Biar Cepet Dihire, Coba Tips Memperlayak Profil LinkedIn via @es_twr

Linkedin bisa jadi tempat kamu menemukan kerjaan baru! @tumbenlucu
tricks TIPS media LinkedIn sosial Internet
598 View 0 comments
7
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
-Tips memperlayak profil LinkedIn- Disclaimer: ini untuk basic tampilan profil yah, bukan gimana caranya supaya bisa ditawarin kerjaan via LinkedIn. Nanti kapan-kapan bikin thread sendiri tentang hal itu.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Profile Picture Pakai foto yang layak sebagai foto profil. Definisi "layak": foto muka sendiri, bukan foto kucing apalagi foto batu akik, jangan pasang foto berdua apalagi berempat, pose normal, muka jangan blur, jangan pake foto 10 taun lalu,
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Kecuali foto jadul masih mengandung 95% kemiripan dengan muka saat ini tidak apa-apa. #ea
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Kolom Headline Kolom headline wajib diisi. Karena headline ini adalah salah satu faktor penting dari nama seseorang muncul di hasil pencarian para rekruter/perusahaan. Umumnya, warga LinkedIn mencantumkan title dan nama PT di kolom headline.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Contoh headline yg umum: "Sales Manager at PT Masuk Angin" atau "Graphic Designer at PT Rajin Ibadah" Pastikan kolom ini selalu di-update setiap kali kamu naik jabatan atau pindah kerja.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Summary Buat ringkasan mengenai diri sendiri yang 'menjual'. Ga perlu bahasa terlalu baku asal mencakup penjelasan singkat mengenai diri sendiri di bidang pekerjaan, misal tulis pengalaman kerja dan industri yang difokuskan.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Contoh summary warga bermartabat di LinkedIn pic.twitter.com/arPC9BrviG
 Expand pic
 Expand pic
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Ada juga yg summary-nya kayak gini. Coba tebak ini summary-nya siapa! pic.twitter.com/gTSnHc6Rio
 Expand pic
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Pokoknya summary dibuat sesingkat, semenarik dan sekece mungkin. Ga perlu panjang lebar asal padat berisi kayak lontong dingin.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Experience - Poin paling penting yang akan diliat setelah headline seseorang menarik untuk di-klik. Tulis pengalaman bekerja lengkap: mulai dari bulan dan tahun, nama perusahaan yang jelas, lokasi bekerja, title dan penjelasan singkat job description di kolom experience
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Iya, experience dimulai dari yg ter-update. Tapi experience sih kan masukkin bulan dan tahun, klo ga salah nanti LinkedIn akan ordered berdasarkan bulan dan tahun deh. twitter.com/kotaksemangat/…
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Hmm... Klo mau yg proper sih, pas foto yg background merah/biru sih. Yatapi anak jaman sekarang foto CV aja pake selfie sih ya, jd ga wajib pake pas foto jg di LinkedIn. twitter.com/alpacharlie/st…
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
intinya kalau foto profil, yg jelas, yg cakep dan tampak depan. Jangan tampak samping atau tampak sepatu doangan. Karena ini LinkedIn kak, bukan Instagram.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Education & Certificate Tulis nama universitas, jurusan dan tahun kuliah di kolom education. Kalau ada sertifikat tertentu yg RELEVANT dengan karir kerjaanmu, masukkin. Kenapa "relevant"-nya pake kapital? Ya gapapa sih, pengen aja.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Location Untuk kolom ini, bebas mau masukkan lokasi kerja atau tempat tinggal. Kalau memang ingin dapat pekerjaan dekat tempat tinggal, bisa tulis lokasi tempat tinggal. Tetapi kalau mau kerja di lokasi dekat tempat kerja lama, silakan tulis lokasi yang dekat tempat kerja lama.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Lokasi ini penting buat para rekruter/perusahaan. Karena beberapa perusahaan care sama work-life balance karyawan dan lebih mendahulukan karyawan yg domisilinya dekat sama kantor.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Selain faktor work-life balance, ada juga perusahaan yg care sama domisili karyawan karena ga seneng liat karyawan datang telat dan pulang juga telat. Bayar tagihan aja ga boleh telat, ngantor juga sebaiknya jangan telat.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Industri Lengkapi kolom industri sesuai dengan industri perusahaan yang dikuasai. Catatan: makin fokus karir seseorang di sebuah industri, makin besar peluangnya untuk 'dibajak' di perusahaan sejenis. Dan tentu saja harganya lebih mahal~
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Nah cara ini juga bisa dipakai untuk melengkapi kolom summary di LinkedIn twitter.com/lavivrie/statu…
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Contact Info Isi dengan lengkap, alamat email dan nomor HP. Sebenarnya nomor HP bersifat opsional, tetapi ada baiknya diisi agar kamu lebih mudah dihubungi. Kalau ga mau pasang nomor HP, pastikan emailmu aktif. Semisal ada yg menghubungi via email, dapet notifikasinya.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Kolom Interest Kolom ini fungsinya untuk memperlihatkan kamu join di group dan follow page perusahaan apa saja. Sebaiknya join group atau follow page perusahaan yang relevan sama karir atau minatmu. Karena terkadang rekruter ngutak ngatik fitur ini buat cari orang.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Terakhir (klo ga mendadak inget ada yg belom dibahas) Pastikan semua inputan di profil LinkedIn ditulis dengan rapi, EYD dan tidak typo. Klo profil LinkedInmu dalam bahasa Inggris dan grammarnya salah... benerin.
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Ohiya. Klo freshgrad, headline yg umum dipake warga LinkedIn adalah "Fresh Graduate Universitas XYZ" atau kalau ada pengalaman magang juga ada yg nulis "Intern at PT QWERTY" twitter.com/MuhammadAnis22…
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Masukin donks. Di headline ditulis, di experience pun ditulis. Komplit ya kayak nulis penjelasan penulisan kolom experience twitter.com/nrfzfr/status/…
╮(╯▽╰)╭ @es_twr
Iyah, masukkin aja. Bisa di kolom "accomplishment" di bagian "organization" atau "project", silakan tulis di sana. Hehe twitter.com/nufazhou/statu…
Load Remaining (4)
Login and hide ads.