3
dokter jaga @bagasfrz
Status WA seorang dokter yg menangani case bayi yg diberi MPASI terlalu dini (Non Asi Exclusive) #worldbreastfeedingweek #asieksklusif #exclusivebreastfeeding cc: @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @dokterkoko @FilmCerita pic.twitter.com/a7t8Q2HaGd
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
dokter jaga @bagasfrz
Kurangnya cakupan ASI eksklusif ini masih jadi masalah serius terutama di daerah. Jarang sekali saya mnemukan bayi yg diberi ASI eksklusif (yg juga mendorong saya utk meneliti mengenai cakupan serta hal2 yg menyebabkan bayi tdk mndapat ASIx di daerah puskesmas saya).
dokter jaga @bagasfrz
Penyebab bayi tidak mendapat ASIx ada 2. Faktor internal (Dari faktor si ibu): seperti pengetahuan mengenai pentingnya ASIx. Dan eksternal (Dari lingkungan): Ini yg susah krna msih byknya kprcayaan turun temurun mgnai tindak tanduk yg hrs dilakukan baik mulai hamil hingga mnyusui
dokter jaga @bagasfrz
Faktor internal terus kita (Tenaga kesehatan dan kader puskesmas di daerah) tingkatkan dengan berbagai hal mulai penyuluhan, lomba ibu pintar, hingga penelitian utk meningkatkan tingkat kesadaran ibu.
dokter jaga @bagasfrz
Yang susah adalah memperbaiki faktor eksternal. Dukungan keluarga dan ekonomi sangat rendah terutama di daerah pedesaan. Keluarga tidak mendukung (cenderung melarang/memberikan makanan), ekonomi mybabkan ibu harus ikut bekerja dan bayi tdk disusui.
dokter jaga @bagasfrz
Salah satu alasan lain adlh “ASI yg kluar sdikit”. Padahal ukuran lambung bayi sangat kecil! Dan jumlah ASI yg sdkit itu sangat cukup buat si bayi. 👇🏻 pic.twitter.com/hkQzuhogU5
Expand pic
dokter jaga @bagasfrz
“Saya bekerja sehingga tidak bisa memberi ASI, jadi neneknya yg mmberi makan” Wahai bunda, ASI diperas dan disimpan dlm suhu ruangan bisa tahan 4 jam. Bila di kulkas (24 jam), bahkan di freezer kulkas 2 pintu bisa hingga 3 bulan! Peras t*tek skrg bisa buat ASI 3 bulan! pic.twitter.com/USBNoxLYhi
Expand pic
dokter jaga @bagasfrz
Padahal ASI ini dianggap sebagai makanan terbaik! Tercukup! Tersehat! Dari ibu untuk anak. Antibodi ☑️ Gizi ☑️ Maturasi sistem saraf dan refleks ☑️ GRATIS ☑️ Sebagai KB alami buat ibunya ☑️
dokter jaga @bagasfrz
ASIx juga mengurangi angka kejadian diare pada anak ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/22431… Serta asma dan alergi pada anak ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/18386…
dokter jaga @bagasfrz
@izzarain @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @dokterkoko @FilmCerita Setiap ada bayi bawah 6 bulan masuk poli pasti kutanyain status ASI nya. 70% sih gak eksklusif. Susah kalau alasannya krna tekanan org tua apalagi ibu muda dan anak pertama + tinggal dengan nenek.
🌵 @sahabati68
@izzo_bagas @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @dokterkoko @FilmCerita Gak nyangka sampai segitunya dampak dr pemberian MPASI dini. Cc: @ri_lianaa mbakmu dikandani li
Gg_ceria @GGC_Ceria
@izzo_bagas @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @dokterkoko @FilmCerita Anak pertama tdk bs saya susui dg asi..pd usia 2 bulan Spa mlh menyuruh memberi mpasi utk usia 4 bln spt pisang,bubur susu dg kcg hijau..sedangkan keponakan sy jg kasus yg sama..ibunya tdk bs memberi asi,oleh Spa disuruh memberi mpasi pisang seperempat potong 1x/hari
Musuh kocheng oren @dogter_
@jiemiardian @FilmCerita @izzarain @izzo_bagas @anjarisme @ferdiriva @dokterkoko barusan banget tadi sore dapet bayi kaya gini di praktekan, baru umur seminggu dikasih pisang sama mbahnya, alasannya " orang jawa biasanya gitu dok, langsung dikasih makan soalnya laper kalo minum doang", pengin marah2 rasanya tadi sore.
🐰 @izzxtid
@izzo_bagas @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @dokterkoko @FilmCerita Aku ikut grup facebook ibu hamil dan menyusui untuk keperluan riset, dan ternyata iya masih banyak ibu-ibu yang nggak paham soal asi eksklusif. Mereka juga rata-rata masih percaya dengan nasihat orang tua/mertuanya. 😭
Andi Khomeini Takdir @dokterkoko
@izzo_bagas @anjarisme @ferdiriva @jiemiardian @FilmCerita Perlu edukasi terus menerus ke publik. Terima kasih sejawat 👊😊💪
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.