2
Mo~ @endah_asmo
Rangkaian cerita ini dituturkan oleh teman yg udh naik pangkat jd asmen dan ditempatkan di toko baru. Kita sebut aja namanya Pak Bonto. Badanya kurus, kulitnya gelap dan karakternya lucu. Dulu sy banyak belajar dr dy & sbg gantinya sy sering bantu kerjaannya input data produk.
Mo~ @endah_asmo
Jd ceritanya bermula wkt Pak Bonto diajak utk liat lokasi toko baru (lupa di daerah mana). Tp wkt pertama x liat Pak Bonto ngerasa ga enak aja. Awalnya Pak Bonto kira klo area manajer yg ngajak itu salah lokasi. Stlh bbrp x mastiin, area manajernya bilang klo itu emg lokasinya.
Mo~ @endah_asmo
Wkt toko baru buka, semua karyawan bantu turun utk pajang produk & beres2. Tp blm beroperasi. Nah wkt Pak Bonto lg beres2 itu, ada org asli daerah situ yg ngajak ngobrol soal kondisi gedung. Gedungnya ini bagus, terawat, lokasinya strategis tapi ~
Mo~ @endah_asmo
Ga pernah awet klo dibuat usaha. Dulu pernah ada macem2 outlet, bioskop, mesin ATM lengkap, di dlm gedung itu, tp semua ga berumur panjang. TUTUP. Bayangin coba, bioskop aja bisa tutup. Kan jd penasaran. Trus gmn nasib toko baru kita ini?
Mo~ @endah_asmo
๐Ÿ‘ด: Orang asli situ ๐Ÿ‘จ: Pak Bonto ๐Ÿ‘ด: Pak, mau buka usaha apa di sini? ๐Ÿ‘จ: supermarket, Pak. ๐Ÿ‘ด: Bapak yakin mau buka usaha di sini? Udah cari tau ttg gedung ini sblmnya? ๐Ÿ‘จ: Klo soal itu, ini sudah keputusan dr kantor pusat, Pak. Sy cuma pelaksana aja.
Mo~ @endah_asmo
๐Ÿ‘ด: Klo sy saranin lbh baik Bapak pindah lokasi deh. Sblm terlambat. ๐Ÿ‘จ: Waduh klo soal itu keknya ga bisa, Pak. Sy cuma pelaksana. Emg knp sih, Pak? ๐Ÿ‘ด: Klo Bpk mau tau, nanti sy ajak sama org yg bisa cerita soal ini. Kira2 begitulah obrolan mrk wkt itu.
Mo~ @endah_asmo
Wkt persiapan toko, ga ada kejadian aneh2. Makanya Pak Bonto merasa agak tenang. Kekhawatiran dy di awal mgkn berlebihan aja krn dpt tanggung jwb baru utk mencapai target penjualan. Pd hari yg ditentukan, akhirnya toko baru siap utk mulai beroperasi. Tapi baru aja pintu dibuka~
Mo~ @endah_asmo
Tiba-tiba ada penampakan mengejutkan di dpn kasir. JREENGGG!! GENANGAN DARAH. Pak Bonto jelas aja panik. Siapa coba karyawan yg kecelakaan sampe darahnya berceceran di dpn meja kasir? Itu kejadiannya sekitar jam 7 pagi. Buru2 lah mrk bersihkan itu cairan.
Mo~ @endah_asmo
Lalu ga lama kemudian, ada pelanggan yg nyamperin seorang karyawan. Tau ga pelanggan itu bilang apa? "Mba, maaf. Itu depan pintu masuk bau banget anyir. Kira2 bisa dibersihkan ga ya? Saya mau muntah." Laporlah itu karyawan ke Pak Bonto. Tadi darah, skrg bau anyir. Panik ga lo?
Mo~ @endah_asmo
Bau anyirnya itu persis banget di awal ambang pintu masuk toko. Jd semua yg masuk pasti merasa, kecuali lagi pilek. Pak Bonto ngajak 1 security utk cek daerah dpn toko. Dy mulai khawatir klo beneran ada korban kecelakaan yg lagi ngumpet.
Mo~ @endah_asmo
Sambil berlagak menyambut pelanggan yg datang, Pak Bonto & security ngecek daerah pintu toko & halaman parkir tp mrk ga nemu apa2. Akhirnya mrk kembali masuk ke toko & minta supaya area pintu masuk disemprot pengharum ruangan. Apakah semuanya selesai? Ya ga dong ๐Ÿ™ˆ
Mo~ @endah_asmo
Pas dy balik lagi ke toko, tiba2 ada karyawan yg lari nyamperin Pak Bonto dgn muka panik. ๐Ÿ™Ž: Pak, genangan darahnya ada lagi! Kira2 klo denger kek gitu kesel ga? ๐Ÿ‘จ: Tadi bukannya udh bersih? ๐Ÿ™Ž: Udah, Pak. Tapi skrg ada lagi. Sama kek tadi. Banyak. ๐Ÿ‘จ: Yaudah cepet bersihin.
Mo~ @endah_asmo
Bbrp hari berlaku dgn kondisi yg sama. Genangan darah yg muncul tiba2 & bau anyir yg kuat bgt di area pintu masuk. Ada lagi ga? Ada & kejadiannya bikin orang jd kesel sekesel keselnya. Sampe bikin manajer & asmen salah paham & pengen berantem.
