5
IG: @areloghy @Areloghy
Dear teman-teman. Hari ini kerjaan gue banyak banget nanganin komplain keberatan atas Bea Masuk dan PPh atas barang kiriman. Sekedar saran saja, saat kalian beli barang online dari luar negeri, minta kepada penjual (seller) untuk menyertakan Invoice Pembelian dan NPWP kalian.
IG: @areloghy @Areloghy
Kenapa NPWP harus disertakan pada paket kiriman, agar kalian gak ngamuk saat ditetapkan PPh nya 20% padahal kalian punya NPWP. Kalian harus memaksa seller untuk mau menyertakan kedua data tersebut agar kalian tidak selalu merasa dirugikan oleh Beacukai.
IG: @areloghy @Areloghy
Dalam pemeriksaan dan penelitian atas barang kiriman, petugas Beacukai menggunakan berbagai sumber informasi sebelum penetapan HS Code atau nilai penetapan pajak. Atas dasar informasi dan penelitian tersebut, barulah petugas dapat menyimpulkan HS dan nilai pajak yang ditetapkan.
IG: @areloghy @Areloghy
Beacukai tidak pernah menghubungi pemilik barang apabila ada dokumen yang kurang dikarenakan hal tersebut merupakan kewenangan Perusahaan Jasa Titipan (PJT).
IG: @areloghy @Areloghy
Apabila kamu keberatan dengan nominal tagihan pajak yang disampaikan, Bapak/Ibu dapat mengajukan keberatan setelah membayar pajak yang tertagih terlebih dahulu.
IG: @areloghy @Areloghy
Berkenaan dengan keberatan kamu perihal penetapan pajak oleh Bea Cukai, Kamu dipersilahkan untuk mengajukan keberatan secara mandiri (datang) ke Kantor Bea Cukai yang menangani barang kiriman kamu terkait dalam hal ingin mengajukan keberatan.
IG: @areloghy @Areloghy
Surat pernyataan keberatan bisa dibuat dengan format bebas dan ditandatangi serta dibubuhkan materai 6000.
IG: @areloghy @Areloghy
Jangan lupa membawa dokumen pelengkap atas barang yang dimaksud (KTP, NPWP, Invoice/Tagihan dari penjual, Bukti Bayar/Transer, Tagihan Kartu Kredit, Link Pembelian).
IG: @areloghy @Areloghy
Keberatan tersebut dapat kamu ajukan melalui pihak Perusahaan Jasa Titipan (PJT) yang dipergunakan. Itupun kalo mereka mau ya.
IG: @areloghy @Areloghy
Perihal pengajuan keberatan tersebut diatas sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 51/PMK.04/2017 tanggal 11 April 2017 tentang Keberatan Di Bidang Kepabeanan Dan Cukai.
IG: @areloghy @Areloghy
Dapat kami tegaskan bahwa tugas, fungsi dan wewenang Bea dan Cukai antara lain adalah Menetapkan Barang Impor/ Barang Kiriman dikenakan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor lainnya serta menjalankan beberapa Aturan Larangan dan Pembatasan dari Kementerian/Instansi lainnya.
IG: @areloghy @Areloghy
Terkait dengan penginputan data (Administrasi dan Dokumen Pelengkap), penyimpanan / Penyiapan / pembukaan kemasan barang kiriman untuk diperiksa oleh Bea Cukai dan proses pengiriman Paket Barang Kiriman kepada Pemilik Barang adalah tugas, fungsi dan wewenang dari pihak PJT.
KMTH @SirNababan
@Areloghy @Gabzyow Share pengalaman pribadi saya, klo lgsg disertakan NPWP maka petugas bea cukai lgsg anggap barang >$100 meskipun barang tersebut FOB nya <$100, tp klo mmg FOB sdh >$100 maka otomatis kita wajib sertakan NPWP.
IG: @areloghy @Areloghy
@SirNababan @Gabzyow Oh gitu ya Mas. Mohon maaf saya gak tau. Karena biasanya yang komplain itu yang harga <100 tapi kena PPh 20%. Ku pucing ngurusnya. Hahaha. Padahal, yang netapin bukan kita.
tukang amplas @rasndeso
@Areloghy @SirNababan @Gabzyow Yaaah sudah bikin thread awal panjang2 kok pakai ga tahu Penyimak kecewa
IG: @areloghy @Areloghy
@rasndeso @SirNababan @Gabzyow Soalnya yang nentuin bukan saya. Ini case nya banyak yang marah karena punya NPWP tapi dikenakan 20%. Makanya saya saranin aja, cantumin NPWP. Mohon maaf bila dirasa gak memuaskan mas nya.
Nola @Nina_Nola
@Areloghy @rasndeso @SirNababan @Gabzyow Jadi kesimpulannya gimana nih? Pake NPWP atau gak (kalau harganya <100)?
uɐıɹq ⚜️ @brian_abdhiyoga
@Areloghy Pernah dapet surat dari pos dan email dari bea cukai, yg minta data tentang npwp dan invoice, tp ttp bayar pajaknya kurang lebih msh sama klo tdk ada npwp dan invoice, pdhl data udh dikirim, klo tidak ada npwp dan invoice bayar pajaknya : ppn 10%, bea masuk 7.5% dan pph 20%.
IG: @areloghy @Areloghy
@brian_abdhiyoga Kalo data disampaikan sebelum penerbitan billing, seharusnya bisa berubah menjadi ppn 10%, bea masuk 7.5% dan pph 10%. Namun, yang berwenang menghubungi Kakak adalah pihak Pos. Bukan Beacukai. :)
uɐıɹq ⚜️ @brian_abdhiyoga
@Areloghy Penghitunganya gimana ya, pernah beli harga 100 $ pajaknya 20 ribu klo gak salah, terakir kemrin beli harga klo rupiah kira² 2.250.000 pas bayar pajak di kantor pos pajaknya 700 ribu 😭
Load Remaining (20)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.