2
Story "5 Tahun Pasca Kudeta Milter Di Mesir & Kesalahan Strategi Qiyadah IM" by @Hasmi_Bakhtiar Chirpified By @M4ngU5il BACA ~~> https://chirpstory.com/li/378814 1578 pv 7
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
5 tahun lalu, jam segini gw lagi di Arish. Sorenya balik ke Cairo, makan baso di salah satu resto Indo di deket mutsallas kemudian dari radio terdengar As-Sisi membacakan pidato kudeta terhadap Mursi #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Selama 2 minggu sebelum kudeta gw terpaksa bolak-balik Arish, berurusan dg polisi gegara mobil gw di tangkap di Sinai dengan tuduhan penyelundupan senjata dari Libya ke Gaza #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Ketika di kantor polisi Arish gw sempet ngobrol sama boss-nya ttg kepemimpinan Mursi. Kata dia: saya jamin dalam hitungan minggu Mursi jatuh. Negara kami terlalu buruk untuk dipimpin oleh orang naik. Gw diam aja dengerin. #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Boss-nya terus aja ngomong, gw diam sambil mikir: ternyata dakwah IM yang berumur 80 tahun masih menyisakan banyak PR, terutama di tingkat birokrat dan pejabat negara #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Gw melihat problem terbesar Mesir terutama para pejabatnya adalah mental. 60 tahun di bawah kekuasaan militer membuat mental para pejabatnya sakit #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Setelah kunci mobil gw terima gw balik ke Cairo. Di sepanjang jalan Arish-Cairo ditemani pemandangan padang pasir yang gersang gw berpikir, dengan fenomena pileg sampai pilpres yang selalu dimenangkan IM mustahil rasanya Mursi akan lengser secepat itu #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Masuk Asyir Ramadhan kebetulan ada yang sms ngajak makan baso. Yah namanya waktu itu masih bujangan gw langsung jawab Ok. Sore menjelang maghrib gw udah duduk ganteng di warung baso mutsallas #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Kebetulan gw dan tiga teman duduk di bangku bagian luar. Agak berisik memang, suara penjual Termis keliling dengan suara dari bengkel sebelah sahut2an. Tapi gegara seharian cuma makan Isy ga jelas yah hajar aja deh tuh baso #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Lagi enak makan dateng 4 orang cewek, kayanya mereka akhwat PKS soalnya kudungnya panjang dan manis2. Halah. #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Satu dari mereka berempat senyum sambil bilang "malaikum, kak Hasmi". Kenal gw ternyata. Halah yang ini ga usah gw ceritain deh yak , soalnya ga cocok ame hestek #KudetaBerdarahSisi :D
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Baru kelar sedotan terakhir esteh manis yang gw pesen kedengeran suara berisik dari jalan depan, ga jauh dari Konsuler Indo. Dari radio gw denger As-Sisi sedang membacakan pidato bahwa militer mengambil alih kekuasaan dan Mursi resmi dikudeta #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Gw ngerasain suasana mendadak panik. Suara orang teriak2, suara letusan entah itu letusan apa. Gw samperin 4 akhwat yang sedang makan gw suruh buruan balik. Soalnya rumah mereka ga jauh dsri sono. Ternyata gw juga kenal mereka :D #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Gw tlp temen ketua pemuda IM di kampus ternyata dia sedang aksi di dekat Cairo Univ. Dari dia gw tau satu teman kami gugur dihajar anak Tamarrud (massa bayaran) pendukung kudeta. Gw berusaha santai di depan tiga teman gw #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Sebelum nutup tlp gw janji ba'da maghrib ketemu mereka di Abbasiyah, karena massa pendukung Mursi sudah masuk Ramsis. Kata gw: ok ntar kita ketemu di sana #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Sebenernya gw agak khawatir ke Ramsis. Yah lw pada taulah gimana repotnya kalau ada apa2 dan harus berurusan dengan pihak keamanan Mesir. Ditambah kinerja diplomat kita yang "super" kalau sampai terjadi apa2 #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Gw anterin tiga temen gw balik dan abis maghrib (sempat ngopi bentar) gw pamit. Gw bilang ada janji di Abbasiyah. Temen gw ngegodain: ciyeee lagi kondisi begini masih berani ketemu die. Gw nyengir terus cabut #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Dari daerah Sabi' gw jalan ke arah Rab'ah. Di jalan gw lihat polisi dan tentara lebih banyak timbang rakyat sipil. Tank di mana2. Sebelumnya di depan Abu Rami gw jemput "sekretaris" dulu. Dari Rab'ah belok ke arah Abbasiyah. Jalanan kacau #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Sampai Abbasiyah mobil udah ga bisa lewat. Gw maksa lewat tapi mobil polisi ngehalangin sedang menembaki massa pendukung Mursi. Bangku sebelah gw bilang: jangan gila lw, mi. Kita balik sekarang. Gw: udah ga bisa balik. Gw lirik dia mulai lemes ketakutan #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Di depan mata gw satu mobil dibakar dan suara tembakan campur aduk dg suara jeritan. Entah gimana kisahnya tau2 gw sampai Ramsis. Sebelah gw udah keringetan padahal Ac mobil dingin banget. Gw bilang: lw pegang handphone gw hubungin temen gw cepet #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Ga jauh dari halte bus Delta (mahasiswa luar Cairo pasti tau ini) gw ketemu temen gw yang tadi gw tlp pas di warung baso. Tangannya luka parah kena sabetan pedang #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Gw tanya, lw mau balik ke Manshuroh malam ini? Gw anter sekarang. Padahal jarak Cairo-Manshuroh lumayan jauh, tapi gw ikutan panik lihat lukanya yang cukup parah. Kata dia: pilihannya cuma dua: pertahankan Demokrasi atau Syahid #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Lanjut dia, kalau lw bisa ke kampung (Manshuroh) tolong bilang keluarga gw kalau gw baik2 aja di Cairo. Besoknya gw dapat kabar dia gugur ditembak di Ramsis. Ternyata itu malam terakhir kita bertemu di dunia. Semoga Allah pertemukan di Syurga nanti #KudetaBerdarahSisi
Hasmi Bakhtiar @hasmi_bakhtiar
Malam itu seakan semua pendukung Mursi halal darahnya untuk dibunuh. Preman bayaran, polisi dan militer bersatu menghabisi siapa saja yang menolak kudeta. Kejadiannya di depan mata gw sendiri #KudetaBerdarahSisi
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.