Makna Tersembunyi dari Lambang Kota di Indonesia Masa Hindia Belanda by@potretlawas

Baru tahu saya...
sejarah HISTORY lambang kota batavia hindiaBelanda
5
Potret Lawas @potretlawas
Tentang sejumlah lambang kota di Hindia Belanda. pic.twitter.com/wAF9tFO91R
Expand pic
Potret Lawas @potretlawas
Lambang Batavia tentu yang tertua. Bentuk dasarnya sudah ada sejak masa JP Coen. Sebilah pedang menembus mahkota daun salam umum diartikan lambang kemenangan. Namun, mengutip L. Blussé (1988), lambang ini juga kerap dibaca sebagai pertanda terjadinya pembantaian Tionghoa, 1740.
Potret Lawas @potretlawas
Lambang Semarang hadiah Komjen LPJ Du Bus de Gisignies (1827) untuk hormati pasukan dan sukarelawan kota yang gugur dalam Perang Jawa. Sosok maagd (perawan) berdiri memegang jangkar di kiri, kepala singa di kanan. Maagd personifikasi Belanda serta koloninya. Singa simbol raja.
Putu Ebo @putuebo
@arga_pratz @potretlawas Ada.. coba dilacak di mari logo2 provinsi Hindia Belanda pic.twitter.com/qcu1hgHEl4
Expand pic
Potret Lawas @potretlawas
Kalau lambang Surabaya mudah dipahami ya~ Tidak jauh² dari legenda pergumulan sura dan baya. J. Hageman Jcz dalam artikel di Indisch Archief, Vol I 1849 menuliskan: meski kebenarannya diragukan, namun hampir mustahil untuk mengubah lambang Surabaya, sebab sudah amat dikenali.
Potret Lawas @potretlawas
Makassar kota kedua setelah Batavia yang miliki lambang. Konon Cornelis Speelman sendiri yang membuatnya begitu menaklukkan kota, 1667. Penguasaan Makassar dilambangkan lewat pohon kelapa yang tertusuk pedang perak. Dalam bahasa Belanda, degen/pedang juga berarti satria.
Potret Lawas @potretlawas
Lambang Cirebon kalau zaman sekarang Bu Susi banget ya? 😂 Ada udang 3 biji. Ini merujuk asal nama Cirebon sendiri, sungai yang kaya udang. Sementara bintang segilima melambangkan K̶e̶t̶u̶h̶a̶n̶a̶n̶ ̶Y̶a̶n̶g̶ ̶M̶a̶h̶a̶ ̶E̶s̶a̶ kemajuan. Lambang ini dipakai sejak 1930.
Potret Lawas @potretlawas
Oh, ya. Mengapa Cirebon (rebon ini jenis udang omong²) jadi Cheribon? Lidah Eropa kesulitan melafalkan nama pertama. Pun nama kedua dinilai lebih bagus, tidak kuno. Kasus sama terjadi pada Gresik yang resminya jadi Grisse. Masyarakat setempat sendiri tetap menyebutnya Cirebon.
Potret Lawas @potretlawas
Lanjut. Legenda pun menyelimuti lambang Banyuwangi. Dibuat berdasar asal mula kota: seorang istri dibunuh karena tuduhan selingkuh, namun tubuhnya malah menyebar wangi saat dilempar ke sungai. Dus, pedang dalam lambang maksudnya adalah keris. Namun tidak pernah diperbaiki.
Potret Lawas @potretlawas
Nah, kalau lambang Tegal sekaligus untuk mengingat kejayaan VOC [yang sudah hancur]. Tegal masa itu pelabuhan besar. Dibikin 1931, unsur kapal VOC dibuat mengikut gambar P. Bast (1599). Masa jaya VOC dipilih karena dianggap tidak ada hal penting dalam sejarah kota setelahnya.
Potret Lawas @potretlawas
Kedigdayaan masa lampau pun muncul dalam lambang Malang. Makna literal lambang tsb adalah Singasari (singa dan mekar teratai), kerajaan besar abad 13. Teratai yang tumbuh di atas air juga dibaca sebagai kemajuan kota. Malang nominor sursum moveor, Malang namaku maju tujuanku.
Potret Lawas @potretlawas
Dan yang terakhir lambang Bandung. Lagi² unsur legenda masuk. Kisah Sangkuriang membendung sungai Citarum demi melamar Dayang Sumbi diterjemahkan ke dalam bentuk lambang. Selain itu, lambang juga menyiratkan Bandung dulunya adalah cekungan danau, limpahan air.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.