7
dnlwkrt @dnlwkrt

Sering ngerasa mirip Joe Taslim | 35mm film shooter 🎞 contact: dnlwkrt@gmail.com | IG: jalantustel

https://t.co/2LiXnXL6rZ
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi mulai dari kemarin sampai nanti tgl 3 Agustus 2018, sudah bisa menukarkan kartu ATM/ Debit yang berlogo VISA dan Mastercard dengan kartu ATM/ Debit berlogo GPN. Apa itu GPN?
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi kalo kalian ke ATM pasti melihat logo GPN dgn gambar burung garuda merah. GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) itu sistem yang memadukan berbagai kanal sistem pembayaran atau transaksi perbankan yang menjadi satu karena saling terhubung.
dnlwkrt @dnlwkrt
Artinya, jika selama ini membayar dengan kartu debit harus menggunakan mesin EDC dari bank sama, dengan adanya GPN ini, maka jenis kartu debit apapun bisa digesekkan pada semua mesin EDC dari berbagai macam bank.
dnlwkrt @dnlwkrt
Kalo dari yang gue tangkap nih. GPN ini punya beberapa kelebihan. Mulai dari data nasabah yang terjamin keamanannya. Terus juga ada Interkoneksi dan Interoperabilitas.
dnlwkrt @dnlwkrt
Interkoneksi ini maksudnya kalo biasanya kalian gunain kartu debit utk pembayaran di mesin EDC harus sesuai dgn bank yg mengeluarkan kartu, nah dgn kartu yg ada logo GPNnya, kalian bisa transaksi di mesin EDC dgn merk bank manapun juga. Dgn biaya yg lebih murah.
dnlwkrt @dnlwkrt
Ralat: yang itu interoperabilitas. Kalo yg Interkoneksi, kalian bisa tarik tunai, transfer antar bank di mesin atm bank manapun juga dengan tarif yg sama dan lebih murah.
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi GPN ini memudahkan transaksi nasabah meskipun beda merk bank dan dengan tarif atau biaya yang lebih murah.
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi kalo selama ini di kartu debit kalian ada logo VISA dan atau Mastercard itu biayanya VISA 0.80%, dan Mastercard 0.85%. Kalo menggunakan GPN biayanya 1%.
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi kalo di kartu debit atau kartu elektronik kalian punya dua logo, yaitu VISA dan Mastercard, artinya setiap transaksi akan dibebankan sebesar 1.65%
dnlwkrt @dnlwkrt
Ternyata ga cuma Indonesia aja yang punya gateway national payment. Malaysia, Singapore, dan China udah punya duluan.
dnlwkrt @dnlwkrt
Malaysia dgn MEPS (Malaysia Electronic Payment System), Singapore dgn NETS (Network for Electronic Transfer), dan China punya Union Pay.
dnlwkrt @dnlwkrt
Efek dari GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) ini, katanya Trump melakukan evaluasi perdagangan thp Indonesia. Krn Trump melihat potensial loss utk Amerika, tempat asal VISA dan Mastercard.
dnlwkrt @dnlwkrt
Nah! Untuk lebih jelasnya apa itu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional), kalian bisa lihat di sini ya. youtu.be/4bGZZe18tQk
Expand pic
dnlwkrt @dnlwkrt
Ada toko atau outlet yang menolak kastemer utk gesek kartu di mesin EDC beda bank? Laporkan ke contact center di 131 m.detik.com/finance/monete…
dnlwkrt @dnlwkrt
Jadi udah semua bank ini udah mengeluarkan kartu elektronik logo GPN dari Mei 2018.
dnlwkrt @dnlwkrt
Dari banyak mention yang masuk, nanya bisa dipakai di luar negeri ga kartu elektronik dgn logo GPN? Kalo dr yg gue baca2 rilis media, emang ga bisa dipake ke LN. Krn GPN ini emang utk meningkatkan transaksi perbankan di Indonesia.
dnlwkrt @dnlwkrt
Update sementara. Belum ada batasan waktu utk menukar kartu ke kartu logo GPN. Biaya transaksi lintas bank lebih murah sekitar seribu rupiah atau tergantung kebijakan masing2 bank. Stok kartu dgn logo GPN masih belum rata tersedia.
Nanoka V.P @nanoka_vondhy
@dnlwkrt kenapa menyebutkan data lebih terjamin kemanannya? apa selama ini kurang aman?
Nanoka V.P @nanoka_vondhy
@dnlwkrt trims bang. sbg konsumen ngikut aja, selama ini pakai 2 jenis kartu tsb tdk pernah ada trouble kalau mau diganti yaudah ngikut 😅
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.