Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

"Malam tadi bapakku telepon. Dengan nadanya yang agak beda dari biasanya dia tanya gue: 'Kamu tuh kalau berperilaku mbok kaya laki-laki pada umumnya, yang gagah…'"

Telepon dari seorang ayah kepada anak cowoknya yang feminin. (via @BondanTM)
0
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Hi guys! Welcome back to my channel. Kha. Jadi ini gue (iya, pake 'gue' biar lebih ngalir bahasanya) akan cerita kejadian tak terduga yang barusan gue alamin. Penting bagi cowok-cowok feminim atau ngondek (yang parah) di luar sana. HAHA Siap? Gas!

22/06/2018 22:49:21 WIB
BONDAN oppa. @BondanTM

tak ku lihat tanda kehadiranmu, yang semakin meyakiniku.....

bondan oppa 🍬 @BondanTM

Disclaimer dulu ya! Ini kejadian yang barusan gue alamin. Di sini lebih share dan diskusi aja sih. Siapa tau kalian atau orang di sekitar kalian ngalamin. Sehingga kalian bisa lebih baik dalam memperlakukan mereka. Aku sangat menunggu respon kalian^^

22/06/2018 22:49:22 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Jadi, per malem ini tadi bapakku telfon. Awalnya beliau tanya soal alamat lengkap kontrakan karena mau kirim barang. Cuman nadanya agak beda aja gitu. Sampai dia harus mengeluarkan sebuah kalimat yang 'mungkin' selama ini gak tega buat dia ucapin.

22/06/2018 22:49:22 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

"Le, kamu jangan marah ya... Bapak mau ngomong." "Apa, pak? Ngomong mah ngomong aja" "Kamu tuh kalau berperilaku mbok kaya laki-laki pada umumnya. Yang gagah" DEG.

22/06/2018 22:49:23 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Bukan, aku bukan kaget dengan omongannya. Tapi lebih kepada nada ngomongnya yang ati-ati banget. Langsung dong aku jawab "Hah? Bapak abis denger omongan dari siapa?"

22/06/2018 22:49:23 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Awalnya gak ngaku, cuman setelah diselain beberapa omongan, beliau baru ngaku kalau itu gara-gara kejadian di stasiun pas aku balik Jogja kemarin. Ada cewe yang dengan lemesnya ngomong (lebih tepatnya ngatain) gue "Ih itu cowo ganteng tapi kelakuannya iyuh banget kaya cewek"

22/06/2018 22:49:24 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Makasih udah dibilang ganteng. Emang fakta kalo ini. Denger itu, bapakku sebenernya emosi. Tapi ditahan sama ibuk dan ggak bilang apa pun ke aku sampai per malem ini tadi. Kayanya bapakku sebel banget, tapi kemudian beliau menyuruh gue untuk berubah sikap.

22/06/2018 22:49:24 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

GAK BISA DONG AH. Oh iya btw, misal yang baca ini belum kenal gue. Bayangin aja kelakuan gue sehari-hari itu kaya Jokwon 2AM. Kayanya ini yang paling mendekati. Mau bilang kaya Key SHINee kok kurang elegan guenya. pic.twitter.com/oH7bPaJHqt

22/06/2018 22:49:24 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Pada intinya gue keberatan dengan permintan bapak untuk gue bisa berubah menjadi lebih lakik/macho/pria sejati/atau apa pun itu yang pada dasarnya hanyalah sebuah konstruksi sosial *Edan. Konstruksi sosial*

22/06/2018 22:49:25 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gue pun gak yang mengiyakan permintaan bapak. Gara-gara ada beberapa hal yang bikin gue bisa jadi kaya sekarang (nyaman dengan diri gue sendiri). Dan twit berikutnya gue akan ceritain gimana 'anak yang berbeda' pada akhirnya bisa menerima dirinya sendiri.

22/06/2018 22:49:25 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gini, Gue anak terakhir dari tiga bersaudara. Dan gue satu-satunya cowok di rumah. Katanya yang begini bakat ngondek dari kecil. Tapi ada tetangga samping gue yang sama, tapi anak cowoknya manly-manly aja (manly dalam artian macho itu tadi ya).

