1

Tim sepak bola remaja Thailand yang terjebak dalam gua bersama sang pelatih sejak 23 Juni lalu hingga kini belum bisa menghirup udara bebas. Mereka masih terjebak dalam celah kecil di gua yang terus menerus terisi air.

VOA Indonesia @voaindonesia
Tim sepak bola remaja yang hilang di gua bawah tanah Thailand selama 10 hari ditemukan dalam keadaan selamat. Namun, sebagian dari gua masih terendam banjir, menyulitkan usaha untuk mengeluarkan mereka dari tempat itu. Proses ini diperkirakan dapat memakan waktu berbulan-bulan. pic.twitter.com/MELkdK9lOe
BBC News Indonesia @BBCIndonesia
#Video Medan yang sulit dan banjir yang tak juga surut menghambat upaya penyelamatan tim sepak bola yang terjebak di gua di Chiang Rai, Thailand. Seorang penyelam bahkan meninggal dalam upaya penyelamatan akibat kekurangan oksigen. pic.twitter.com/aY95TCtNQi
BBC News Indonesia @BBCIndonesia
#Video Ini momen saat tim sepak bola remaja yang hilang di dalam gua di Thailand, ditemukan. Dua orang penyelam dari British Cave Rescue Council menemukan mereka di jarak sekitar 2 km dari pintu masuk gua, dengan kedalaman sekitar 800 meter - 1 km dari permukaan tanah. pic.twitter.com/ZjZngNKcq8
METRO TV @Metro_TV
Rumitnya Evakuasi Tim Sepak Bola Junior Thailand dari Dalam Gua metrotvn.ws/9K54pmyk pic.twitter.com/4xgCOWhyc3

Terjebak dalam gua dengan kedalaman beberapa kilometer ditemani banjir dan gelap, tidak membuat ke-13 orang terjebak itu kehilangan semangat hidup. Di tengah kecemasan memikirkan kapan bisa keluar, mereka tetap menyampaikan pesan yang menghibur untuk keluarga yang menunggu.

NETRALNEWS @netralnews
12 Anak Sekolah Thailand yang Terjebak di Gua Tulis Surat Mengharukan dlvr.it/QZnRn0 pic.twitter.com/gPdNVooY2p
Expand pic
suaradotcom @suaradotcom
Pesan Mengharukan 12 Bocah Thailand yang Terjebak Dalam Gua bit.ly/2NAlUrs pic.twitter.com/H6c4n42kkT
Expand pic

Surat itu ditulis oleh 12 anak dan seorang pelatih bola mereka di secarik kertas dan diunggah oleh tim Navy SEAL Thailand di akun Facebook mereka.

Dikutip dari kumparan.com, berikut terjemahan dari isi surat anak-anak itu untuk keluarga mereka.

Ekkapol Chanthawong (Ake/pelatih bola)
Untuk para orang tua: Anak-anak dalam kondisi baik. Ada staf yang merawat mereka. Saya berjanji menjaga mereka sebisa mungkin. Saya berterima kasih untuk seluruh dukungan moral. Dan saya meminta maaf kepada seluruh orang tua.

Untuk bibi dan nenek saya: Saya baik-baik saja. Jangan terlalu khawatir. Jaga diri kalian. Bibi, bilang pada nenek untuk membuat jus sayur dan kulit babi goreng untuk saya. Saya akan makan begitu keluar. Saya sayang kalian semua.

Chanin Wibulrungruang (Tun)
Ibu dan ayah, jangan khawatir. Saya baik-baik saja. Bilang pada kakak Yod untuk bersiap bawa saya ke restoran ayam goreng. Sayang kalian semua!

Sompong Jaiwong (Pong)
Saya sayang ayah dan bunda. Jangan khawatir. Kami aman sekarang. Sayang kalian semua.

Pipat Photi (Nik)
Saya sayang kalian, ayah dan ibu. Saya sayang kakak dan adik juga. Saat saya keluar, tolong bawa saya ke restoran sabu babi. Sayang kalian semua.

Mongkol Boonpiam (Mark)
Ibu, apakah ibu baik-baik saja di rumah? Saya baik-baik saja. Tolong sampaikan pada guru, saya sayang dia. Aku sayang kepadamu ibu.

Phanumart Saengdee (Mik)
Jangan khawatirkan saya. Saya rindu kalian semua, kakek, bibi, ibu, ayah, dan kakak-adik. Saya bahagia di dalam sini. SEAL menjaga saya. Sayang kalian semua.

Ekkarat Wongsukchan (Bew)
Jangan khawatir ibu dan ayah. Saya pergi hanya dua minggu. Nanti saya akan bantu ibu lagi berjualan jika ada waktu. Saya akan segera keluar dari sini.

Pornchai Khamluang (Tee)
Jangan khawatirkan saya. Saya harap kalian semua, ayah, ibu, dan kakak, bahagia.

Duangphet Promthep (Tom)
Saya baik-baik saja. Tapi udaranya dingin. Jangan khawatir. Tapi jangan lupakan pesta ulang tahun saya.

Adul Sam-on (Adul)
Jangan khawatirkan kami. Saya rindu kalian semua. Saya ingin pulang secepatnya.

Pirapat Sompiangchai (Knight)
Saya sayang kalian, ayah dan ibu. Jangan khawatirkan saya. Saya sayang kalian semua.

Natthawut Thakhamsai (Toel)
Saya kangen ayah dan ibu. Saya sayang kalian semua. Jangan khawatirkan saya. Saya bisa jaga diri.

Prachak Sutham (Note)
Saya aman dan baik-baik saja. Jangan khawatir. Saya sayang kalian ayah dan ibu.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.