1
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Suka sedih kalau gangguan jiwa selalu dikaitkan sama alam roh, jin, dan sebagainya. Saya paham, memang lebih mudah menyalahkan jin, roh, atau hal abstrak lain atas gangguan jiwa yang kamu/orang yg km kenal sedang alami Tapi menyalahkan hal lain tidak akan memperbaiki keadaanmu
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Menyalahkan jin, roh, setan pada gangguan jiwa artinya kita melepas tanggung jawab dalam mencari faktor yang berkaitan dengan gejala. Alih alih mengatasi sesuatu secara realistis, kita memilih mengabaikan tanggung jawab untuk berubah
yohanes dhysta @yohanesdhysta
@jiemiardian Bisa juga dikaitkan dengan banyaknya dosa-dosa yang pernah diperbuat oleh penderita gangguan jiwa
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Ada orang tua yang membawa anaknya ke praktisi spiritual. Diperlakukan seolah anaknya kemasukan jin ala ala exorcism Padahal anaknya mengalami gangguan jiwa karna kesalahan pola asuh orang tuanya. Akibatnya? Sang orang tua terus menyalahkan jin dan lupa instropeksi diri
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Kita sibuk mencari pihak yang disalahkan. Kita lupa, kadang kebiasaan mencari sosok yang disalahkan itu tidak memperbaiki situasi Tidak perlu mencari siapa yang salah, cukup lakukan perubahan ke arah yang lebih baik, cukup. Gak perlu cari siapa yang salah, apalagi jin yang salah
Ruang Rindu @sany_maya
@jiemiardian Bagaimana dengan yg habis kesurupan terus malah jadi gila? Padahal waras" aja habis kesurupan. Baru beberapa bulan kemudian gejala gangguan itu muncul.
ɴɪᴋᴇɴ @nikenV
@jiemiardian ada tetanggaku anak kecil katanya sih epilepsi. udah ke dokter, udah dapet obat yang harus diminum rutin, dan kondisi anak jadi aman. lama kelamaan, sama orangtuanya di-stop konsumsui obat dan beralih ke pengobatan alternatif - spiritual. ya gitu, katanya ada jin yang ganggu :(
iin @iin_naia
@jiemiardian Menimpakan kesalahan pada mahluk astral hanyalan jalan terakhir setelah membereskan segala sesuatunya secara keilmuan
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@sany_maya Pertama itu bukan kesurupan. Kemungkinan sangat besar itu epilepsi Kedua ada yang namanya psikosis epilepsy, yaitu gangguan jiwa berat sebagai penyerta epilepsinya, bisa terjadi sampai 2 tahun setelah epilepsi Semua bisa ditangani secara medis ketimbang menyalahkan "kesurupan"
Teh iik @slestaar
@jiemiardian Baru aja aku baca buku ini sore tadi. Ternyata kepercayaan kaya gini udah ada sejak lama ya dok dan bertahan hingga saat ini. Ya gimana ya, mungkin karena kurang edukasi kali ya dok, apalagi untuk masyarakat menengah ke bawah 😢 pic.twitter.com/IjMv6Ih2qI
 Expand pic
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Ini banyak banget yang kaya gini dan bikin sedih. Epilepsi dan gangguan mental itu dekat, dan ini bukan gangguan jin bapak ibu. Jangan mau dibohongi sama alternatif yg bawa bawa jin :" twitter.com/nikenV/status/…
Ersha Auroryningtyas @Aurorryn
@jiemiardian that is true, dokter.. temuan penelitianku ada ortu yg lebih percaya sama orang "pinter"
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@iin_naia Nah itu sebenernya yg saya maksud.. Jangan belom apa apa udah jin yang salah.. Padahal jin nya lagi bergantung di Matahari Dept Store
Ruang Rindu @sany_maya
@jiemiardian Saya tidak menyalahkan kesurupan, krn memang orang awam biasa menyebutnya kesurupan. Lalu, apakah psikosis epilepsy kalau tidak ditangani menjadi schizofrenia? Atau ada sebab lain?
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Iya sih dokter kurang pinter. Dokter butuh kuliah 10 tahun minimal buat jadi spesialis, si orang "pinter" kan malah ga sekolah buat jadi pinter. Makanya, dokter kurang pinter :" twitter.com/Aurorryn/statu…
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@sany_maya Psikosis epilepsi jika tidak ditangani akan menjadi semakin berat. Diagnosis nya bukan berarti skizofrenia, tapi psikosis nya memang bisa menetap dalam jangka waktu lama
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@eleyyi Ya gimana lagi.. Lebih mudah menyalahkan memedian daripada mengubah diri sendiri dan lingkungan
Ninik Setiawan @ninik_setiawan
@jiemiardian Pernah diceritain temen saya yang dokter, anak demam sampe step dibacain ayat Kursi dikira kesuripan.
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
@yohanesdhysta Yang ini juga sering, dan sering bikin saya emosi djiewa
Han 🚘 @Kreativans
@jiemiardian Pendekatan spiritual untuk penyembuhan penyakit jiwa g bisa kan dok? Contoh meditasi, dzikir dll
dr. Jiemi Ardian @jiemiardian
Pendekatan spiritual itu baik... Kalau diberikan di saat yang tepat, oleh orang yang tepat, dengan kolaborasi bersama profesional lain yang tepat twitter.com/Kreativans/sta…
😼 @_auliaryn
@jiemiardian Jd inget ada junior waktu itu dia tendensi Depresi (katanya udh dibawa ke psikolog jg) Tp gak tau knp, orangtuanya malah masukin dia ke Pesantren yg jauh dr rumahnya. Mungkin karena makin tertekan dan jauh dari keluarganya, akhirnya dia kabur dan loncat ke sungai.. 😭
iin @iin_naia
@jiemiardian Pola pikir yang kurang terdidik akan lebih memilih mencari sesuatu diluar diri untuk disalahkan bukan mengintrospeksi.
Load Remaining (1)
Login and hide ads.