Ketika Jembatan Tuntang di Ruas Tol Bawen-Salatiga Diprotes dan Dianggap Pemborosan Karena Tidak Dibuat Lurus Saja

Ini lho penjelasannya...
5
B4h DeoN @B4hDeon

Pemandangan mengesankan Jembatan Tuntang di ruas tol Bawen-Salatiga dengan latar kawasan hutan dan Danau Rawa Pening, Semarang. Para pengendara yang melintas akan menikmati panorama alam yang indah. Keberadaan tol mempercepat mobilitas dan mengurangi biaya logistik.#JokowiLagi pic.twitter.com/VFf2qGviqe

10/07/2018 09:01:34 WIB
Expand pic
aditia noegroho @aditianoegroho

Jembatan Tuntang di ruas tol Bawen-Salatiga dengan latar kawasan hutan dan Danau Rawa Pening, Semarang..... pic.twitter.com/trOkwfPzgh

06/07/2018 06:26:29 WIB
Expand pic
M.Suhada' @Suhadakae

Melintasinya di saat pagi hari lebih fresh kali.🤔 pic.twitter.com/TtZ12c6f1a

05/07/2018 21:27:14 WIB
Expand pic
Waskito @Waskito10483096

@GisellaCik @anjaskrisdanar Tdk semudah itu ,ada faktor kesulitan..meliputi kontur tanah dan kondisi geologis serta struktur tanah..

10/07/2018 06:38:52 WIB
ndotuk @ndotuk

@Waskito10483096 @GisellaCik @anjaskrisdanar Ga usah dijelasin bang, diketawain aja sampe guling2...

10/07/2018 07:46:24 WIB
Kaa ♡ @rizka_christian

@anjaskrisdanar Nyinyir tapi tetep aja pake fasilitasnya 😁😁😁

10/07/2018 07:50:05 WIB
Iyan @Iyan_concept

@anjaskrisdanar Ane kasian sama guru2nya...udah susah2 ngajarin jadinya kayak gitu...

10/07/2018 09:11:58 WIB
muhammad rizha alfawaz @riza_mccalister

@anjaskrisdanar inilah bunda bunda posyandu bahwa kartu indonesia pintar belom merata:')

10/07/2018 08:52:43 WIB
Haryo Aswicahyono @Aswicahyono

Jadi nostalgia, teknik sipil, dapet pelajaran ngerancang jalan. ditugasi ngerancang jalan dari A ke B. Jalan raya itu ya mesti ngikutin kontur tanah, makanya kita alami jalan raya di perbukitan belak-belok. kalo lurus ya tanjakan/turunan terlalu tajam. atau tiang terlalu tinggi pic.twitter.com/p7Tf2ZvCLH

09/07/2018 22:28:15 WIB
Expand pic
Haryo Aswicahyono @Aswicahyono

@EulerLagrange_ iya, dikasih peta geodesik kayak peta di bawah, terus disuruh dosen ngerancang jalan dari 2 titik yang dipilih dosen. ada batasan2 maximum kemiringan tanjakan/turunan pic.twitter.com/Qi6Jwn2oor

09/07/2018 22:31:37 WIB
Expand pic
Haryo Aswicahyono @Aswicahyono

@EulerLagrange_ iya betul, dan constraints-nya itu yang penting. kalau mau lurus ya nembus bukit atau pakai tiang tinggi

09/07/2018 22:42:56 WIB
OldGru @Mertosari

@Aswicahyono Jari2 tikungan dng kecepatan rencana 60-80 km/jam kayaknya nggak nyampai kalau cek di pangkal anak panah. Posisi jalan jg turunan, riskan jari2 tikungan mepet..

