3
Widas 🐊 @WidasSatyo
[THREAD] How to boost your self-confidence. Beberapa temen kemarin sempet minta dibuatkan thread ttg tips bagaimana seseorang bisa meningkatkan rasa percaya diri dan bisa meninggalkan rasa insecure dlm diri mereka masing2. Yuk sama2 belajar :)
Widas 🐊 @WidasSatyo
Dalam thread ini, yang akan saya sampaikan disini terbagi dalam dua bagian. (1) saya merujuk teori2 pakar psikologi tentang topik terkait. Krna background pendidikan saya bukan dr psikologi. Untuk meminimalisasi saya asbun. Jd setidaknya tiap argumen saya punya landasan kuat.
Widas 🐊 @WidasSatyo
(2) saya share pengalaman pribadi dan metode yg saya lakukan. Tiap orang punya perspektif beda2 dalam menyikapi sesuatu. Efektif buat saya, belum tentu efektif buat Anda. Tp setidaknya saya harap perspektif pribadiku bisa sedikit memberikan gambaran buat Anda.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Bismillahirrohmanirrohim. Dgn menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Sebelum saya masuk pd teori psikologi. Ada satu prinsip pokok yg saya pegang. "Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya (Ar-Ra’d : 11)" pic.twitter.com/o4y7V3142j
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo
Berdasarkan rujukan beberapa para ulama tafsir diatas, kalo boleh saya tarik kesimpulan, Kenikmatan Tuhan tidak akan dicabut dari kita sampai kita sendiri yg lupa mensyukurinya. Relevan dengan topik kita ini. Jadi, Sudahkah Anda MENGAPRESIASI DIRI Anda sendiri?
Widas 🐊 @WidasSatyo
Dalam penulisan skripsi, selalu diawali dgn rumusan masalah. Inti thread yg saya bahas ini membahas dua akar masalah. (1) apa sebab dasar kita merasa insecure? (2) bagaimana upaya kita untuk mengatasi rasa insecure? Mari kita simak rujukan dari pakar psikologi dulu
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : Apa itu insecurity? A : kalo mengacu definisi yang ditulis dalam cambridge dictionary, secara sederhana bisa diartikan insecurity adalah perasaan kurang percaya diri dalam berbagai hal. pic.twitter.com/7ErbZk2XtI
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : emang macemnya insecurity ada apa aja? A : menurut pakar psikologi Mellanie Greenberg, Ph.D., Setidaknya ada 3 macem jenis insecure. (1) Insecurity based on failure/rejection (2) Social Anxiety (3) Insecurity driven by perfectionism.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : Apa itu insecurity based on failure/rejection? A : Menurut pendapat Guy Winch dlm buku Emotional First Aid, bilang kalo penolakan/kegagalan itu pasti mendorong kita untuk melihat diri sendiri ataupun orang secara negatif. At least dalam periode waktu tertentu.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q: gmn solusi menghadapi case insecure based on rejection ini? A : menurut Mellanie Greenberg, Ph.D., kurang lebih ada 6 point yang bisa dijadikan rujukan untuk mengatasi insecure yg diakibatkan krna kegagalan/penolakan. pic.twitter.com/pVnA9hkFvk
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : Kalo insecure krna social anxiety itu gmn? A : Menurut Mellanie Greenberg, Ph.D., insecure ini disebabkan oleh rasa takut dinilai oleh orang lain. Hal ini mendorong kita seringkali merasa gelisah dan gak nyaman. Seringkali disebabkan oleh mulut netijen yg maha benar. πŸ˜€
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : Bagaimana cara mengatasi social anxiety semacam ini? A : Mellanie Greenberg, Ph.D., menjelaskan setidaknya ada 5 point yg bisa jd rujukan untuk mengatasi insecure krna social anxiety. pic.twitter.com/enVrtjd9ln
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : lalu apa itu insecure krna didorong rasa perfeksionis? A : Mellanie Greenberg, Ph.D., mengilustrasikan kalo kita sering merasa kecewa dan suka menyalahkan diri hny krna gak bisa perfect, kita akan merasa insecure dan gak pede.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Q : gimana mengatasi insecure krna perfeksionis ini? A : Mellanie Greenberg, Ph.D., berpendapat setidaknya ada 4 point yg bisa dilakukan untuk mengatasi insecure krna rasa perfeksionis ini. pic.twitter.com/65srUx7q8A
Expand pic
Widas 🐊 @WidasSatyo
Nah gaess. Itu tadi paparan singkat sebab2 insecure dan solusi mengatasinya menurut pendapat pakar psikologi ya. Kalian masuk kategori insecure yg mana? Kita tentu gak pengen dalam rasa insecure terus kan. Jadi ayok sama2 kita mulai berbenah. :) THREAD PART 1 - END.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Nah. Di thread bagian 2 ini, Saya akan share apa yg selama ini saya lakukan untuk menghilangkan rasa insecure dan gimana untuk jd pribadi yang lebih pede. Seperti yg udah kutekankan di awal. Tiap orang karakternya beda2. Efektif buat saya, namun blm tentu cocok buat kalian.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Tapi setidaknya temen2 disini bisa mendapat gambaran atau referensi. Yang kemudian bisa kalian adaptasi dan sesuaikan sendiri berdasarkan karakter kalian masing2. Cara paling utama yg perlu dilakukan buat saya adalah MENGENAL DIRI SENDIRI DULU.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Apa sih plus minus dalam diri saya? Kita harus menurunkan ego dan harus jujur mengakui apa yg jd kekurangan dan kelebihan kita disini. Sbg contoh : Kelebihan saya : - komunikasi cukup bagus - terbuka dgn kritik dan saran - ndak gampang panik -
Widas 🐊 @WidasSatyo
Adapun kekurangan saya : - aku bulet seperti kentang. - perfeksionis - ego terkadang sulit diturunkan. Anda harus jujur pada diri anda sendiri. Akui kekurangan. Namun jangan lupa apresiasi kelebihan. Gusti Allah itu adil. Gak mgkn Anda dikasih jelek semua. Pasti ada kebaikan.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Setelah Anda bs jujur dan berdamai dgn diri Anda sendiri. Saatnya Anda berdamai sama lingkungan luar. SELALU CAMKAN bahwa kita hidup bukan untuk menyenangkan semua orang. Pasti ada orang yg gak suka dgn kita. Jgn sampe mereka ini jd penghalang kamu maju.
Widas 🐊 @WidasSatyo
Carilah lingkungan pertemanan yang membuatmu merasa diapresiasi dan diterima. Saya tipe percaya kalo energi positif itu bisa ditularkan. Jd ngapain kita stay dilingkungan toxic yang gak bikin kita berkembang?
Widas 🐊 @WidasSatyo
Perbanyak komunikasi. Luaskan pergaulan. Perbanyak mendengar. Jangan takut salah. Jangan takut sama kritik. Jangan takut saat jatuh. Lebih baik kamu gugur dalam berjuang daripada hidup hampa kosong krna mundur dari pertarungan. KALIAN BISA! HARUS YAKIN BISA!
Widas 🐊 @WidasSatyo
Sekian thread saya soal self confidence dan insecurity ini gaess. Semoga bermanfaat. Dan semoga kita terus bisa berbenah menjadi pribadi yg lebih baik. :) THREAD PART 2 - END

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.