Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Ga Perlu Beli Jauh-Jauh! Resep Praktis Membuat Donat Indomie Goreng dan Saus Keju Richeese

Cara mudah bikin donat indomie goreng dan saus keju richeese sendiri! @tumbenlucu
8
iv tapi dibalik @heheinaja

D o n a t I n d o m i e & S a u s K e j u R i c h e e s e pic.twitter.com/6xmLvZcil9

07/06/2018 10:40:04 WIB
Expand pic
iv tapi dibalik @heheinaja

Mungkin sebelumnya ada yg tau thread saus keju itu? Iya aku yg bikin threadnya dan akhirnya thread itu hilang bersama akun lamaku (terima kasih twitur🙃) jadi aku mau bikin resep ini lagi sekarang bersama dengan donat indomie yg lagi viral itu hehehehe pic.twitter.com/t2eL9A67jK

07/06/2018 10:44:40 WIB
Expand pic
iv tapi dibalik @heheinaja

Bahan saus keju : • 500ml susu fullcream • 1 kuning telur • 2 sdm tepung maizena • 2 bks bumbu kentang goreng rasa keju (aku pake yg indofood) • parutan keju (btw aku pake kraft yang 75g tapi setengahnya aja, kalo misal mau pake yang 20g atau 35g juga boleh) pic.twitter.com/NLqgQgOV3z

07/06/2018 10:56:31 WIB
Expand pic
Expand pic
iv tapi dibalik @heheinaja

Cara membuat : 1. Panaskan susu terlebih dulu, api sedang aja ya sambil di aduk sesekali gitu. Sambil nunggu susu agak mendidih, jangan lupa pisahkan kuning telur dari putih telurnya dan kocok bareng tepung maizenanya. Usahakan tepungnya sudah menyatu sama kuning telurnya ya—

07/06/2018 12:02:08 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

—biar pas dicampur nanti ngga ada yg masih padat padat gitu tepungnya. Dan jangan lupa juga parut kejunya, usahakan dibekukan dulu ya biar lebih mudah saat diparut karena udah padat kejunya hehe

07/06/2018 12:30:11 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

2. Setelah mulai mendidih, masukkan bubuk kentang rasa keju tadi ke dalam susu. Sebenernya 1 bungkus aja udah kerasa banget kejunya, tapi kalo kalian mau warnanya lebih orange bisa pake 2 bungkus ya. Jangan lupa diaduk biar bumbunya ngga memadat sendiri hehe

07/06/2018 12:31:44 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

3. Setelah sudah tercampur dan berwarna orange, tambahkan parutan keju tadi ya. Aduk sampai kejunya meleleh dan menyatu. Oiya aku lebih menyarankan pake kraft yang quick melt sebenernya, tapi sesuai selera kalian aja

07/06/2018 12:33:00 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

4. Setelah tercampur, barulah masukan bahan terakhir yaitu kuning telur dan tepung maizena yang sudah tercampur tadi. Jangan lupa apinya kecil aja ya! Baru setelah itu aduk terus sampai kental. Dan jadilah saus kejunya👌🏻

07/06/2018 12:34:48 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

Bahan donat indomie : • Indomie goreng (satu bungkus bisa jadi 2 porsi) • 5 sdm tepung terigu • 2 butir telur • 3 sdm tepung bumbu (aku pake yang buat ayam goreng) • 6 sdm tepung roti (yang warna putih ya) • parutan keju (ini aku pake keju kraft sisa tadi 1/2nya) • sosis

07/06/2018 12:38:06 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

Cara membuat : 1. Rebus terlebih dulu indomienya di dalam wajan, jangan lupa siapkan bumbu, kecap, sambal, sama minyaknya ya. Karena aku gasuka makan bawang goreng, jadi aku ngga pake bawang gorengnya. Tapi sesuai selera kalian aja, kalo mau pake bawang goreng juga gapapa

07/06/2018 12:40:31 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

2. Jangan lupa parut kembali kejunya dan siapkan juga cetakannya. Oiya buat yang belum tau, kalian bisa pake cetakan apa aja entah itu cetakan donat, cetakan chiffon, cetakan pudding. Btw ini contoh cetakan punyaku ya hehehe pic.twitter.com/Ay7qcz7vnV

07/06/2018 12:46:13 WIB
Expand pic
Expand pic
iv tapi dibalik @heheinaja

3. Setelah matang, tiriskan air dari indomienya (tingkat kematangan sesuai selera) dan tambahkan bumbunya juga. Kocok telur 1 butir dan masukkan ke dalam indomie tadi ya, kemudian aduk hingga telurnya tercampur rata ke dalam indomienya

07/06/2018 12:48:03 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

4. Sebelum dicetak, taburi parutan keju ke dalam cetakannya ya, baru masukkan indomie tadi kedalam cetakannya menggunakan garpu. Untuk sosis, ini optional ya bisa kalian pake atau ngga. Tapi kalo mau pake, potong dulu sosisnya tipis tipis dan taruh melingkar di atas indomienya

07/06/2018 12:49:50 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

5. Kukus indomienya 15-20menit. Sambil menunggu, kalian bisa siapkan tepung untuk dibalur setelah indomienya matang. Jangan lupa siapkan 3 wadah yang nanti isinya dibagi menjadi tepung terigu + tepung bumbu; telur; dan tepung roti

07/06/2018 12:51:30 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

6. Setelah matang, angkat indomie dari wadah kukusan dan pisahkan dari cetakannya. Oiya kalo telur yang kalian campur tadi ngga rata, donatnya bakal cepat putus karena fungsi telur tadi adalah merekatkan indomienya. Baru setelah keluar dari cetakan, kalian diamkan dulu ya

07/06/2018 12:53:50 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

7. Setelah agak dingin sedikit, barulah kalian baluri dengan tepung yang sudah disiapkan. Urutannya adalah tepung terigu dan tepung bumbu yang sudah dicampur dulu, baru dimasukkan ke dalam telur yang sudah dikocok, dan terakhir ke tepung rotinya

07/06/2018 12:55:34 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

8. Setelah itu, panaskan dulu minyak di atas wajan. Oiya usahakan api sedang aja ya biar nanti cipratan minyaknya ngga kena tangan kalian atau lain lain. Baru setelah panas, masukan donat tadi ke minyak panas. Goreng sampai agak keemasan (kalo terlalu cokelat itu gosong)

07/06/2018 12:57:48 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

9. Menggorengnya kurang lebih 2-3 menit paling lama ya. Baru kalo sudah dirasa cukup, angkat donatnya dan tiriskan dulu, baru bisa dinikmati❤️

07/06/2018 12:59:44 WIB
iv tapi dibalik @heheinaja

Oiya, saus keju tadi selain bisa dinikmati dengan donat indomie, bisa juga sama kentang goreng, sosis, roti tawar, atau bahkan ayam goreng. Jangan lupa juga untuk cuci tangan sebelum makan ya👌🏻

07/06/2018 13:01:51 WIB

Comment