4
Login and hide ads.
Biy @mochactino
▫Penghianatan Terparah di Dunia Politik Modern▫ Cr: Rully Pratama, Quora. pic.twitter.com/T2VAxAw7Zj
 Expand pic
Biy @mochactino
“Politik tidak ada hubungannya dengan moral” —Nicollo Machiavelli
Biy @mochactino
Kejadian bermula di tahun 2003, ketika diktator Libya Qaddffi setuju untuk melucuti senjata nuklir dengan cara menghentikan program nuklirnya. Komunitas internasional meyakinkan Qaddafi bahwa senjata seperti itu tidak diperlukan untuk melindungi negara dan menjaga kekuasaannya.
Biy @mochactino
Sesaat setelah pemilu Prancis di tahun 2007 yang dimenangkan oleh Nicolas Sarkozy, beredar rumor bahwa Sarkozy diduga menerima dana kampanye secara illegal dan adanya dugaan intervensi (campur tangan) dari negara lain.
Biy @mochactino
Jurnalis dan investigator mulai menduga bahwa Qaddafi secara pribadi menyumbang sebesar 50 juta Euro sebagai dana kampanye Sarkozy.
Biy @mochactino
Satu tahun setelah itu, Qaddafi mulai melakukan rencana untuk membebaskan negara Afrika dan Timur Tengah dari ketergantungan finansial terhadap AS. Dan tentu saja, saat konfrensi Uni-Afrika, dia menyatakan tujuannya untuk melawan monopoli petrodollar (Minyak Bumi).
Biy @mochactino
Dia menekankan tujuannya untuk menjual minyak yang diproduksi Libya dengan mata uang Dinar emas dan bukan Dollar AS. Di tahun 2011, pemberontakan terjadi yang mengakibatkan kekacauan di Libya.
Biy @mochactino
Tujuan pemberontakan adalah untuk melepaskan diri dari cengkeraman kekuasaan diktator Qaddafi. Seperti biasa, komunitas internasional yang dipimpin oleh AS mengambil aksi atas kekacauan di Libya.
Biy @mochactino
Dan sudah bisa ditebak, sejarah intervensi terhadap Iraq oleh negara barat terulang di Libya, dengan dalih ‘mendemokrasikan Libya’.
Biy @mochactino
Seperti yang kita duga, Prancis dan AS bersekutu atas nama pembebasan, dan menggunakan NATO (North Atlantic Treaty Organization atau Organisasi Pertahanan Atlantik Utara) sebagai mesin penghancur yang nantinya menyerang Libya melalui udara.
Biy @mochactino
Serangan tersebut dimaksudkan untuk mendukung aktivitas ‘pemberontak’ yang notabene adalah ekstrimis, dan kelakuannya lebih parah daripada Qaddafi.
Biy @mochactino
Bahkan sebuah laporan menyatakan bahwa Pemerintah Prancis mempersenjatai dan mendanai kelompok pemberontak, dan akan memberikan dukungan apabila berhasil menjatuhkan Qaddafi.
Biy @mochactino
Pada saat itu Libya merupakan negara yang cukup kaya di Afrika. Rakyatnya makmur, karena banyak fasilitas disediakan oleh negara, seperti pendidikan gratis, pembiayaan bagi orang yang mau berladang, layanan kesehatan yang menyeluruh, lapangan pekerjaan, dan banyak lagi. pic.twitter.com/roVN7CrXJK
 Expand pic
Biy @mochactino
Qaddafi mungkin bisa dibilang diktator, tapi dia tidak suka memperkaya diri sendiri. Hasil yang didapat dari penjualan minyak Libya, digunakan untuk kemakmuran rakyatnya.
Biy @mochactino
Akhirnya, pada tanggal 20 Oktober 2011, dengan dukungan AS dan Prancis, pemberontak berhasil menangkap Qaddafi dan mengeksekusinya dengan cara yang mengerikan.
Biy @mochactino
Tidak ada perlindungan internasional untuknya, dan dia tidak diadili terlebih dahulu sebelum dihukum. Sayangnya dia dibunuh dan digambarkan sebagai penjahat. Dia membawa semua yang dia ketahui bersama jasadnya. Negara yang selama ini diperhatikannya berbalik melawannya.
Biy @mochactino
Tapi siapa yang peduli? Sarkozy berkhianat, dan berusaha cuci tangan dengan secara tidak langsung membunuh salah satu teman dekatnya. Semua kejahatannya akan dilupakan dan citranya akan terselamatkan. pic.twitter.com/BllGf1Gg0D
 Expand pic
Biy @mochactino
Dalam waktu yang bersamaan, AS berhasil mengamankan dominasi minyak internasional melalui petrodollar-nya. Cadangan minyak di Libya yang dulunya dinasionalisasi di era Qaddafi, sekarang dikuasai oleh perusahaan dari AS dan Prancis.
Biy @mochactino
Akhirnya Libya menjadi negara miskin dengan perang saudara yang tak berkesudahan. Rakyat kini menyesal telah melakukan pemberontakan. Ekstrimis sekarang berkuasa, dan Libya menjadi salah satu sarang teroris yang nantinya menyerang Tunisia, bahkan Eropa.
Biy @mochactino
Bahkan kejadian ini mempengaruhi iklim politik Eropa dengan munculnya ideologi sayap kanan yang disebabkan oleh krisis pengungsi. Bayangkan berapa banyak pengungsi yang meninggal di laut Tengah karena rentetan kejadian ini?!
Biy @mochactino
Kabar baiknya, Sarkozy ditahan oleh otoritas Prancis karena adanya bukti terkait dengan bukti penggunaan dana illegal dari Libya dalam kampanyenya di tahun 2007.
Biy @mochactino
Saat ini Sarkozy sudah terbukti bersalah atas segala tuduhan tersebut. Selain itu, Saif Al-Islam, anak Qaddafi, mencalonkan diri sebagai kandidat presiden Libya.
Biy @mochactino
Sekian, Terimakasih 💖💖
awal GAAKAN GANTI PP SAMPE 2 NOV @baekhforlife
@hmkamubacot wah baru tau cerita lengkapnya. dulu ada berita mengatakan qaddafi korupsi lah ini itu lah.
Biy @mochactino
@catspinkee Hehe iya, mungkin blm banyak yg tau ceritanya dari sisi ini makanya aku up kesini. Semoga bacaannya bermanfaat.
Load Remaining (2)
Login and hide ads.