4
Kesayanganmu @akaiwisanggeni

Kemampleng, tengil, congkak | Tidur hanya untuk orang lemah, dan mandi hanya untuk orang yang merasa dirinya kotor

https://t.co/cJCJIKBy8u
Akai @akaiwisanggeni
Tadi siang, di kamar atas, saya diem-diem nangis. Semacam diingetin lagi sama Gusti.
Akai @akaiwisanggeni
Jadi, saya punya dua adik, cowok semua, namanya Endar sama Nanda. Sekarang ini, Endar kerja di Jakarta, dan Nanda kuliah semester akhir di Jogja. Saya mau cerita soal Endar.
Akai @akaiwisanggeni
Dia ini sejak SMP udah susah banget diatur. Tiap hari ga pernah di rumah, ngumpulnya sama preman kampung sebelah, dan sering bikin masalah. Entah berapa kali Bapak harus turun tangan beresin masalah yg dia bikin.
Akai @akaiwisanggeni
Saya sendiri tipikal keras dan galak kalo ada yg keluar jalur, jadi dulu sering ribut sama dia. Ngobrol pun jarang, dan sekalinya ngobrol ketus-ketusan kalo sama dia. Pemikiran saya waktu itu "bodo amat kamu mau ngapainlah."
Akai @akaiwisanggeni
Dia, abis lulus STM, keterima kerja di Batam. Bapak Ibu udah seneng banget, berharap abis kerja disana dia berubah ga nakal lagi. Baru juga setaun kerja disana, dia bilang dia mau resign, pengen kuliah di Jakarta. Saya tau dia mau pindah ke Jakarta karena ceweknya disana.
Akai @akaiwisanggeni
Bapak Ibu kalang kabut. Segala nasehat keluar, tapi dia tetep keukeuh. Ya udah, akhirnya dia pindah ke Jakarta, kuliah disana.
Akai @akaiwisanggeni
2-3 tahun dia kuliah itu, ga pernah ada laporan tentang kuliahnya dari dia ke Bapak Ibu. Akhirnya Bapak Ibu ke Jakarta, nemuin dosennya. Nemuin dosennya, bayangin, cuma karena pengen tau progres dia kuliah, karena dia selalu ngindar kalo ditanya soal itu.
Akai @akaiwisanggeni
Dan ternyata, dia sering cabut. Ga niat kuliah. Abis itu, Ibu ultimatum dia, "kamu kalo ga niat kuliah, pulang aja ke Semarang, cari kerja disini!" Dianya ga mau. Malah abis itu dia bilang mau cuti kuliah terus kerja disana. Bapak Ibu tambah kepikiran.
Akai @akaiwisanggeni
Saya sampe bilang ke mereka, "mbok udah sih ga usah diurusin, biar dia usaha sendiri, ga usah terlalu disupport sangu, biar dia belajar bertahan hidup disana." Tapi Bapak Ibu tetep sabar ngadepin dia, tetep ngasih sangu ke dia.
Akai @akaiwisanggeni
Terus dia keterima kerja di pengiriman barang gitu, bagian gudang. Bapak Ibu udah agak lega disitu, karena paling enggak, dia udah dapet kerja.
Akai @akaiwisanggeni
Suatu hari, dia pulang ke Semarang. Pas ngobrol sama Bapak Ibu, dia ngasih surat. "Pah, bu, beberapa hari lagi aku wisuda, Bapak Ibu dateng ya." Kagetlah mereka. Lha dia ga pernah cerita kalo dia kuliah! Disitu dia baru cerita kalo ternyata dia kerja sambil kuliah.
Akai @akaiwisanggeni
Kebayang kan gimana perasaannya Bapak Ibu? Antara heran, dongkol, seneng sama bangga. Campur aduk. Bangke emang, tiga tahun lebih ga cerita kalo dia kuliah, tau-tau dateng ngasih undangan wisuda ke Bapak Ibu.
Akai @akaiwisanggeni
Akhirnya Bapak Ibu dateng ke wisudanya. Bapak keliatan seneng dan bangga banget, kayak semacam ngerasa bahwa tanggungjawabnya nyekolahin dia udah tercapai.
Akai @akaiwisanggeni
Sekitar setaun setelah itu, dia bilang dia mau resign lagi. Ga cocok sama gajinya, katanya. Padahal posisinya udah kayak selevel kepala gudang gitu, jadi udah punya karyawan. Bapak Ibu kepikiran lagilah. Tapi dinasehatin kayak gimana juga dianya tetep pengen cabut.
Akai @akaiwisanggeni
Abis itu dia beneran resign. Nganggur bentar, terus keterima di ekspedisi bagian gudang lagi. Tapi kali ini, dia keterima di JD ID. Tau kan, marketplace gede itu lho. Keberuntungannya gede nih anak. Disana, dia handle semua pengiriman dari Jakarta ke kota lain.
Akai @akaiwisanggeni
Nah, dia ini, walopun keliatannya kalo kerja seenaknya sendiri, ternyata malah berhasil benerin sistem gudang yg berantakan. Bosnya seneng. Ditantanglah dia pindah ke Medan buat beresin gudang disana. Dia ambillah kesempatan itu. Lha gajinya juga naik.
Akai @akaiwisanggeni
Bangkenya dia, besok dia berangkat ke Medan, baru malem ini dia telepon Bapak. "Pah, aku besok pindah ke Medan, disuruh beresin gudang blablabla.." Bapak ibu kaget? Enggak. Lha udah sering sih dia ngasih kabar dadakan gitu. :))
Akai @akaiwisanggeni
Akhirnya dia beberapa bulan di Medan, beresin sistem gudang disana, dan berhasil. Bosnya seneng dong. Ditantang lagi dia handle Makassar. Iya, Makassar, Sulawesi! Bangkeeeee!
Akai @akaiwisanggeni
Tapi dianya ga mau. Dia malah minta buat balik Jakarta. Ya udah, sampe sekarang dia udah di Jakarta lagi.
Akai @akaiwisanggeni
Nah, sebangke-bangkenya, dia tu aslinya baik banget. Mukanya aja yg serem, sumpah. Abis kerja di JD dan hidupnya cukup mapan, dia sering transfer buat Ibu. Pernah beliin magicom 4 jutaan juga. Ultah Bapak tahun lalu, dia beliin hp. Beberapa bulan lalu, dia beliin hp buat ibu.
Akai @akaiwisanggeni
Nanda, adik saya yg kecil, deket babget sama dia dari dulu. Nah, Nanda ini, bangga banget sama dia. SMP-nya sama kayak Endar, dan dia seneng ketika guru-guru disana ngenalin bahwa dia itu adiknya Endar.
Akai @akaiwisanggeni
Saya sendiri, baru deket sama Endar sekitar 1-2 tahun ini. Seriusan. Kami baru mulai ngobrol banyak waktu saya lagi ada masalah dan pas ke Jakarta ketemu sama dia. Curhatlah saya tentang semuanya. Saya hancurin sendiri tembok gengsi saya, karena gimanapun, dia adik saya.
Akai @akaiwisanggeni
Nah, itu tadi cerita tentang adik saya. Terus apa yg bikin saya nangis tadi siang?
Akai @akaiwisanggeni
Jadi, semalem itu Ibu cerita sampe nangis ke saya, bahwa beliau masih punya utang ke sodara yg suka ngomongin orang, padahal lebaran besok Bapak Ibu bakal ketemu sama orang itu. Kita taulah bebannya kayak gimana.
Load Remaining (9)

Comment

Login and hide ads.