4
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Sudah lihat video ini? Perempuan berbaju merah di Perancis ini diserang catcaller setelah dia melawan. Gak lama stlh video ini viral, Perancis akhirnya menetapkan peraturan ttg pelecehan di jalan, pelaku bisa kena denda 750 euros. Indonesia kapan punya hukum serupa? pic.twitter.com/AUqVuUG0Po
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Marie (22yo), di catcall oleh lelaki ini. Marie melawan dgn bilang “Shut up”, catcaller tersinggung dan melempar asbak ke arah Marie. Marie marah dan kembali berteriak melawan, catcaller berbalik arah dan menghampiri Marie, lalu memukul keras kepala Marie dan langsung kabur.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
This incident shows a lot of disturbing facts about catcalling that us, women, face on daily basis, yang mungkin masih ada yg belum sadar.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
1. Catcaller doesn’t care if you feel annoyed, disturbed, or insulted when they catcall you because they believe they have the CONTROL and POWER to say or do anything to you and then EXPECT or even DEMAND us to take it and enjoy it -
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
- to an extent that they sometimes would get angry when they are rejected. This is not only disrespectful but also dehumanizing and degrading because they violate and ignore our personal space and rights to be respected as a fellow human being. This is why catcalling is scary.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
2. Catcaller can be AGGRESSIVE. They expected the targets to enjoy their words and action and mostly are used to get normalized for what they did so when someone reject and fight back, they’d gone lunatic and can get aggressive.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
3. Even when we, the target of catcalling, have the courage to fight back, we still have the fear that these catcallers may get aggressive and attack us. Wow what a convenient situation for us women, eh?
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
4. Need I say more? VERBAL HARASSMENT MAY LEAD TO PHYSICAL HARASSMENT. Verbal harassment, including catcalling, is not to be taken lightly and shouldn’t be normalized anymore because it may lead to a more dangerous harassment!
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
WHICH IS WHYYYYYY THE ROLE OF ACTIVE BYSTANDER IS REALLY IMPORTANT! Bystanders’ intervention can make a whole difference to stop the harassment and help the victim. Sayang sekali ternyata masih banyak yg enggan bahkan malas terlibat untuk membantu mengintervensi pelecehan ☹️
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Dapet input utk tambahin versi bahasa indonesia. Mohon maap kalo lagi ngomel dalam tulisan kadang lebih enak pake enggres.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Video penyerangan itu menunjukkan beberapa fakta mengkhawatirkan tentang catcalling (pelecehan verbal/lucah/siul-siul/komentar tak senonoh/menggoda) yg perempuan alami, yang mgkn masih banyak yg belum sadar. Apa aja?
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
1. Bahwa pelaku catcalling (disebut catcaller) itu gak peduli kalau korban tersinggung, merasa gak nyaman, atau terganggu. Mereka merasa bahwa mereka BISA dan PUNYA KUASA untuk bilang / bertindak semau mereka ke target catcalling, lalu menganggap bahkan memaksa korban -
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
- untuk menerima catcall tsb. Bahkan mereka malah merasa tersinggung bila ditolak atau dilawan korban. Kenapa? Karena KEBIASAAN bahwa candaan gak sopan itu dianggap NORMAL. Mereka terbiasa dan menganggap bahwa catcall itu gpp dilakukan. Padahal catcalling termasuk pelecehan -
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
- verbal yang gak hanya menyeramkan tapi juga merendahkan dan mengobjektifikasi perempuan.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
2. Nah karena kebiasaan dianggap normal, pada saat dilawan/ditegur, catcaller kadang bisa marah dan tersinggung dan berubah jadi AGRESIF. Bisa nyerang balik, kayak di video Marie tadi. Pusing gak lo? Udah salah, ditegur malah jadi lebih rese! Gak enak banget jd korban dah.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
3. Lebih pusingnya lagi...kami kami korban catcalling, walau punya keberanian utk melawan/menegur, tetep aja ada rasa takut karena ada kemungkinan mereka bisa nyerang balik. Kan 💩. Korban jd enggan dan repot buat melawan pelecehan.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
4. PELECEHAN VERBAL BISA BERUBAH JADI PELECEHAN FISIK. PELECEHAN SEKSUAL VERBAL BISA BERUBAH JADI KEKERASAN SEKSUAL. Salah satu contohnya ya ini, awalnya cuma verbal, eh jd meningkat ke fisik. Yg kebiasaan melecehkan verbal jg pasti suatu saat akan meningkat ke fisik.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Itu masuknya ke rape culture, budaya pemerkosa. Situasi dimana pelecehan dalam bentuk paling sederhana seperti perkataan/lelucon, dianggap biasa dan normal, sehingga berdampak pada kurangnya kesadaran akan pelecehan dalam bentuk lebih tinggi, seperti non-fisik -
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
- (siul, nunjukin penis, dll) dan fisik (grepe2 tanpa ijin, pegang tanpa ijin, perkosaan) lalu ke tendensi menyalahkan korban. Lebih kompleks lagi efeknya ke sistem hukum yg gak berpihak melindungi korban pelecehan & kekerasan seksual.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Ya karena masyarakatnya punya budaya pemerkosa, apa-apa dimaklumin, apa-apa dicuekin, apa-apa ditutupin demi nama baik, apa-apa langsung nyalahin korban.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Nah ada pelajaran penting dari video Marie tadi. Sangat penting orang2 aktif membantu menghentikan pelecehan dan membantu korban. Bayangin kalo orang2 sekitar kejadian aktif bantu teriak, nangkep, atau stop pelecehan, kan pelecehan gak akan berlanjut, pelaku bisa ditangkep.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Bantuan dari orang2 sekitar saat pelecehan terjadi itu bisa memberikan perbedaan yg luar biasa besar. Korban akan merasa didukung dan dilindungi, dan yg paling penting, pelaku bisa ditangkep dan diberi efek jera.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Jadi, lain kali kalau melihat pelecehan terjadi, plis bantu. Bantu teriak, bantu lapor, bantu tangkep, bantu tenangin korban, bantuin sebisamu. Jangan diam atau cuek saja, kalau diam atau cuek ya kamu jd pelaku pelecehan pasif, membiarkan pelechan terjadi.
sssssssssttttttttttttt @heyitsmonde
Ya kalo gw sih bakal bantu gebukin dulu baru kasih polisi.
Load Remaining (31)

Comment

andi cahaya @andicahaya33 05/08/2018 07:37:33 WIB
Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil dan pembiayaan mobil bekas di seluruh wilayah indonesia Sukma Dinata ( Marketing Officer ) Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839 https://bit.ly/2KEPydl
Login and hide ads.