Mo~ @endah_asmo
Oe mau jelasin sdkt sistem jdwl di toko. Jd secara keseluruhan jdwl toko berlaku 3 shift; pagi (7-15), siang (14.30-22), malam (22-07). Dan utk shift pagi&siang, manajer/asmen hrs kirim laporan ke server pusat ttg transaksi jual beli hari itu. Klo shift malam, lbh sering ~
Mo~ @endah_asmo
Utk security. Kecuali klo lagi ada jdwl SO. Nah wkt itu Pak Bonto dpt jdwl shift siang, biasa jg disebut shift 2, stlh kirim laporan, dy matiin semua lampu, AC & PC. Semua kontrol itu ada d ruang manajer. Abis itu dy pulang lah, pamit ke security.
Mo~ @endah_asmo
Merasa ga ada masalah, Pak Bonto datang ke toko dgn perasaan biasa2 aja. Tp pas ketemu sama manajer, tiba2 dy kek disindir gt. ๐Ÿ‘ฆ: Bapak tau kan tugas sblm pulang itu apa aja? Koq bisa pulang sih lgsg pulang tanpa periksa toko dulu? ๐Ÿ‘จ: Maaf, Pak. Emg ada apa ya?
Mo~ @endah_asmo
๐Ÿ‘ฆ: Lho koq Bapak malah balik nanya? Seharusnya sy yg tanya knp lampu & AC nyala semua? Emg semalam ga dimatiin? ๐Ÿ‘จ: Lho sy udh matikan semua koq, Pak. Kan bareng sama security. ๐Ÿ‘ฆ: Jd mksd Bapak sy bohong? ๐Ÿ‘จ: Ga, Pak. Tp sy udh matiin semua. Coba cek ke security.
Mo~ @endah_asmo
๐Ÿ‘ฆ: Lain x tolong dipastikan aja Pak sblm pulang klo lampu & AC udh mati. Pak Bonto cuma bisa diem sambil nahan dongkol. Kejadian itu terjadi berulang2, nama Pak Bonto jelas aja jd jelek. Sampe akhirnya manajernya mengalami sndr. Saat dy masuk siang & merasa udh matiin semua ~
Mo~ @endah_asmo
AC & lampu, tp saat pagi AC & lampu udh nyala sndr. Bahkan PC jg udh nyala. Pdhl semua kontrol itu ada d ruang manajer yg masih dikunci. Makin sewot kan pada? Semua itu terus berlanjut tanpa ada penjelasan yg masuk akal. Sampe akhirnya suatu hari di pukul 2 pagi ada telp masuk ~
Mo~ @endah_asmo
ke nomor hp Pak Bonto dr salah satu security. ๐Ÿ‘ฎ: Pak, tolong. Lampu toko nyala sendiri. ๐Ÿ‘จ: Koq bisa? Kan td saya matiin bareng Bapak. ๐Ÿ‘ฎ: Sy ga tau, Pak. Tiba2 aja nyala. Tolong, Pak, dateng ke toko. Jam 2 pagi Pak Bonto meluncur ke toko. Ngeeenggg....
Mo~ @endah_asmo
Stgh jam dy sampe toko, lgsg ngajak security utk matiin lampu & AC (lagi). Mrk ngobrol sebentar, sebats. Ngaso. Ga lama kemudian, Pak Bonto pamit pulang. Tp baru aja dy sampe dpn rumah, tu security telp lagi. ๐Ÿ‘ฎ: Pak, lampunya nyala lagi. ๐Ÿ‘จ:... GAGAL TIDUR!
Mo~ @endah_asmo
Ada yg kelupaan dr Tweet di atas. *Stgh jam kemudian, dy sampe toko trus lgsg ngajak security... Harusnya gt. Lanjut ~~
Mo~ @endah_asmo
Sbg asmen baru, Pak Bonto emg sering masuk siang. Rata2 asmen baru emg gitu sih. Resenya sang manajer ga percaya hal mistis kek gini. Dy pikir kejadian soal lampu & AC yg berkali2 nyala cuma soal kelistrikan yg ga bener. Pak Bonto yg kurang tidur makin kezl ๐Ÿ˜ˆ
Mo~ @endah_asmo
Lalu suatu hari, Pak Bonto bertemu lg dgn bapak2 yg asli situ. Kali ini dy bawa orang. Bapak2 tua. Pak Bonto diajak mrk ke bagian basement. Awalnya Pak Bonto ga mau, dy kan lg tugas jg. Tp kedua org itu maksa banget. Krn Pak Bonto ini tipikal org yg menghormati org tua ~
Mo~ @endah_asmo
Akhirnya dy ikut. ๐Ÿ‘จ: Maaf, Pak. Sbnrnya ada apa ya? ๐Ÿ‘ณ: Bbrp wkt belakangan Bapak pasti diganggu sama mrk, sy di sini mau kasih penjelasan knp semua ini terjadi. ๐Ÿ‘จ: Bpk percaya sy? ๐Ÿ‘ณ: Ga, tp sy lihat Bapak lumayan "kuat". Skrg sy mau buka mata Bapak. ๐Ÿ‘จ: Tunggu. Tunggu.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.