09/07/2018 23:07:31 WIB
esa @santrasana

@ridlwandjogja 1. Kontur tanah bs jadi beda2, sehingga menentukan titik pondasi struktur nya 2. Di buat melengkung utk mengurangi kecepatan laju kendaraan/ meminimalkan resiko 3. Beban angin ketika lurus jauh lbh besar dgn model melengkung CMIW

09/07/2018 21:37:14 WIB
pasiharTORUAN @pasihar

@ridlwandjogja Itu hasil desain insinyur sipil berdasarkan kriteria desain teknik sipil. Pertimbangannya alinyemen horisontal-vertikal, trase paling optimum. Blm tentu lurus paling murah. Klo dilihat gambar, lurus malah jurangnya makin dalam = pillar makin tebal & tinggi & pondasi makin dalam .

09/07/2018 21:40:05 WIB
Bakwan Jagung 🌽 @itugorengan

@ridlwandjogja Anak teknik sipil & arsitektur belajar mati matian, bikin design sampe gak tidur malah dinyinyirin, pedih

09/07/2018 22:07:57 WIB
wahyudi_sudibya @wahyudi_sudibya

@ridlwandjogja Tiang itu jelas duduk diatas punggung bukit, kalau jalan diluruskan maka tiang duduk diatas lembah yang dalam. Akibatnya tiang sangat tinggi dan akan mahal sekali, walaupun route lebih pendek. Untuk perencanaan tol pasti sudah dibuat alt2 dan dipilih yg paling baik. pic.twitter.com/oJPzO7Bs63

09/07/2018 21:49:11 WIB
Expand pic
ikal @tehtjapkoentji

@1daribanyaktri @Aswicahyono Dan ada org yg hanya nyinyir, tanpa tau bahwa dia tdk tau... Mata kuliah "jalan raya 2" Alinemen vertikal dan horizontal, kecepatan rencana, radius tikungan, hitung gaya sentrifugal di tikungan, jarak pengereman, blm jg mikir daya dukung tanah, mungkin atau tdk dibangun 😇

09/07/2018 23:28:28 WIB
OldGru @Mertosari

@tehtjapkoentji @Aswicahyono Tapi positifnya, banyak orang yg pikiran terbuka menambah ilmu.

09/07/2018 23:36:30 WIB
ikal @tehtjapkoentji

@1daribanyaktri @Aswicahyono Ya... Bagi yg mau objektif mz.. Tp kaum nyinyiers itu ga bakal butuh ilmu. Yg penting ada bahan gorengan, kompor langsung ngebul. 😀. Kalo ga pernah dpt ilmu tek sipil emang ga tau gimana proses suatu bangunan bisa berdiri. Sprti sy ga paham makeup wanita hrs berlapis lapis😇

09/07/2018 23:43:08 WIB
Ka Ki Budi @kakibudi

@tehtjapkoentji @1daribanyaktri @Aswicahyono Gak usah yang belajar teknik sipil (mestinya!) juga tau, di bawah garis lurus itu jurang!

10/07/2018 00:35:50 WIB
Loethfie @sejo_gati

@Aswicahyono @FakhriRozy Ada juga yang nanya, knapa itu jalan tidak di aspal smua? Kan jd ga enak dipandang? Sbg lulusan STM mesin produksi yg jelas bego soal kontruksi jalan raya, saya pikir itu berguna utk daya cengkeram ban karena tanjakan dan turunan. Kalo salah, silahkan dibenerin.

10/07/2018 06:53:20 WIB
Budi Pras @kangbudz

@NUngapak @Aswicahyono @FakhriRozy Sing jelas udah banyak kepala engineer konstruksi yg mikirin itu ya gus @NUngapak ... Jadi komentator itu emang paling gampang, modal lambe thok

10/07/2018 07:32:35 WIB
Mukhlas @Machlasky

@Aswicahyono Yg bikin meme kliatan bgt ga ga ngerti perencaan bikin jalan. Di Sipil, mata kuliah Jalan itu 2 semester, mata kuliah soal Mekanika Tanah serta pendukungnya 3 semester, blum lagi konstruksi betonnya. Cape..! 😂🤣

10/07/2018 07:07:32 WIB
Load Remaining (10)

Comment

RTSiburian @PerspectiveLive 15/07/2018 11:44:32 WIB
kurang literasi begini deh. banyakin baca yah Oom, malu kl asbun
0