0

😊 😊 😊 Baca ya GUYS ini My Chirpstory https://chirpstory.com/id/qathan1 👈 👈 👈 👈 💩💩💩💩

URL AKURAT.co 1 Asian Games | Jokowi Memainkan Politik Bhinneka Tunggal Ika di Asian Games Pertunjukan Pembukaan Asian Games Jakarta-Palembang 2018 mendapatkan pujian.

Aksi para penari menyemarakkan rangkaian pembukaan Asian Games 2018, di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (18/8/2018). Pembukaan Asian Games 2018 sangat meriah dan megah dengan melibatkan banyak pihak yang mendukung untuk menyukseskan ajang 4 tahunan tersebut.

qathan @qathan1
Dalam kacamata orang Indonesia, atau jurnalis Indonesia, Asian Games Jakarta-Palembang 2018 disongsong dengan semacam kecemasan.
qathan @qathan1
Mulai dari persiapan yang tak matang, kali hitam di dekat Wisma Atlet Kemayoran, juga buruknya transportasi publik di Palembang, adalah alasan-alasan yang cukup membenarkan “keraguan yang telah terbiasa” terhadap pemerintah sebagai penyelenggara.
qathan @qathan1
Namun, semua seakan terhapus melalui seremoni pembukaan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu kemarin.
Asian Games 2018 @asiangames2018
Jangan lewatkan momen bersejarah ini. Ayo share momen Opening Ceremony kamu dengan hashtag #OpeningAG2018 #AsianGames #AsianGames2018 pic.twitter.com/fTYRKPLXgY
Expand pic
qathan @qathan1
Media sosial “meledakkan” Asian Games dengan puja-puji dan warga negara menyadari bahwa ternyata negara mereka bisa menggelar upacara pembukaan nan megah dan spektakuler.
Timnas U19 @TimnasU19_
LUAR BIASA OPENING CEREMONY ASIAN GAMES 2018 DI STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO. #AsianGames2018 #OpeningAG2018 pic.twitter.com/s0GihM5UVa
Expand pic
qathan @qathan1
Di luar semua itu, sebagaimana pengalaman di sejumlah seremoni pembukaan event olahraga raksasa, politik seringkali menunjukkan perselisihan tajamnya.
qathan @qathan1
Ambil contoh ketika Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence, yang menolak berjabat tangan dengan perwakilan Korea Utara meski duduk berdekatan dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korea Selatan, 9 Februari silam.
qathan @qathan1
Di Indonesia, dengan posisi jadwal event setahun menuju Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2018, maka politik, terutama politik domestik, menjadi semacam sesuatu yang “diawas-awaskan” kepada pemerintah berkuasa untuk tak menggunakan seremoni sebagai ajang kampanye.
qathan @qathan1
Meski demikian, sulit menghindari persepsi, atau selalu saja ada yang berpersepsi, bahwa upacara pembukaan di Stadion GBK akan “disabotase” oleh pemerintah berkuasa untuk meraih simpati demi elektabilitas.
qathan @qathan1
Di GBK, Asian Games 2018 dibuka dengan video rekayasa yang menggambarkan perjalanan Presiden Joko Widodo dari Istana Negara menuju Stadion GBK.
qathan @qathan1
Di tengah jalan, @jokowi – sapaan Joko Widodo – memutuskan mengendarai sepeda motor untuk menghindari kemacetan dengan melalui “jalan tikus” dan ditandai dengan “citra” positif dengan membantu sejumlah siswa Sekolah Dasar menyeberang jalan.
cha 🥀 @boochihlin
@alovesjii 180818 Jokowi Oppa (cr. jokowelove) ^____^ tolong #OpeningCermonyAsianGames2018 pic.twitter.com/vnyG88T5Ci
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
qathan @qathan1
Video itu diakhiri dengan @jokowi yang riil memasuki GBK dengan mengenakan sepeda motor. Dengan jas hitam dan helm hitam, Presiden Indonesia ketujuh itu telah memberikan semacam “gaya” untuk menunjukkan citranya kepada dunia, juga kepada para lawan politiknya.
qathan @qathan1
"Dia (@jokowi ) sangat lucu, saya senang melihatnya. Dia ikut berjoget bersama ketika lagu diputar. Dia terlihat berbeda dengan pemimpin lain yang pernah saya lihat,” ucap salah seorang jurnalis India yang bekerja untuk media di Dubai, Uni Emirat Arab, @gulf_news , ND Prashant.
qathan @qathan1
@jokowi adalah presiden Indonesia keempat yang mendapatkan kesempatan membuka event multicabang setelah Soekarno, Soeharto, dan @SBYudhoyono .
qathan @qathan1
Dalam sejarah negara kepulauan ini, @asiangames2018 adalah event multicabang ketujuh yang digelar di Indonesia setelah Asian Games 1962, Ganefo 1963, dan empat kali SEA Games (1979, 1987, 1997, 2011).
qathan @qathan1
Dan untuk dua yang pertama, dibuka oleh presiden pertama Indonesia, Soekarno, dan ditandai dengan kentalnya perseteruan Perang Dingin.
qathan @qathan1
Perang Dingin mungkin telah berakhir, namun @jokowi , sebagai representasi penguasa saat ini, menghidupi empat tahun kepemimpinannya dengan dukungan dan penentangan bahkan ujaran kebencian terhadapnya.
qathan @qathan1
Istilah #2019gantipresiden adalah salah satu yang populer sehubungan dengan pencalonannya untuk Pemilihan Presiden tahun depan.
qathan @qathan1
Dalam pertarungan politik tersebut, pra-Asian Games adalah momen paling krusial. Selain dukungan setengah hati yang ditunjukkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang dikuasai oleh @aniesbaswedan sebagai lawan politik @jokowi .
Load Remaining (39)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.