0

Meski dihuni banyak pemain bintang, Tim Nasional Kroasia dan Inggris merupakan dua negara yang sama sekali tidak dinggulkan di Piala Dunia Rusia 2018. Pertandingan semifinal ini menjadi pembuktian bagi kedua tim siapakah yang pantas menantang Prancis di partai final?

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic menyadari bahwa Luka Modric dkk memang sudah lama diremehkan. Apalagi, jika melihat prestasi buruk mereka di sejumlah turnamen. Namun, Piala Dunia Rusia 2018 menjadi momen tepat bagi Kroasia untuk membuktikan kualitas mereka di mata dunia.

Senasib dengan Vatreni -julukan Kroasia-, Inggris juga kerap kali dianggap remeh oleh sejumlah tim. Bahkan, meski tampil gemilang di babak kualifikasi, Tiga Singa -julukan Inggris- sama sekali tidak diunggulkan untuk meraih gelar juara di turnamen ini.

Jika Vatreni terakhir menembus babak semifinal pada Piala Dunia 1998, maka ini pertama kali Inggris mampu menembus babak empat besar sejak 28 tahun yang lalu. Kendati sudah menginjakkan kaki di babak semifinal, Gareth Southgate masih belum puas.

Nah, Berikut ini adalah data dan fakta pertandingan Kroasia vs Inggris :

1. Laga ini akan menjadi laga kedelapan antara Kroasia dan Inggris. Dalam tujuh laga sebelumnya, Inggris menang empat kali dan imbang satu kali. Sebanyak enam dari tujuh pertemuan sebelumnya juga berlangsung pada Rabu.

2. Inggris dan Kroasia baru satu kali bertemu di ajang besar, yaitu pada fase grup Piala Eropa 2004. Saat itu, Inggris menang 4-2.

3. Ini adalah laga semifinal ketiga bagi Inggris di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka tampil pada semifinal 1966 dan 1990. Pada 1966, Inggris menjuarai Piala Dunia, sementara pada 1990 Inggris kalah dari Jerman pada semifinal dan mengakhiri turnamen di posisi keempat.

4. Selama Piala Dunia 2018, ada delapan pemain Kroasia yang mencetak gol. Hanya Belgia yang jumlah pencetak golnya lebih banyak dari mereka (9 orang).

5. Inggris belum pernah menang atas dua negara Eropa dalam satu edisi Piala Dunia, sejak 1982. Pada 1982, Inggris menang atas Cekoslowakia dan Prancis. TIm Eropa pertama yang dikalahkan Inggris pada Piala Dunia 2018 adalah Swedia pada babak perempat final.

6. Pada Piala Dunia 2018, Inggris mencetak sebelas gol. Jumlah itu sama dengan jumlah gol yang mereka ciptakan sepanjang Piala Dunia 1966.

7. Ini adalah semifinal Piala Dunia kedua bagi Kroasia sejak 1998. Pada periode yang sama, Argentina, Inggris, Italia, Portugal, dan Spanyol hanya satu kali masuk semifinal. Negara Eropa lain yang tampil di semifinal lebih sering pada periode yang sama adalah Jerman (4 kali), Prancis (3 kali), dan Belanda (3 kali).

8. Kroasia memenangi dua adu penalti pada babak gugur Piala Dunia 2018, yaitu atas Denmark pada 16 besar dan Rusia pada perempat final. Tim lain yang memenangi dua adu penalti pada satu edisi Piala Dunia adalah Argentina, pada 1990. Pada 1990, Argentina menang adu penalti atas Yugoslavia dan Italia.

9. Kroasia baru kalah satu kali dalam enam penampilan terakhir di fase gugur Piala Dunia, yaitu kalah dari Prancis pada semifinal Piala Dunia 1998.

10. Harry Kane mencetak gol dalam enam dari tujuh hari dalam satu pekan. Ia hanya belum mencetak gol pada hari Rabu. Jika ia mencetak gol pada laga melawan Kroasia, ia akan menjadi pemain ketiga yang mencetak gol untuk Inggris pada semua hari dalam satu pekan, setelah Wayne Rooney dan Frank Lampard.

FIFA World Cup @FIFAWorldCup
Which will be the key battles when #CRO face #ENG in Moscow tonight? We take a look here: 👉 fifa.to/5XCGI2i1qO #CROENG pic.twitter.com/JykP0sJbIj
Expand pic
FIFA World Cup @FIFAWorldCup
Who will join #FRA in the #WorldCup final? We preview tonight's big game here: 👉 fifa.to/X8daQhWZqO #CROENG pic.twitter.com/Ij1tMpndor
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.