0
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ya udah. Yg harganya naik emang pertamax. Yg ketiban beban memang kelas menengah ngehek. Silahkan saja cinta dengan Jokowi yg gagal mengelola perekonomian. Kalo saya sih mau cari yang pinteran. :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Sebenarnya kalo kelas menengah ngehek yang cinta Jokowi itu benar" melakukan bantuan dan rela rugi ya dampak naiknya harga Pertamax bisa diminimalkan. Tapikan mereka cuma omdo. Tetap aja kenaikan biaya itu diteruskan pada konsumen. Rakyat kecil juga.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Ha ha ha. Harusnya itu statement yang jelas. Kalau memang dukung pemerintah Jokowi ya musti mau ikut menanggung. Cost perusahaan meningkat ya untungnya dikecilin (kalau masih ada). Jangan mecat pegawai atau naikin harga. Gitu. :)
sumantri suwarno @mantriss
Terlalu normatif dan terlalu general. Sumber masalahnya khan ada di pemerintah dan Pertamina. Itu sama saja mau ke Pondok Indah dari Blok M lewat Pulogadung. Jalurnya sih erhubungan dan bisa sampai, tapi ngawur donk. twitter.com/awemany/status…
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Ha ha ha. Ini kan bukan sedang mengkritik pemerintah/pertamina. Ini sedang ngajarin pendukung Jokowi yg kelas menengah ngehek ikut nanggung. Kalau dia bebankan cost tadi ke konsumen maka rakyat kecil yg kena dampaknya. Nanti rakyat kecilnya yg sengsara. Ganti deh presidennya. :p
sumantri suwarno @mantriss
@awemany Dunia bisnis adalah dunia rasional. Saran ini tdk operasional karena mensyaratkan pengorbanan utk idealisme dr dunia bisnis. Beberapa mungkin bisa -- tapi jika diharapkan dr semuanya Anda meledek dengan basis ketidakmungkinan. Itu jahat lho...
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Ha ha ha. Lha kalo mau rasional ya cari pemimpin yg bisa bikin pertumbuhan 6%. Jangan mau ditipu" dengan perayaan infrastruktur tapi bisnis ngga idup. Kalau mau dukung sepenuh hati itu memang udah ngga rasional. Ya itu caranya. :p
sumantri suwarno @mantriss
@awemany Yang kita bahas khan dampak dan cara mengatasi setelah pemerintah terpilih. Jika Anda bilang ya jangan pilih -- itu khan tdk nyambung. Saya protes saran Anda atas masalah sekarang, kok balik solusinya ke masa lalu. Disiplin donk timeframenya...
sumantri suwarno @mantriss
@awemany Tapi kalau mau meledek saja sih bebas. Kirain betul2 mau cari cara mengecilkan dampak naiknya BBM.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Tahun depan kan tahun pemilihan. Justru sangat relevan. Sekarang kita punya data tentang kemampuan pemerintah mengelola perekonomian. Pertumbuhan 5%. Harga dollar 14.300 an. Jadikan itu sebagai pertimbangan. Soal masalah kita hari ini ya dampak dari inkompetensi. Mau diapain?
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Naiknya harga pertamax itu hukum ekonomi. Kalau ngga dinaikin ya Pertamina jebol. Di titik ini udah ngga bisa diapa"in. Secara natural orang akan berhemat dan meneruskan ongkos ke harga. Ya itu hukum ekonomi biasa. Kalau memang mendukung ya harus mau berkorban.
sumantri suwarno @mantriss
@awemany Sorry, saya memahami kompleksitas ekonomi. Termasuk faktor eksternal dll. Sulit mensimplifikasi nilai tukar ini gara2 figur Presiden, apalagi terkait pertumbuhan dll. Ada faktor psikologis pasar atas figur, tapi itu temporer.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Tapi abang benar. Saya memang pengen meledek orang" yang ngakunya dukung Jokowi tapi ngga mau berkorban. Tetap mau pakai kaidah bisnis. Naikin harga dan effisienkan biaya melalui pengurangan pegawai. Ya ngga jalan.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Figur presiden? Bukan. Kompetensi presiden dalam mengelola perekonomian. Perilaku Fed nya Amerika itu bukan random. Sudah bisa diduga. Lha kok kayak orang kaget?
sumantri suwarno @mantriss
Saat Pak SBY, krisis 2008 membuat pertumbuhan ekonomi 2009 hanya 4,9%. Ada faktor global dan eksternal yg sangat mempengaruhi kita. Fakta ini harus selalu dihitung agar ketika melakukan pembahasan tidak parsial sekedar untuk menguatkan argumen kita. twitter.com/awemany/status…
Bitte langsam, Awe! @awemany
Saya serius. Kalau saya jadi Jokowi, saya akan bilang pada pendukung saya. Mari bantu pemerintah dengan menghemat BBM/Pertamax. Tolong serap tambahan ongkos transportasi. Ngga apa" setahun ini rugi dikit. Nanti kalau infrastrukturnya beres, anda dapat untung lebih banyak. Gitu.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Ya Jokowi ini udah empat tahun. Krisis semua? Buat saya ini sih sudah persoalan kompetensi. Tapi abang selalu bisa lihat dari sudut mana yang cocok dengan pemikiran abang. Bebaaas. :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Semua pemerintah itu butuh dukungan yang real. Bukan cuma hestek di sosmed. Tugas pemimpin itu mengarahkan dukungan agar bisa berpengaruh positip pada kinerja pemerintah. Bukan cuma pameran foto".
sumantri suwarno @mantriss
@awemany Tumbuh 5% tidak buruk. Hanya tdk maksimal. Faktanya era commodity boom juga telah lewat.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Ambil contoh DKI aja deh supaya ngga bias. Kalau anda beneran pendukung Anies ya anda berusaha untuk disiplin berlalu lintas. Ikut mengurangi macet. Kalau anda berperilaku suka" ya Anies lagi yg kena. Tapi ya Anies harus menghimbau. Mengarahkan.
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Okelah. Dollar 14.300 juga ngga buruk ya bang? Kasih batas buruknya deh, biar kita ngga mindahin tiang gawang. Masih ada waktu sampai tahun depan kok buat menguji. :)
sumantri suwarno @mantriss
Biar fair -- terlepas dampaknya ke kita semua, perlu dicek juga depresiasi mata uang negara lain. India, Mexico, Turki dll. Kabarnya turki terdrpresiasi hampir 20%. twitter.com/awemany/status…
Bitte langsam, Awe! @awemany
@mantriss Saya sih ngga masalah dengan berlaku fair. Silahkan saja sebut harga dollar berapa yang bikin abang mau bilang Jokowi gagal. Kalau Ahok sih waktu itu, tahun 2014, bilang 13.000. Sekarang boleh ganti angka kok. :)
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.