0
erlangga greschinov. @Greschinov
Aku punya teman, dia transgender dari Kanada. Dia tertarik dengan Islam dan menjadi mualaf beberapa tahun lalu. Jadi, di sini aku mau cerita sedikit tentang dia. Semoga ada hikmahnya ya. Oke, dimulai aja.
erlangga greschinov. @Greschinov
April kemarin aku bertemu dengannya dalam sebuah forum internasional. Karena kesamaan minat, aku dan dia pun banyak berdiskusi mengenai berbagai hal. Uniknya, "wanita" ini begitu antusias sekali bercerita ttg hadis dan ayat Alquran, bahkan jauh melebihiku.
erlangga greschinov. @Greschinov
Btw, dari fisik dia benar-benar terlihat seperti wanita tulen: cantik dan tak ada tanda-tanda pernah operasi kelamin atau apa. Orang yg tak mengenal dia, takkan menyangka bahwa ia transgender. Ia juga enggan bersalaman dengan pria, "non-mahram", katanya.
erlangga greschinov. @Greschinov
Sekarang dia tinggal di Singapura bersama suami-nya, ini beneran. Ia punya suami sah. Tahu ngga apa kerja dia sekarang? Secara sukarela, ia merawat situs-situs sejarah Islam di Singapura, terutama makam para tokoh Islam Singapura. Suatu yg jarang terjadi di Indonesia.
erlangga greschinov. @Greschinov
Bagi dia, pemerintah Singapura suka cuek ama peninggalan sejarah, selalu saja pentingin pembangunan baru. Walhasil, Singapura menjadi kering dengan warisan sejarahnya sendiri. Bahkan beberapa kuburan itu ingin digusur dan dialihfungsikan karena keterbatasan tempat.
erlangga greschinov. @Greschinov
Saking niatnya menjaga situs-situs sejarah Islam Singapura, dia sedang mengembangkan aplikasi untuk menunjukkan makam tokoh Islam siapa, letaknya di mana, meninggal kapan, kisah hidupnya gimana, dsb. Sungguh sebuah totalitas.
erlangga greschinov. @Greschinov
Dia pun diwawancarai TV lokal atas kiprahnya menjaga situs-situs sejarah Islam di Singapura. Bisa dibayangkan, seorang Kanada, transgender, mualaf, tinggal ke Singapura dan melestarikan situs sejarah Islam di sana. Itu suatu yg sulit dicerna bagi "otak ke-Indonesia-anku".
erlangga greschinov. @Greschinov
Saat dia bertanya kepadaku, bagaimana Muslim di Indonesia, hatiku langsung serasa dicocol. Aku tak mau jawab banyak. Tak perlulah kuceritakan bagaimana kebanyakan Muslim Indonesia memandang dirinya sebagai LGBT. Takut menyakiti hatinya juga...
erlangga greschinov. @Greschinov
Aku hanya bisa mendukung dia dan menekankan, bahwa yang dia lakukan dengan merawat situs sejarah Islam itu luar biasa mulia, semoga Allah membalasnya dengan pahala yang besar. Dia pun makin semangat untuk melakukannya, sebab ia sadar bahwa itu tindakan yang diridai Allah.
erlangga greschinov. @Greschinov
Sepulangnya ke Indonesia, aku terus merenung, beberapa kali Allah menampilkan berbagai sisi kehidupan yang di luar sangkaanku. Entah, Allah mau menunjukkan apa sebenarnya kepadaku? Ini pun masih terngiang di benakku.
La Malfidela de Malango @MiEstasLaATM
@Greschinov Allah membuatmu melihat itu, mungkin karena kamu bisa memahaminya terlebih dahulu. Kebanyakan antara tutup mata atau menghakimi terlebih dahulu. S ATM
🌳 @rzchrnn_
@Greschinov Karena akhlak orang bisa masuk surga. Tau artinya? Pernah bacaa kisah nabi yang pada saat itu ada seorang pelacurn kelas kakap, solatpun tidak pernah hanya karena menolong anjing yang kehausan dia lalu meninggal dan langsung masuk surga.
🌳 @rzchrnn_
@Greschinov Hanya Allah yang tau menilai baik buruknya manusia. Siapa dia, golongan mana dia, hanya Allah yang tau. Bisa jadi mereka yang kita anggap buruk adalah yang paling mulia😊
non_ @zaralawiiah
@Greschinov Ini ngajarin bnget si bhwa 'transgender' itu beda konteks ny dengn nglakuin 'kewajiban-kewajiban' gk bsa disanding"in,msal 'alim sih tpi syg transgender'. emng si kita itu representasi agama kita. harusnya ya kita itu liat kbaikan" ny dlu kburukannya jdiin plajaran
sad pikachu @sad__pikachu
@Greschinov di Indonesia juga ada Dorce Gamalama walaupun bukan mualaf tapi dia banyak kontribusinya di masyarakat.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.