0
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Sodara2 dalam 3 jam hasil pemilu Turki mulai bisa dilihat....penguasa baru akan ketahuan...sebab ini pemilu serempak mirip Indonesia tahun depan....parlemen dan presiden dipilih bareng....tahun ini Turki mulai menuju presidensial...
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Perubahan ke sistem presidensial seperti kita itu ide erdogan. Sejak awal ia melihat siatem parlementer kurang stabil dan negara berpenduduk 80 juta lebih itu memang berbatasan dengan wilayah konflik. Parlementer dianggap kurang kuat.
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Tapi bagi yang tahu betapa kuatnya erdogan, termasuk Uni Eropa, maka sistem presidensial akan membuat erdogan menjadi seperti seorang sultan. Orang2 takut erdogan akan menjadi otoriter. Oposisi melemah dan negara akan timpang.
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Begitulah sistem parlementer dianggap membuat eksekutif lemah. Tetapi bagi kita yg senang eksekutif lemah memang parlementer ideal. Oposisi dibiayai lebih mahal oleh negara supaya kontrol kepada koalisi pemerintah juga efektif.
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Di dunia, saya melihat ada beberapa negara yang menyiasati kemenangan berkali-kali. Putin dan erdogan yang menonjol. Mereka seperti keluar dari disain negara lain. Tapi akhirnya mereka nampak seperti mengendalikan negaranya. Tapi hubungan mereka dengan negara luar jadi tegang.
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Kita tunggu saja malam ini. Antara erdogan atau muharrem yang juga tampil “islami” meskipun dari kubu sekuler konon isterinya berjilbab. Kubu oposisi pintar, mereka merangkul partai saadet yg ditinggal mendiang erbakan. AKP dapat saingan berat.
#ArahBaru2019 @Fahrihamzah
Ini catatan kecil sekedar pelajaran bagi kita. Yang juga sedang hadapi Pilkada. Selamat menonton. Apakah ada presiden baru di Turki malam ini atau Sultan Erdogan? Wallahaulam.
Erdogan Mulai Era Baru Kepresidenan Turki

Ucapan selamat mengalir dari penjuru dunia, meski beberapa pemimpin Barat sengaja memperlambat reaksinya untuk mengucapkan selamat.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.