isue sentimen agama

@zoelfick mentweit isu seputar agama yg telah berlangsung lama di NKRI yg merupakan negara yg berdasarkan Pancasila.
perbedaan enviroment agama
0
Zulfikar Akbar @zoelfick
Ada yang bilang isu seputar sentimen agama cuma urusan remeh temeh. Bukan sesuatu yang perlu ditanggapi serius. Mungkin mereka lupa, sudah seberapa tebal buku sejarah tertulis berisikan pertikaian yang berangkat dr alasan agama.
Zulfikar Akbar @zoelfick
Indonesia sudah bertahun² dikuasai isu berbau agama. Bahwa pemeluk satu agama lebih berhak atas segalanya di sini, telah menjadi narasi yang terus dimainkan. Apa kita lupa, di daerah tertentu, isu ini pernah berakhir dengan pertumpahan darah dan pembunuhan besar²an?
Zulfikar Akbar @zoelfick
Sekarang, ketika ada yang mencari cara mencegah itu terulang dengan menyentuh ke jantung persoalan, kok dicibir habis-habisan.
Zulfikar Akbar @zoelfick
Negeri ini pernah berdarah-darah, lalu ada pemimpin yang mampu menyelesaikan masalah tanpa perlu berdarah-darah, dan ia bersaing dengan yang punya rekam jejak berdarah-darah. Mau berdiri di mana, terserah. Terbaik, jgn beri kesempatan kpd yang punya riwayat berdarah².
Zulfikar Akbar @zoelfick
Saya sendiri masih berprinsip bahwa mereka di luar agama saya pun bisa mendapatkan hak setara sebagai warga negara, dengan mereka yang seagama dengan saya. Tidak ada cerita warga kelas dua hanya karena perbedaan agama.
Zulfikar Akbar @zoelfick
Bahkan saya punya cita-cita agar bisa mati kelak setelah melihat dengan jelas, bahwa warga di luar agama saya juga sudah benar-benar mendapatkan hak setara dengan pemeluk agama yang sama dengan saya.
Zulfikar Akbar @zoelfick
Jujur saja, saya salah satu umat Islam yang pernah dijejali dan direcoki doktrin bahwa semua di luar agama saya adalah musuh. Butuh perjuangan keras bagi saya untuk membebaskan diri dr doktrin itu, sampai tiba di titik: semua manusia, warga negara, mesti punya hak yg sama.
Zulfikar Akbar @zoelfick
Sampai kemudian saya belajar dari teman² Nasrani, penganut ajaran Budha, dan Hindu, untuk menemukan nilai² yang lebih humanis. Membuka diri, berat, seperti perihnya bgm menguliti diri sendiri. Ini saya lakukan demi bisa tiba di titik lebih dalam sbg manusia.
Tailgunner @YogaAdrianyoga6
@zoelfick Dri dulu hingga skrg yg memicu pertikaian hingga perang adalah AGAMA Yg memyebabkan orang saling melukai hingga membunuh jg krna AGAMA Selama AGAMA dijadikan isu sentral dan tdk mampu diredam dan dimusnahkan..selama itu konflik akan trus terjadi..
*Loegu* (LoeGue)GakLucu @asmadajoel
@Paijo_ziman @zoelfick Agama adalah siapa yg menjadi penguasanya. Agama adalah warisan yg diturunkan ke generasi selanjutnya, siapa yg menerimanya dgn nurani kemanusiaan bukan pelampiasan, menjalaninya dgn nurani kemanusiaan bukan perbudakan, itulah sebatas kemanusiaan. 😎😎
*Loegu* (LoeGue)GakLucu @asmadajoel
@ioneinoe @historia_id Sejarah berulang dan berulang terus. Karena sesungguhnya tuhan itu adalah kekuasaan; Dan kekuasaan itulah maknanya tuhan. 😎😎
*Loegu* (LoeGue)GakLucu @asmadajoel
@denbagushari Baiklah.. kita cuma perlu mempersiapkan mental menghadapi situasi apapun yg akan terjadi; yg terburuk sekalipun. 😎😎

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.