22/06/2018 22:49:26 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Seingat gue, sejak gue kecil emang gue gak suka main bola. Tapi gue tetep olah raga. Gue berenang dan menjadi perenang bersertifikat (?). Gak tau apa gunanya, tapi pas gue SD gue punya izin buat olimpiade gitu...

22/06/2018 22:49:26 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Jika cowok yang banyak omong, suka menaari, suka bernyanyi, suka fashion, dsb dikatakan cowok feminim. Ya, kalau begitu saya akan mengakui kalau saya adalah cowok feminim.

22/06/2018 22:49:27 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Jujur, waktu SD gue ngerasain yang namanya di-bully di lingkungan sekolah. Kaya awal sekolah gue udah sering dikatain bencong. Dan gue gak suka dengan sebutan itu. Karena.... negatif? Entah, tapi kata itu gak oke banget.

22/06/2018 22:49:27 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Pernah gue dipaksa joget di depan kelas. Berasa kaya topeng monyet. Kalo gue gak joget, gue gak bisa duduk karena kursi gue didudukin yang bully gue. Sekelas girang lihatin gue joget dengan terpaksa. Pas guru gue dateng, dia juga gak banyak komentar. Karena dia tau gue beda.

22/06/2018 22:49:28 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gue gak tau harus berlindung ke siapa. Efeknya tau apa? Gue SD goblok parah. Nilai paling bagus 6 apa ya... Karena gue merasa gak enjoy menjalani hari-hari gue. Gue denial gak mau joget, ketika sebenernya gue pengen. Dan masih banyak hal lain, intinya gak pd aja gitu.

22/06/2018 22:49:28 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Ada juga momen memilih anak-anak buat kemah. Gue merasa capable untuk menjadi salah satu dari team yang dikirm sekolah. Tapi gue gak terpilih karena alasan gue 'berbeda' dibanding anak laki yang lain. Kesel njir.

22/06/2018 22:49:29 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

SD itu masa yang penting buat perkembangan otak. Dan otak gue bundet pas SD karena lingkungan pertemanan yang kaya gitu. Makanya sampai sekarang gue gak bisa nganggep maklum anak SD yang suka ngatain temennya. Itu kekal meenn.

22/06/2018 22:49:29 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Lanjut SMP. Gue join organisasi, dan berkembang banyak gue di situ. Gue tau bahwa gue sebenernya gak zonk-zonk banget jadi manusya. Ya gimana ya... Temen gue gak mempermasalahkan personality gue yang kaya gini. Tapi guru-gurunya yang iya.

22/06/2018 22:49:30 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Ketika SMP gue pernah ditawarin buat jadi mayoret marching band. Gue ngerasa tersanjung awalnya, tapi ternyata referensi guru gue adalah mayoret SMP sebelah. Yang gue denger kabarnya sekarang dia jadi waria dan bekerja di salon.

22/06/2018 22:49:30 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Pada intinya guru gue pengen bikin gue jadi tontonan masyarakat umum dengan dandanan lenong-lenongaan. Gue mundur teratur. End up megang quarto (itu lo drum yang isinya 4) Dan gue cukup capable buat memainkan itu *proud

22/06/2018 22:49:30 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gak berhenti di ditu, guru SMP gue tuh kaya hobby banget nasehatin gue buat 'how to be a men' mana zaman itu kan rame banget acara di global tv 'BE A MAN' itu kan... Abis lah hidup gue.

22/06/2018 22:49:31 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gue baru tau kalo jadi laki harus ngerayap di bawah jeruji kawat. Sakit itu emang program tv. makin meng-underestimate waria. Padahal itu waria juga ngidupin anak istri. Gue mah ikut Om Tony Stark aja, katanya mending kawatnya dipotong daripada ngrayap di bawahnya. Cerdas.

22/06/2018 22:49:31 WIB
bondan oppa 🍬 @BondanTM

Gimana ya.... Jadi laki kaya susah aja gitu buat gue, karena gue gak bisa melakukan hal-hal yang bisa dengan mudah dilakukan laki-laki yang lain. Ya gimana ya.... Karena gue beda itu tadi.

22/06/2018 22:49:32 WIB
Load Remaining (26)

Comment

No comments yet. Write yours!