Nikah Nggak Harus Mahal Kok, Tips Menekan Biaya Resepsi Pernikahan Kurang dari 100 Juta

Nikah mahal? Nggak juga! via @tarialrasyid
2
0110000101101001 @tarialrasyid

mau share tentang nikah nikahan juga deh. kali aja ada yang butuh p.s. gue nikah di gedung, pake adat dan undangan 1500 tamu, tapi biayanya jauuuuuuh di bawah 100jt

25/06/2018 18:08:48 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

berat ringannya biaya nikah itu sebenarnya di catering. semakin dikit tamu, ya semakin ringan lah biayanya. untuk catering aja udah ngabisin lebih dari setengah budget nikah loh

25/06/2018 18:14:13 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

sebelumnya, perlu diingat bahwa ngadain pesta gede gedean atau cuma mau nikah di KUA tanpa resepsi adalah tergantung preferensi dan kemampuan masing masing orang

25/06/2018 18:15:06 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

dan untuk catatan, nikahan gue gak bisa dibilang sederhana, tidak pula mewah. intinya cuma menekan biaya biar gak overbudget, tapi tetap dapetin apa yang dipengenin. gak pake acara ngutang ngutang. prinsip gue, ‘don’t spend the money you don’t have’

25/06/2018 18:17:16 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

gue juga gak pake acara tunangan. pasangan langsung ngadep ke ortu gue. terus yaudah~ kita nentuin tanggalnya nyantai aja. kagak pake primbon atau tanggal baik, yang penting banyak tanggal merahnya 😂

25/06/2018 18:20:27 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

persiapan nikahan gue juga selow. mulai nyari nyari vendor dan printilan sejak desember 2017, nikahnya april 2018. males keburu buru. angsur dikit dikit lah, gak cuma keperluan doang yang diangsur, duitnya juga

25/06/2018 18:21:44 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

oke, tanpa memperpanjang mukadimah, langsung aja deh ya. jadi, poin paling penting buat gue di acara nikahan itu adalah dekor dan catering. karena 2 hal ini yang biayanya paling gede

25/06/2018 19:49:08 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

untuk dekor, gue nyari yang sepaket udah sekalian dengan makeup dan baju. malas ribet nyari satu satu soalnya hehe. paket dekor, makeup dan baju ini ngabisin biaya gak lebih dari 20jt. paketnya include 3 macam baju, yaitu 1 gaun untuk akad dan 2 baju adat pic.twitter.com/jq8qnHhOYK

25/06/2018 19:51:28 WIB
Expand pic
Expand pic
0110000101101001 @tarialrasyid

awalnya gak niat jahit gaun sendiri, mau pake gaun yang dari paketan aja. eh gak taunya mama diam diam jahitin baju. surprise, katanya. untuk biaya bahan habis sekitar 700rb. ongkos jahitnya gratisssss~ soalnya budhe yang jahitin 😜

25/06/2018 20:02:22 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

karena pake gaun sendiri, akhirnya jatah baju dari paketan diganti jadi 3 baju adat. kalo dihitung hitung gue ganti kostum 4 kali untuk akad dan resepsi - gaun akad - sunting adat gayo - sunting adat aceh - paes jawa asik ye bolak balik ganti baju dan sunting cem peragawati pic.twitter.com/nrKNgh4fJO

25/06/2018 20:03:59 WIB
Expand pic
0110000101101001 @tarialrasyid

akad nikah gue di mesjid. resepsinya di gedung. sewa gedungnya gak sampe 2jt seharian, dari kemaren sore buat dekor sampe besok sorenya lagi. kalo mau sampe malem juga boleh. tapi capek bo’ duduk semaleman di pelaminan dengan sunting adat yang segede gaban nempel di kepala

25/06/2018 20:11:05 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

gedung yang dipake buat acara ini semacam gedung pertemuan atau aula punya pemerintah daerah. lebih tepatnya, gedung olahraga dan kesenian. gak terlalu besar dan dari luar juga kelihatan biasa aja

