1
Login and hide ads.
savic ali @savicali 12/07/2018 06:47:47 WIB
Islam Nusantara itu apa sih? Islam yg umum dipraktikkan & dimanifestasikan muslim Indonesia. Emang ada bedanya? Ya ada. Misal zakat fitrah pake beras, pdhl di hadis pake gandum, kurma. Itu baru contoh sederhana. Islam yg tidak tekstual hrs persis Rasulullah.
savic ali @savicali 12/07/2018 06:56:38 WIB
Yup, ini realitas sosiologis. Secara teologis gak berbeda. Rukun iman & rukun Islamnya sama. twitter.com/mmychaan/statu…
Irfan Insight @insightirfan 12/07/2018 13:46:21 WIB
@mmychaan @savicali Kita hdp di indonesia. Islam lahir di tanah arab. Sosial kulturalnya beda. Apa kita mau maksain diri makan kurma? Pd hal islam itu rahmatal lil alamin. Tuhan maha pengasih dan penyayang. Tuhan dan islam tdk kaku spt di dalam otak mereka.
Emmy Maharani @mmychaan 12/07/2018 06:54:25 WIB
@savicali Saat baca ttg Islam Nusantara ini, kok aku teringat dgn pelajaran sejarah Indonesia ya. Terutama ttg penyebaran Islam dan cerita ttg metode Wali Songo saat menyebarkannya..
Budi Pras @kangbudz 12/07/2018 07:20:55 WIB
@mmychaan @savicali @na_dirs Iya..padahal dengan analogi gus @na_dirs itu sudah cukup sederhana untuk dengan mudah memahami.. masalahnya adalah ada gak kemauan untuk memahami itu? Haha.. yg ribut" sih nampaknya memang masih suka sama yg berbau" artificial dan atribut" belaka
yus @221166Yusuf 12/07/2018 13:45:03 WIB
@mmychaan @savicali Klo kita runtut, jaman walisongo mmg sdh ada Islam Nusantara. Cuma blm terjadi penyebutan. Sama dg Pancasila, itu sdh ada sjk sblm jaman BK. Tp blm ada penyebutan. Maka dr itu BK tk mau disebut sbg org yg MELAHIRKAN Pancasila. Beliau hny mau dsbt sbg PENGGALI sj. 😀🙏
Emmy Maharani @mmychaan 12/07/2018 07:28:43 WIB
@kangbudz @savicali @na_dirs Di sinilah kita bisa melihat kebesaran Allah SWT dgn jelas. Setiap manusia diberikan akal oleh-Nya, namun tidak semua manusia diberikan kemudahan dlm menyerap ilmu. Tiap hari kita baca Al-Fatihah dlm sholat, tapi tidak semua orang ditunjukkan jalan yg lurus oleh-Nya..
Moukhlasheen @7ccba811fefe482 12/07/2018 14:08:17 WIB
@mmychaan @kangbudz @savicali @na_dirs Kalau gun @na_dirs mengatakan yang mereka mau itu kita mengatan islam Nusantara itu salah, sama dengan yg mereka katakan. (Mohon koreksi jika saya salah kutip)
Emmy Maharani @mmychaan 12/07/2018 07:16:13 WIB
@kangbudz @savicali Untuk apa berkutat dengan hal tersebut, bukannya yang disampaikan tentang Islam Nusantara sebenarnya dapat diserap oleh sebuah logika sederhana seperti yg dianalogikan dengan KFC oleh gus @na_dirs ? 😀
Moukhlasheen @7ccba811fefe482 12/07/2018 14:06:34 WIB
@mmychaan @kangbudz @savicali @na_dirs Sebenarnya mereka faham, mereka mengerti. Wong yg mempertanyakan islam Nusantara itu ndak sedikit yg memiliki latar belakang intelektual yg (harusnya) memadai untuk memahami. Hnya krn trlalu gengsi jika pendapat mereka bisa dijawab dg jawaban yg tdk mrka inginkan.
