penjelasan Prof @na_dirs tentang Islam Nusantara plus dengan analogi simple KFC

penjelasan Prof @na_dirs tentang Islam Nusantara plus dengan analogi simple KFC. ptut disimak
General knowledge
4596 View 1 comments
6
Login and hide ads.
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Beliau tidak bisa bedakan antara aqidah Islam, dengan aliran dalam ilmu kalam. KFC Australia justru bertahan dan membela diri dari serangan mereka yang menganggap hanya KFC yang berasal asli dari Amrik-lah satu-satunya yang KFC murni, yang lain bid’ah dan salah semua 😀 twitter.com/ian_iesc/statu…
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Semua tertulis di KTP juga Islam; bukan Islam Nusantara. KFC juga begitu, meski menunya mengandung muatan lokal. Maka tertolaklah dg logika model @AzzamIzzulhaq ini mereka yg menuduh Islam Nusantara merupakan agama baru. Sama-sama Islam kan 😊 alias sama-sama KFC juga hehehe twitter.com/azzamizzulhaq/…
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Bedanya KFC dimana-mana itu soal menu tambahannya karena sama “aqidah”-nya itu jualan ayam goreng. Islam Nusantara bukan mazhab atau aliran apalagi agama baru. Aqidahnya sama. Sampai di sini paham yah mas bro @AzzamIzzulhaq 😀
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Nah ternyata KFC di sejumlah negara, bukan saja menu-nya mengandung muatan lokal, tapi mereka juga beri tambahan keterangan dg bahasa lokal selain nama dan logo KFC. Di Timur Tengah ditambahi dg دجاج كنتاكي (Ayam Kentucky). Kenapa perlu dikasih tambahan? Ayo mikir 😀 pic.twitter.com/byX4fWJZa8
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Di China juga gak cukup dg logo dan nama KFC. Tapi diberi tambahan keterangan bahasa lokal. Dalam konteks marketing (atau dakwah) ini luar biasa, membuat logo KFC yg global itu nyambung dg bahasa setempat. Think globally, eat locally hehehhe pic.twitter.com/6Eo0mMY0yq
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Gak cuma itu. Di Jepang, malah si kolonel didandani ala jepang. Bukan lagi pakai baju gaya orang kentucky-amerika sono. Kira-kira mereka gak mau pakai gamis-lah, tapi pakai sarung lokal heheheh Udah paham belum teknik “dakwah” KFC di Jepang? Plus ditulis juga bahasa lokalnya tuh pic.twitter.com/gUHgehdQ59
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Eh di Vietnam malah ditulis KFC Hanoi. Duh, kok ini jadi kayak Islam Nusantara aja sih 😊 mas Bro @AzzamIzzulhaq pernah makan KFC di Hanoi gak? Atau lebih pilih makan KFC di Zimbabwe sono? 😀 pic.twitter.com/YHwvoTrTRa
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Di Quebec, sejak 2015, ada aturan baru. Brand yg berbahasa Inggris harus dicantumkan dg bahasa lokal, yaitu Perancis. Maka KFC di Quebec berubah jadi PFK. Meski gambar si Kolonel kagak didandani aneh-aneh kayak di Jepang. Mas bro @AzzamIzzulhaq udah pernah nyobain belum? pic.twitter.com/GsZfAqWR1i
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Ok sekarang kita bahas mulai serius. Islam yg mengadopsi muatan lokal itu sudah terjadi sejak masa Nabi Muhammad dulu sampai sekarang. Yang pernah belajar ushul al-fiqh dan qawaid fiqh pasti paham soal ‘urf dan ‘adah ini. Contoh penggunaan ‘urf dalam fiqh dijelaskan Imam Suyuthi pic.twitter.com/o4SpqDBdNx
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Jadi manhaj Islam Nusantara itu bukan terjadi hanya sekarang ini. Para ulama NU sudah membaca kitab klasik bagaimana masalah adat ini dipakai oleh Nabi Muhammad, para sahabat dan ulama salafus salih. Makanya kitab qawaid fiqh membahas soal kaidah al-‘adah muhakkamah pic.twitter.com/SjIurNizf4
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Bagaimana jika adat bertentangan dengan syara’? Para ulama juga sudah membahas dg detil berikut contoh-contohnya. Kembali saya sodorkan kitab Imam Suyuthi, al-Asybah wan nazhair pic.twitter.com/6ESd3K7bUT
 Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Gak perlu saya terjemahin yah. Mas bro @AzzamIzzulhaq bisa minta kawannya jenderal polisi arab utk memahami teks itu, atau minta tolong sama ustaz @Hilmi28 atau minta tolong kawan kita yg ahli soal JIL 101 @malakmalakmal utk bisa bantu mengulasnya 🙏😊
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Nanti kalau paham contoh2 yg diberikan para ulama soal adat dan hukum Islam dalam skrinsut kitab Imam Suyuthi di atas, klean akan paham mengapa namanya Islam Nusantara, bukan sekadar Muslim Nusantara.
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Satu lagi, klean sibuk mempersoalkan istilah. Lupa bahwa fokus kami itu pada manhaj dan substansi. Makanya saya kasih contoh KFC dg logika sederhana, eh gak paham juga. Ya sudah, saya kasih skrinsut kitab deh. Jadi makin ribet kan klean mau pahamnya. Salam hangat utk semuanya🌷😊
Nadirsyah Hosen @na_dirs
@Ubaidullah_Sdq @triananew_ @Hilmi28 Lha diajak canda Islam Nusantara dianalogikan dg KFC mereka gak paham, Pak Yai @Ubaidullah_Sdq Saya ajak setengah serius dg kasih kaidah, kok malah diam. Ya udah, semalam saya kasih gambar KFC di bbrp negara dan skrinsut kitab qawaid fiqh, sekalian canda dan serius😊
Login and hide ads.