3
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Negara Islam terbesar di dunia salah satunya Indonesia. Tetapi, kalau negara paling Islami di dunia, Irlandia juaranya. Loh kok bisa?
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Hossein Askari, seorang guru besar politik dan bisnis internasional di Universitas George Washington, AS, melakukan penelitian negara mana yang paling Islami di dunia. Hasilnya: Irlandia, Denmark, Luksemburg, dan Selandia Baru sebagai negara yang paling Islami di dunia.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Negara-negara lain yang menurut Askari justru menerapkan ajalan Islam paling nyata adalah Swedia, Singapura, Finlandia, Norwegia, dan Belgia.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Askari menyatakan: "Kami menggarisbawahi bahwa banyak negara yang mengakui diri Islami tetapi justru kerap berbuat tidak adil, korup, dan terbelakang. Faktanya mereka sama sekali tidak Islami."
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Indonesia di peringkat ke berapa? Dari 208 negara, Indonesia hanya mampu menduduki peringkat ke-140. Kalian boleh berspekulasi, alah ini mah penelitiannya ngaco, penelitiannya dibiayain sama Amrik. Silakan. Tapi saya percaya dengan penelitian itu dan saya punya argumen pendukung.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Di kelas filsafat Islam modern-kontemporer, dosen saya, pak Agus Wahyudin bilang begini: orang-orang di Eropa itu jauh lebih Islami dari orang-orang di timur tengah. Ia menyebut kejadian ini dengan istilah Islam tanpa agama Islam.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Menurut beliau, hal ini dapat terjadi karena di Indonesia misalnya, orang-orang Islam itu hanya mengadopsi spirit ideologi Islam, akan tetapi tidak turut mengadopsi spirit epistemologi dan aksiologi Islam.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Coba perhatikan sekelilingmu. Betapa banyak orang Islam yang spirit ideologi agamanya tinggi, akan tetapi Ia tidak mau mempelajari ilmu pengetahuan layaknya sains, filsafat, teknik, kedokteran dan lain-lain. Karena, bagi mereka, urusan akhirat jauh lebih penting dari dunia.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Padahal, Islam pada masa kejayaan dulu menjadikan spirit ideologi sebagai alasan mereka harus banyak belajar dan menuntut ilmu. Hal itu yang hilang dari umat Islam di Indonesia. Jujur, saya kecewa dengan statement dari Khalid Basalamah.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Khalid Basalamah mengatakan dalam sebuah ceramahnya: Filsafat itu tidak ada gunanya. Well, padahal penemu-penemu dan pemikir-pemikir besar Islam mempelajari filsafat. Bahkan seorang Imam Ghazali yang menulis Tahafut Al-Falasifah; Kerancuan Filsafat menggunakan metode filsafat.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Untuk persoalan spirit aksiologis, kita bisa berkaca misalnya pada kelakuan oknum-oknum legislatif dari partai Islam yang melakukan tindakan korupsi atau tindakan asusila. Tentu itu bukan ajaran aksiologi Islam.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Terakhir, saran saya sederhana. Jadilah Islam yang menganut ideologi, epistemologi, dan aksiologi Islam. Ketika itu terjadi, sangat mungkin negara ini akan jadi negara maju. Sebab, kalau kita belajar dari sejarah, konsep negara Islam adalah cetak biru dari negara-negara maju...
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
saat ini. Sebelum Rasulullah SAW wafat, beliau berpesan bahwa ada 5 hal yang harus dijunjung tinggi. Lima hal yang hilang dari negara ini. Pertama, hak hidup. Kedua, hak properti. Ketiga, hak beragama. Keempat, hak berpendapat. Kelima, hak privasi.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Kita tidak butuh pemimpin muslim. Kita tidak butuh sistem politik khilafah. Yang kita butuhkan lima hak prinsipil di atas tadi. Konon, khutbah terakhir Rasulullah itu didengar oleh seorang filsuf Eropa dan dikagumi oleh Locke. Maka, jadilah sesuatu yang kita sebut HAM.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Oh iya, Locke kemudian kelak mempengaruhi para founding father dari United States Of America. Yap. Amerika yang kita benci hari ini, dulunya didirikan di atas sebuah landasan yang benar-benar Islami.
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
Bonus Quotes deh dari Muhammad Abduh. Salah satu Filsuf Islam yang hebat. pic.twitter.com/XXrf0VfjEL
Expand pic
Masyallah Ugh tea @mancreng
@Baristasastra Aku suka banget sama threadnya :”) kira2 ada jurnal/bacaan yg bisa memperkuat argumen di thread ini kah? Kalo ada boleh bagi ya... :”) makasii🌻
Galuh @Galuhkns
@Baristasastra maksud dari kita tidak butuh peminpin muslim gimana bang?
YANG MAHA SALAH @Baristasastra
@Galuhkns Itu satire. Percuma muslim kalau hanya sebatas ideologi saja. Menjadi muslim harus lengkap, ideologi, epistemologi, dan aksiologi. Seperti alm. gus dur lah. Dia pemimpin yang keren. Nggak kayak...
Sebagai pembanding, ada baiknya membaca entri blog dari Ana Sejati berikut yang membedah jurnal serupa dari sisi analisis data.
URL Sepatu Biru 32 Hati-hatilah Membaca Hasil Survey Islamicity Index!!! Pertengahan Juni 2014 beberapa media cetak memberitakan hasil riset guru besar politik dan bisnis internasional di Universitas George Washington, AS. Saya yakin banyak diantara anda sudah membacany…
ᬓᭂᬢᬸᬢ᭄ᬩᬸᬤᬶᬳᬲ @budisepang1
@Baristasastra @princekit17 Lho ! Kapan waktu ada yg bikin penelitian, provinsi mana di indonesia yang paling islami. Jawabannya Denpasar. Kira2 kesimpulannya apa, kok yg paling berhasil membuat kondisi islami itu yg mayoritas non muslim ? google.com.sg/amp/s/m.republ… Big question?
Saras 8008 @saraswatibe1
@budisepang1 @Baristasastra @princekit17 islami itu bukan muslim atau non muslim. islami kan menerapkan ajaran islam. seperti menghargai hidup semua makhluk & menghormati pilihan hidup org lain, menolong tanpa tebang pilih, menghargai lingkungan juga hewan & tumbuhan, sabar antri, jaga kebersihan toilet umum, dll.
Load Remaining (11)

Comment

andi cahaya @andicahaya33 05/08/2018 07:37:19 WIB
Dapatkan pinjaman dana paling tinggi hanya dengan gadai bpkb mobil dan pembiayaan mobil bekas di seluruh wilayah indonesia Sukma Dinata ( Marketing Officer ) Tlp/ Sms/ WhatsApp/ Line : 081280295839 https://bit.ly/2KEPydl
Login and hide ads.