25/06/2018 20:14:35 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

karena akad di mesjid, jadi pake sepatu apa yang ada aja deh. kebetulan sepatu bekas wisuda dulu masih bagus, yaudah pake itu. toh masuk mesjidnya nyeker gue beli selop jawa, sepasang 70rb sepatu yang gue pake di resepsi harganya 180rb. beli di pasar. nih fotonya pic.twitter.com/EgIZbaTYsb

25/06/2018 20:20:33 WIB
Expand pic
0110000101101001 @tarialrasyid

ortu gue 15 bersaudara tapi masih bisa seragaman tanpa tekor. caranya? yang dapet kain mamak mamaknya aja. jadi, 1 keluarga cuma dapat 1 bahan alhamdulillah mereka punya inisiatif seragaman sesuai dresscode untuk bapak bapak dan anaknya, dengan biaya mereka sendiri. cakep dah 💕

25/06/2018 20:30:06 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

gue gak pake bridesmaids dan seragam bridesmaids. apalagi acara bridal shower. shower showernya ntar aja dah sama suami 👌🏿

25/06/2018 20:37:42 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

oke, lanjut ke bagian paling menarik. yaitu nyiapin catering untuk 1500 orang 😂 rule no.1: gak boleh lebih dari 35rb/pax rule no.2: gak ada, udah rulenya cuma sebiji doang hehe

25/06/2018 21:13:46 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

1500 tamu ini maksudnya porsi catering yang dipesan. perhitungannya gini, jumlah tamu yang kalian undang dikali 2 (kalau dia bawa pasangan). itu pun gak 100% datang, diperkirakan bersihnya 70-80% dari jumlah tamu yang diundang. kira kira sendiri deh ya

25/06/2018 21:15:25 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

catering yang gue pake adalaaaaah~ warung makan padang 😜 gak, bukan warung padang se*er*a*a yang harganya gak se*er*a*a itu

25/06/2018 21:18:06 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

urusan catering gue gak neko neko deh. tamu gue banyak banget soalnya. tapi gak mau ngasal juga. jadi pilih warung makan padang yang beneran udah tau pasti enaknya. nasi padang keknya gak ada yang gak enak yekan? wkwk 😬

25/06/2018 21:23:08 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

dan biaya catering untuk 1500 orang tersebut adalaaaah~ eng ing eeeeng~ 45jt~ lalu dikasi diskon sama si ibunya, jadi 40jt. lumayaaan~ kalo dihitung hitung harganya 26.700/pax. kebayang dong kalo yang pengennya ngundang 300 orang aja, jadinya ‘cuma’ 8-9jt hehe

25/06/2018 21:26:26 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

menunya bisa milih. gue lupa apa aja. udah termasuk nasi, buah dan air mineral. feedback dari tamu, katanya makanan gue enak semua. aseeeek~ kagak tau aja, padahal standar nasi kotakan, cuma dibikin prasmanan 😜

25/06/2018 21:39:55 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

niatnya mau nekan biaya, kan? jadi gak ada tuh booth booth makanan. adanya ya cuma prasmanan itu doang

25/06/2018 21:50:48 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

buat gue souvenir, band dan photobooth itu gak penting. jadi gak dibudgetin. tapi alhamdulillah, ada tante yang sediain souvenir. band hibah sodara. mc juga sodara gue. enak ya punya banyak sodara tetap gak pake photobooth. pelaminan gue udah cakep. foto di pelaminan aja

25/06/2018 21:54:39 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

tadinya kan emang gak niat pake band atau apalah apalah, ya. jadi biar gak krik krik banget, gue udah nyiapin musik instrumen yang nantinya diputar sesuai dengan baju yang dipake. pas pake baju aceh, musiknya aceh. pas pake baju jawa, musiknya gamelan

25/06/2018 22:00:11 WIB
0110000101101001 @tarialrasyid

tips nikah hemat lainnya: gak pake prewedding preweddingan tukang foto gue juga biasa biasa aja. gak seinstagramable foto foto di bridestory, tapi ya ndak jelek banget juga lah. yang paling penting, pastiin photographer mau ngasi semua file mentahan. budgetnya? 1,5jt 🙌🏿 pic.twitter.com/gTxwdw1zx2

25/06/2018 22:09:03 WIB
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!