Jangan Seperti @ferrykoto yang gagal paham antara ijtima dan ijma!

Ijtima artinya pertemuan. Ijma artinya kesepakatan ulama, sebagai sumber hukum Islam. Pertemuan GNPF kemarin namanya ijtima', bukam ijma'.
howto TIPS
0
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Tweeps, ini hal penting untuk pemahaman kita, agar gak seperti @ferrykoto ini yang menyangka pertemuan ulama kemarin itu "ijma". Ada beda antara ijma dan ijtima'. Saya buat sedikit thread tentang perbedaan ini. pic.twitter.com/0R83f4fRRM
Expand pic
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Ijtima artinya pertemuan. Dipakai juga dalam bahasa astronomi, saat posisi matahari dan bulan dalam satu bujur astronomis. | cc @ferrykoto , mohon simak biar gak ngawur
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Sedangkan ijma' adalah kesepakatan para ulama dalam hal hukum Islam. Menjadi salah satu sumber hukum Islam setelah Al-Qur'an dan hadits. Contoh ijma': Sholat 5 waktu itu hukumnya fardhu 'ain.
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Apakah kesepakatan dari pertemuan para ulama kemarin disebut ijma'? Ya bukan. Karena ijma' itu harus kesatuan pendapat seluruh ulama umat Islam di seluruh zaman dan generasi.
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Kesepakatan ijtima' (pertemuan) ulama yang tergabung dalam GNPF kemarin hanyalah rekomendasi sebagian ulama di Indonesia. Tidak menjadi kesepakatan seluruh ulama. Tentu bukan ijma'. Tak ada konsekuensi hukum Islam.
Simpatisan PKS @simpatisanPKS
Penting untuk memahami perbedaan ini. Menganggap hasil kemarin ijma', jelas ngawur besar. Yang belum paham, jangan tergesa menuduh orang lain bodoh dulu. Nanti malu-maluin. Dengar ya @ferrykoto !

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.