Blaim viktim

Kejadian pelecehan sexual di jalanan terjadi lg dan dialami oleh @devinaYo. Ada tips yg bagus dari @heyitsmonde bagaimana membantu korban dan tidak melakukan victim blaim
pelecehan Viktim SEX
0
Devina Yo @DevinaYo
Sekedar pengingat: Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja, kepada siapa saja, kapan saja, tanpa pandang pakaian yang digunakan korban. Kemarin siang dada saya diremas orang di Jl Palmerah Selatan, saat jalan berlima dari kantin Kompas baru, 10 meter dari pos satpam.
Devina Yo @DevinaYo
Saya cerita ini supaya orang tahu betapa hancurnya jadi korban pelecehan seksual. Setelah pelaku kabur dengan motor, saya diam di tempat, masih berusaha mencerna apa yang terjadi. Teman saya meneriaki pelaku, lalu orang-orang keluar dan seorang satpam bertanya kenapa.
Devina Yo @DevinaYo
Saya jawab, in these exact words, "Dada saya diremas orang, Pak." That's when it hit me. This really happened. Langsung nangis sejadi-jadinya. Masih mau nangis saat menulis ini.
Devina Yo @DevinaYo
Teman saya rangkul sepanjang jalan kembali ke kantor. Sampai di kubikel saya cuma diam. Buka laptop dan buka website kantor. Berusaha kerja lagi. Nyatanya judul demi judul berita berlalu, saya nggak tahu harus apa, nggak bisa apa-apa.
Devina Yo @DevinaYo
Akhirnya disuruh pulang sama teman setim. "Biar kalau ada yang tanya-tanya nanti aku yang jawab," kata Kak @arsisi. Nggak lama atasanku juga kirim pesan untuk pulang. Diantar sama rekan kerja lain sampai naik ojek. Sungguh beruntung punya lingkungan suportif macam ini.
Devina Yo @DevinaYo
Sampai kosan masih nangis-nangis. Marah yang jelas, tapi ada emosi-emosi lain yang susah dijelaskan. Still trying to process what just happened. Only then I realized why it bothered me so much: This person violated my own body. He reduced me to just a piece of meat he could grab.
Devina Yo @DevinaYo
Nggak bisa tidur sama sekali. Masih terus nangis beberapa jam setelah kejadian sampai mata bengkak dan dada sesak. Kejadiannya terus berulang di otak. Dada saya masih terasa aneh. Tangan refleks tutupin badan setiap ada apa-apa.
Devina Yo @DevinaYo
I know better than to blame myself. There is no excuse for what he did. I'm also blessed with such a supportive environment. Not everyone is as lucky as I am. That's why I write this, I guess, so everyone can understand what it's like to be a victim and be kinder.
Devina Yo @DevinaYo
@dede318a @emerson_yuntho Sekedar mengingatkan lagi, lelaki pun bisa jadi korban pelecehan seksual, Mas. Teman saya banyak yang kemudian cerita pernah mengalami. Terima kasih ya empatinya. Semoga sahabat Mas baik-baik saja.
Devina Yo @DevinaYo
@IfulLarzida @AlissaWahid Sebaiknya tidak respon seperti ini meskipun mungkin maksudnya baik. Komentar ini seperti menjustifikasi perilaku tersebut. Terlepas dari fisik atau pakaian, tidak ada wanita yang pantas jadi korban kejahatan seksual.
Devina Yo @DevinaYo
@uxi_obi Saya nggak setuju sih kalau pelaku dicap memiliki gangguan jiwa. Jadinya malah menimbulkan stigma terhadap mereka yang benar-benar mengalami masalah kejiwaan dan juga mengurangi tanggungjawab pelaku atas perbuatannya. Dia nggak sakit, itu pilihan sadar yang dia ambil sendiri.
Devina Yo @DevinaYo
@samsul_085 Bisa. Banyak kasus perkosaan terhadap laki-laki yang dilakukan perempuan. Cuma biasanya korban jarang cerita karena tanggapan masyarakat yang mengecilkan pelecehan yang dialaminya. Perkosaan terhadap laki-laki malah dianggap sebagai "bonus", padahal tetap ada unsur paksaan.
Devina Yo @DevinaYo
Banyak yang mendoakan hal-hal jelek kepada pelakunya. Terima kasih, tapi saya harap jangan begitu. Dari kecil saya diajarkan untuk tidak melukai makhluk lain, meskipun orang itu sudah jahat terhadap saya. Semoga teman-teman mengerti ya.
Devina Yo @DevinaYo
Kemarin ada yang nanya, gimana caranya menanggapi orang yang malah nyalahin korban? Selama masih di sosial media, blok aja. Saya nggak butuh amat kok komentar mereka. Nggak usah ditanggapin juga, buang-buang energi.
Devina Yo @DevinaYo
Selain yang menanyakan soal baju, saya juga blok mereka yang bilang korban kurang hati-hati atau menyarankan untuk menutup aurat supaya nggak menggoda lelaki.
Devina Yo @DevinaYo
Juga komentar tidak sensitif macam: "Dih PDKT enggak, main pegang-pegang aja." Jangankan PDKT, kalau sudah menikah saja kalau ada unsur paksaan tetap pelecehan dan kekerasan seksual namanya.
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
Dan kalau kamu mengalami/menyaksikan pelecehan di jalan, coba deh download aplikasi @hollaback_JKT dan catat kejadiannya, kamu bisa bantu mencatat pemetaan kasus pelecehan dan memberi dukungan pada sesama penyintas.
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
Sekalian nambahin info. Kalau kamu butuh pendampingan konseling/hukum kamu bisa hubungi @LenteraID @YayasanPulih @LBHAPIKJakarta @LBHAPIK Itu yg aku tahu. Kalau mau nambahin info silahkan nanti aku RT.
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
It’s common sense, not rocket science. If you are human enough, you’d understand.
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
Pernah curhat jg ttg victim blaming dan sepertinya masih relatable hingga hari ini. Silakan baca thread ini: twitter.com/heyitsmonde/st…
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
That being said, I personally support Via Vallen for speaking up! #metoo
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
Oiya sumber infografis dari instagram dearcatcallers.id ya. Di akun instagram itu banyak korban pelecehan dan kekerasan seksual yg secara anonim berbagi cerita dan dukungan. Silakan dicek.
SAHKAN RUU PKS @heyitsmonde
Kalau kamu masih gagal paham juga, lebih baik diam dan tidak berkomentar jahat dan nyinyir. Hormati korban dan hormati ruang bicara korban! Kalau masih ngeyel juga, duh gusti pic.twitter.com/Zs7yfUGshR
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.