0
PRATAMA @sebelumNo1
"Belum juga kerja, eh libur lagi, pas baru kerja eh gajian lagi" Ini adalah celetukan yang hampir selalu bisa kita dengar saat bercengkrama dengan tenaga kerja atau pegawai di lingkungan pemerintahan Indonesia selama bulan Juni 2018 lalu.
PRATAMA @sebelumNo1
Dimana hampir 12 hari, PNS di Indonesia mendapatkan kesempatan libur panjang cuti bersama, tapi tetap mendapatkan gaji full, bahkan uang lembur dan tunjangan.
PRATAMA @sebelumNo1
Memang bulan Juni, bila kita lihat sejenak di kalender, banyak sekali tanggal yang berwarnah merah. Menunjukkan bahwa para PNS ini mendapatkan banyak kesempatan merasakan cuti bersama secara cuma-cuma tanpa mengurangi jatah cuti mereka selama setahun dan gaji tetap dibayar.
PRATAMA @sebelumNo1
Tengok saja, pada awal Juni tepatnya tanggal 1, semuanya berkesempatan untuk menikmati libur karena merupakan Hari Lahir Pancasila. Kemudian tanggal 11 hingga 20 Juni pemerintah memutuskan sebagai cuti bersama Lebaran atau Idul Fitri.
PRATAMA @sebelumNo1
Dan diakhiri dengan keputusan cuti bersama DADAKAN oleh Pemerintah pada 27 Juni karena adanya Pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia.
PRATAMA @sebelumNo1
Hal ini sangat berbeda saat kita memasuki hari di awal Juli. Karena saat kita melihat kalender lagi, ternyata semua tanggal di dalamnya menunjukkan warna hitam.
PRATAMA @sebelumNo1
Mungkin jargon "kerja, kerja, kerja" akan mulai terasa di bulan ini untuk menggenjot kurang produktifnya kinerja di bulan lalu ya?😅😅😅
PRATAMA @sebelumNo1
Memang banyaknya hari libur cuti bersama di bulan Juni 2018 terasa sangat berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Total jumlah libur yang se-abrek ini memang berkat kebijakan pemerintah yang memperpanjang masa cuti Lebaran.
PRATAMA @sebelumNo1
Keputusan ini menetapkan total tanggal merah Idul Fitri menjadi sepuluh hari, WOW! rekor terpanjang dalam sebelas tahun terakhir.
PRATAMA @sebelumNo1
Belum lagi keputusan bersama Pemerintah yang menetapkan hari pencoblosan Pilkada serentak di seluruh daerah menjadi libur nasional juga sempat membuat kaget banyak pihak.
PRATAMA @sebelumNo1
Pasalnya, keputusan tersebut diambil sehari menjelang pesta demokrasi di daerah-daerah ini berlangsung, tanpa ada perencanaan di awal.
PRATAMA @sebelumNo1
Di tengah hingar bingar kebijakan cuti bersama ini, ternyata Pemerintah dituntut untuk mengevaluasi kebijakannya yang memperpanjang cuti kerja, di tahun-tahun mendatang.
PRATAMA @sebelumNo1
Karena jamak terdengar keputusan pemerintah yang terkesan PRO dan baik hati kepada rakyat, khususnya para pekerja, dan justru kurang memihak para pelaku bisnis dan kondisi perekonomian.
PRATAMA @sebelumNo1
Coba lihat kondisi pasar saham Indonesia yang dibuat galau oleh keputusan Pemerintah ini. akurat.co/ekonomi/id-228…
PRATAMA @sebelumNo1
Dengan rata-rata transaksi harian senilai Rp 6 triliun, BEI menjelaskan dengan penambahan cuti bersama lebaran selama lima hari itu telah memaksa dana senilai Rp 30 triliun parkir sementara atau bisa saja berpindah ke bursa negara lain.
PRATAMA @sebelumNo1
Belum lagi BEI juga menerima beberapa komplain dari luar negeri dengan tak adanya transaksi yang dilakukan.
PRATAMA @sebelumNo1
Akhirnya kekhawatiran adanya kerugian terjadi, IHSG terkoreksi lebih dari 2 persen di hari pertama perdagangan pasca-libur panjang Lebaran tahun ini.
PRATAMA @sebelumNo1
Sejumlah analis pun kompak menyebutkan bahwa hal ini disebabkan oleh akumulasi sentimen, baik dari eksternal maupun internal yang terjadi sepanjang libur Lebaran. Dan Bursa belum bisa menghijau hingga beberapa hari ke depan karena harus berkonsolidasi dulu.
PRATAMA @sebelumNo1
Nilai tukar Rupiah pun ikut terpuruk setelah libur panjang Lebaran ke level lebih dari Rp14.000 per Dolar As saat kembali diperdagangkan. Data menyebutkan Rupiah menjadi mata uang berkinerja terburuk ketiga di kawasan Asia.
PRATAMA @sebelumNo1
Secara year-to-date (Januari hingga Juni), (1) Peso Filipina dengan pelemahan 6,67 persen terhadap Dolar. (2) Rupee dengan melemah 6,06 persen, (3) Rupiah dengan pelemahan 3,92 persen.
URL AKURAT.co Ekonomi | Membedah Kisah Hidup Anak Petani yang Ingin Bangun Perekonomian Indonesia Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menerbitkan sebuah buku berjudul 'Panglima TANI Moeldoko: Anak Dusun Yang Jadi Negarawan'
PRATAMA @sebelumNo1
Memang selama libur sekitar tujuh hari perdagangan, banyak sekali perubahan yang terjadi di pasar global, di antaranya kembali naiknya suku bunga acuan The Fed sebanyak 25 bps,
PRATAMA @sebelumNo1
Serta semakin meruncingnya perang dagang antara AS dengan China yang mengakibatkan bursa regional turun tajam dan berjatuhannya harga komoditas, kecuali batu bara.
PRATAMA @sebelumNo1
Sektor bisnis pemerintah pun sepertinya tutup mata terhadap konsekuensi yang muncul. Lazimnya sebuah aktivitas bisnis sudah direncanakan sejak awal-awal tahun dan mendasarkan pada kebijakan tahun-tahun sebelumnya.
PRATAMA @sebelumNo1
Target produksi, komitmen dengan pembeli, dan pengaturan libur sudah ditetapkan jauh-jauh hari.
Load Remaining (14)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.