Budi Pras @kangbudz 12/07/2018 07:07:10 WIB
@mmychaan @savicali Iya emang mbak..yg pada ribut itu kan hanya berkutat di masalah penyebutan/simbol atau istilah, bukan mencoba memahami secra esensi.
savic ali @savicali 12/07/2018 07:00:23 WIB
Dalam Islam Nusantara ada realitas (yg sdh dipraktikkan) dan ada idealitas (yg diimpikan). Ia sbnrnya tafsir & pengejawantahan Qur'an hadist ijma qiyas—jg ijtihad.
savic ali @savicali 12/07/2018 07:05:43 WIB
Dg Islam Nusantara apakah NU ingin menjadikan dunia Islam spt kita di Indonesia yg zakat beras, pake sarung, tahlilan dst? Jelas tidak. Yg ingin diwartakan NU adalah manhaj ato metode & paradigma berpikirnya, yg akan membuat Islam cocok "fi kulli zaman wa makan/tempat."
savic ali @savicali 12/07/2018 07:11:28 WIB
Penyebutan Islam Arab, Islam Asia Tenggara, Islam Nusantara, Islam Sasak, Islam Jawa, Islam Eropa itu biasa dlm kajian politik & sosiologi. Maksudnya ya Islam yg termanifestasi dlm hidup sosial. Tp karna umat Islam mikirnya selalu realitas teologis jadinya bingung.
savic ali @savicali 12/07/2018 07:12:43 WIB
Betul. Di byk negara muslim gak tradisi silaturahmi keliling tetangga & saudara. twitter.com/cakminanda/sta…
savic ali @savicali 12/07/2018 07:19:20 WIB
Byk muslim gak bs diajak belajar. Istilah-istilah ini biasa buat mrk yg belajar. Gw rasa byk org yg reaksioner dg Islam Nusantara ini gak belajar aliran2 fikih ato kalam dlm Islam.
savic ali @savicali 12/07/2018 07:25:21 WIB
Kalimat "Islam satu" itu problematis. Satunya dmn? Islam itu sumbernya sama (Qur'an-Hadist) tp manifestasi dlm kehidupannya beda-beda. Sebab penangkapan, penafsiran & pemaknaan manusia beda-beda.
savic ali @savicali 12/07/2018 07:32:29 WIB
Gak setuju boleh. Silakan saja. Karena saling setuju atas semua hal mmg gak mgk. Tapi kalo argumennyanya gitu Anda jg akan menolak madzhab. twitter.com/muzzael/status…
Danang Prasetyo @Muzzael 12/07/2018 07:29:29 WIB
@savicali Saya kurang setuju analogi anda @savicali karena Islam Nusantara itu telah mengkotak-kotakkan agama islam yg sejatinya hanya Islam yg rahmatan lil alamin, mungkin saya lebih setuju jika dikasih kata penghubung seperti Islam di Nusantara, Islam di Eropa, jadi subjeknya tetap Islam
AMIN @aminologi 12/07/2018 07:34:28 WIB
@Muzzael @savicali ngaji o ning pesantren, mas. ojo mung melu ceramah sejam duajam berasa tau semuanya. ojo mung ngaji ning gugel seng ora jelas kyai ne. mondok o
Danang Prasetyo @Muzzael 12/07/2018 07:44:30 WIB
@aminologi @savicali Yuk kita debat..kalau anda merasa sudah jago dalam memahami islam nusantara dan madzabnya🤔🙄
AMIN @aminologi 12/07/2018 07:45:42 WIB
@Muzzael @savicali sarapan sek lagek debat. ngopi ngopi sek, ben kendo pikirane
anwarsanuji @anwarsanuji2 12/07/2018 09:39:25 WIB
@Muzzael @savicali Kalau universitas Islam Indonesia itu bagaimana broo@Muzzael? Islam terpadu,Islam Madani,terus bagaimana?
Load Remaining (17)
Collect tweets from around the world and make a story

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.