0
S A R A H @mamahani0309
Kearifan lokal nan luhur ditengah asrinya panorama keindahan alam yang membentang memberikan kesejukan tersendiri ketika mengunjungi perkampungan adat, terutama perkampungan suku Baduy Dalam.
S A R A H @mamahani0309
Keteguhan tradisi kuat yang jauh dari hingar bingar perkotaan justru mampu menampakkan keselarasan kehidupan dalam keseharian masyarakat suku Baduy Dalam.
S A R A H @mamahani0309
Kesederhanaan dan kesahajaan inilah yang tak ayal menumbuhkan rasa penasaran dari masyarakat perkotaan untuk mengetahui seluk beluk kehidupan suku Baduy Dalam yang memang masih mendewakan aturan adat tanah ulayat mereka.
S A R A H @mamahani0309
Kepatuhan penduduk Baduy Dalam terhadap hukum adatnya tak lantas membuat penduduk yang menganut kepercayaan Sunda Wiwitan ini mengkungkung diri dari pergaulan dengan masyarakat yang menjalankan gaya hidup kekinian.
URL AKURAT.co Ekonomi | Cara Suku Baduy Mendulang Rezeki dari Wisatawan yang Ramai Menghampiri Ramainya wisatawan ketika waktu akhir pekan maupun ketika memasuki masa liburan tiba menjadi berkah tersendiri bagi suku Baduy Dalam.
S A R A H @mamahani0309
Hal ini tampak dari keakraban dan keharmonisan yang dibangun antara masyarakat Baduy Dalam dengan masyarakat Baduy Luar yang memang telah lebih memilih menerima tren hidup modern.
S A R A H @mamahani0309
Namun sayangnya, kepolosan dan keluguan dari para masyarakat Baduy Dalam tak dapat dipungkiri kerap dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab guna mencari keuntungan pribadi semata.
S A R A H @mamahani0309
Para oknum tersebut menawarkan jasa sebagai "calo" untuk dapat mempertemukan para pengunjung dengan orang Baduy Dalam yang siap menjadi pemandu bagi para wisatawan.
S A R A H @mamahani0309
Dalam menjalankan praktiknya, para calo biasanya mengaku bakal memperkenalkan dan mempertemukan wisatawan dengan orang asli Baduy yang akan berperan sebagai pemandu.
S A R A H @mamahani0309
Oknum calo ini banyak sekali bertebaran di Terminal Ciboleger yang merupakan tempat mengangkut dan menurunkan wisatawan yang bersiap memasuki kawasan perkampungan Baduy. pic.twitter.com/27ds2CicEY
Expand pic

NB: Para oknum calo ini biasanya berasal dari penduduk Baduy Luar yang memang sering singgah di terminal Ciboleger.

S A R A H @mamahani0309
Ironinya para calo ini tak melakukan sistem bagi hasil kepada para pemandu wisata asli suku Baduy Dalam itu. Sehingga para penduduk Baduy Dalam tak menikmati sepeser pun imbal hasil dari sang calo.
S A R A H @mamahani0309
Maraknya oknum calo ini pun, turut membuat resah warga asli suku Baduy Dalam yang berprofesi sebagai pemandu sekaligus tuan rumah bagi wisatawan.
S A R A H @mamahani0309
Tetapi bak buah simalakama, faktanya orang Baduy Dalam tak ingin memprotes lebih lanjut perlakuan semena-mena itu, lantaran tak ingin memperpanjang masalah karena untuk tetap menjaga kerukunan dengan warga luar Baduy.
S A R A H @mamahani0309
Alasan itulah yang membuat penduduk Baduy Dalam tak ingin terlalu mengusut masalah ini.
URL AKURAT.co Ekonomi | Belajar dari Suku Baduy Dalam, Setia Lestarikan Tradisi Tak Tergiur Duniawi Saat dunia sudah mendeclar perang dagang dan dampak ekonomi global Masyarakat Baduy dalam menolak mentah-mentah dana desa
S A R A H @mamahani0309
Begitulah kebijaksanaan masyarakat Baduy Dalam, yang memang selalu berusaha menerima setiap kondisi yang ada dengan apa adanya. Termasuk ketika dirinya harus sedikit terusik dan dibuat tak nyaman ditanahnya sendiri.
S A R A H @mamahani0309
Layaknya bangsa Indonesia terdahulu yang sempat merasakan terjajah oleh para penjajah di bumi pertiwi. Sama halnya dengan penduduk Baduy Dalam yang harus menelan kepahitan dan ketidakadilan atas kecurangan masyarakat yang sudah terjamah dunia modern.
S A R A H @mamahani0309
Fenomena ini mampu menjadi gambaran sekaligus renungan, bahwa terkadang kehidupan modern mampu menggelapkan mata masyarakat menjadi pribadi yang arogan terhadap masyarakat pedalaman hingga memanfaatkan keluguan mereka untuk kepentingan pribadi semata.
S A R A H @mamahani0309
Demikian habitat persatuan yang menyedihkan antara suku Baduy Luar dengan suku Baduy Dalam. pic.twitter.com/UoZ1xUNoRo
Expand pic

Temui perspektif lain dari suku baduy dalam DI SINI.

URL AKURAT.co Ekonomi | Hikayat Bungkus Mie Instan dan Budaya Baca Masyarakat Baduy budaya tulis baca memang menjadi penting dewasa ini untuk diwarisi kepada keturunan guna bisa bersanding dengan perubahan zaman

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.