinar. Tell your activities to people who interview you.
ndik! @ddycw
Basically, I only need 1 minute to read a CV. Mostly, I can see deeper through interview, tentang how they develop themselves. Ya ga sih? Perusahaan pasti nyari orang yang produktif buat kantornya, nah u aja gk produktif untuk diri u sendiri, gimana bisa ngembangin company.
ndik! @ddycw
I appreciate much ketika orang bener-bener mengisi kolom "organization", "project" and "skill". W ga butuh IP tinggi, bahkan kadang ga serius melihat u lulusan mana. It is all about bagaimana u ready mempersiapkan diri u buat your future.
ndik! @ddycw
Punya side job salah gak? Enggak dong selama itu gak merugikan your main company. Tapi, menurut w, orang yang punya side project itu kebanyakan pengalaman dan skillnya lebih bagus. Dia tau kerjaannya, tau pasar sekarang gimana, tau tentang managing deadline.
ndik! @ddycw
Saingan banyak yang nyari kerja, tapi kebanyakan mereka hanya bermodal CV biasa banget. Bahkan beberapa minggu lalu, w dapet lamaran kerja yang ditujukan ke banyak agensi (alias send to all). ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
ndik! @ddycw
Punya skill, u bisa lebih dipandang daripada saingan lain. Punya network, u bisa direkomendasiin pas nyari kerjaan (referensi) karena mereka ingetnya sama u. Jadi mau pas cari kerja atau engga, skill dan network harus lebih diperdalam. Even daily.
ndik! @ddycw
Belajar sesuatu yang dalam dan belajar banyak hal, masing-masing ada benefitnya. Dengan belajar yang dalam, u can be a specialist. Dengan belajar banyak hal, u can be the leader (karena menurut w, seorang leader pun tetep kudu mengerti kerjaan tiap anak buahnya).
ndik! @ddycw
So guyswan dan guyswati, jangan lupa belajar dan berteman. Semoga klean semua makin dikit ngirim lamaran. Coba itu linkedin pada diaktifin semuanya yang mau nyari kerjaaaaa.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.